Pengertian Teks Rekaman Percobaan Dan Contohnya

Diposting pada
Penjelasan Dan Contoh Teks Rekaman Percobaan
Penjelasan Dan Contoh Teks Rekaman Percobaan

Berikut Contoh Teks Rekaman Percobaan yang dapat kamu buat sendiri dirumah, baik sendiri maupun berseta teman-temanmu. Sebelum melangkah ke praktek, apakah kamu sudah tau apa yang dimaksud dengan teks dan laporan rekaman percobaan..? yuk simak artikel ini dengan seksama, karena idpengertian kali ini akan mengulas sesuai dengan judul mengenai teks laporan rekaman percobaan ini. Ada banyak jenis tentang hal ini, mulai dari pengertian teks rekaman percobaan, unsur yang dibutuhkan dalam teks rekaman percobaan dan juga struktur dari teks rekaman percobaan.

Dalam melakukan percobaan apapun bentuknya, baik dari percobaan kimia, perubahan pertumbuhan dan yang lainnya. Perlu adanya rekaman dari percobaan tersebut, agar nantinya kita bisa mengetahui, apa saja yang terlewatkan apabila percobaan tersebut gagal. Dan kita bisa mengulanginya serta membenahi apa yang salah. Kami akan menambahkan beberapa contoh yang dapat kamu pakai, dan juga dapat kamu jadikan referensi untuk membuat contoh laporan teks percobaan.

Pengertian Teks Rekaman Percobaan

Pengertian teks rekaman percobaan adalah sebuah tulisan yang menjelaskan, menerangkan apa saja yang telah dilakukan oleh penulis dari sebuah percobaan. Sebagaimana kebiasaannya laporan teks seperti ini sering digunakan untuk melaporkan semua langkah dalam percobaan. Baik dalam tulisan ilmiah maupun tulisan fiksi, ada juga dalam praktek teknologi.

Langkah selanjutnya, bagaimana cara yang tepat untuk menyusun sebuah teks rekaman percobaan. Hal ini sangat penting dan harus kalian pahami sebagai pelajar, karena setiap kedisplinan ilmu, harus menerapkan hal ini. Mungkin kalian pernah nonton film Avatar, nah yang dilakukan oleh pemeran utama yaitu Jack, dia selalu melaporkan perkembangan investigasi mengenai penduduk pribumi ke markas. Nah itulah salah satu contoh mengenai rekaman percobaan.

Membuat Teks Laporan Rekaman Percobaan

Dalam menulis sebuah laporan harus terstruktural, harus mempunyai struktur, jangan sampai ngasal. Nah bagian struktur ini sangat penting sekali, karena akan menjadi pondasi utama dan menjadi dasar teks laporan tersebut dapat berdiri. Untuk struktur sendiri dibagi menjadi 5 bagian yaitu:

  1. Tujuan Penulisan
  2. Alat dan Bahan yang dibutuhkan
  3. Tutorial atau langkah melakukannya
  4. Hasil
  5. Kesimpulan

Kelima struktur tersebut harus terpenuhi dalam penulisan teks laporan rekaman percobaan. Akan tetapi ada sebagian percobaan yang tidak harus menggunakan kelima tersebut, namun garis utamanya adalah 5 hal diatas. Karena dalam setiap percobaan mungkin akan berbeda dan mungkin juga akan menambah serta mengurangi dari 5 kunci yang sudah saya jelaskan di atas.

Sebagai contoh, kadang kala ada sebuah percobaan yang harus mencantumkan hipotesis pada awal penelitian. Dan juga ada dari sekian banyak teks rekaman percobaan yang harus mencantumkan kajian teori. Baik dari landasan berfikir maupun dari segi pendapat, seperti pendapat para ahli. Alasan dan tujuannya sangat jelas yaitu, untuk kelengkapan serta kejelasan dalam laporan percobaan yang telah kamu ujikan.

Jika dilihat dari dasarnya teks rekaman percobaan ini sangat mirip dengan membuat cerita pendek. Namun, ada perbedaan yang sedikit menonjol pada bagian hasil dan juga kesimpulannya. Dimana pada kesimpulan ini tidak terdapat pada cerita pendek seperti yang ada pada teks dan laporan rekaman percobaan.

Dalam menulis sebuah cerpen, isinya merupakan bentuk cerita yang menjelaskan kegiatan yang dilakukan, tidak harus beruntun. Bisa acak dan juga bisa tersetruktur. Sementara, didalam teks rekaman percobaan, terdapat 5 unsur seperyi diatas yaitu dari mulai tujuannya apa, bahannya apa, cara menmbuatnya, hasil serta kesmpulannya.

Contoh Dan Cara Membuat Baterai Dari Sabun

Contoh Teks Rekaman Percobaan Baterai Sabun
Contoh Teks Rekaman Percobaan Baterai Sabun

Tujuan

Baterai adalah salah satu alat yang sering kita gunakan untuk menyimpan energi sementara, sebagai contoh baterai handphone, remote TV, jam dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Saat ini ternyata sudah ada cara untuk membuat baterai tersebut, tentunya dengan bahan yang sangat sederhana sekali. Sebagai contoh bahan yang akan kita buat yaitu menggunakan sabun. Membuat sabun menjadi baterai ini tujuannya untuk menambah ilmu dan juga kreatifitas serta wawasan kita. Untuk cara membuatnya silahkan simak dibawah ini.

Alat Dan Bahan :

1. Siapkan sabun mandi Merk apa saja silahkan
2. Kawat tembaga secukupnya
3. Siapkan Alumunium, bisa kalian dapatkan dari kaleng minuman seperti coca-cola dll
4. 1 Buah lampu LED
5. Pisau, Gunting dan kabel secukupnya

Langkah-Langkah :

1. 10 buah Potongan alumunium tadi dengan bentuk persegi panjang, ukurannya 0,5×10 cm
2. Potong juga tembaga tadi dengan panjang 10cm sebanyak 10 buah juga
3. Potong sabun yang sudah disiapkan menjadi 10 buah juga
4. Hubungkan kawat tembaga tadi dengan semua alumunium
5. Ujung susunan 10 sabun di awali dengan tembaga dan pada ujungnya di akhiri dengan alumunium
6. Hubungkan kabel listrik ke kaki LED
7. Jika tidak menyala silahkan pindahkan ke kali yang satunya
8. LED akan selalu menyala jika sabun tetap basah, jika LED mati silahkan teteskan 1 atau 2 tetes air ke potongan sabun tersebut

Hasilnya :

Pada saat proses ini dilakukan dengan benar, maka kamu sudah memiliki energi alternatif yang lumayan gampang dan murah. Kamu juga dapat mengembangkannya dengan menggunakan bahan lain, contohnya pohon kedongdong, seperti bocah viral di aceh pada tahun lalu.

Kesimpulan :

Kita dapat dengan mudah menemukan banyak bahan disekitar kita, untuk digunakan sebagai energi alternatif. Sebagai contoh tadi sabun, pohon kedongdong, kentang dan lain sebagainya. Syarat untuk membuat baterai minimalis ini, cari bahan organik yang mempunyai kandungan pH diatas 7.

Contoh Sederhana Membuat Slime

Contoh Slime Tepung Kanji - Teks Rekaman Percobaan
Contoh Slime Tepung Kanji – Teks Rekaman Percobaan
Tujuan

Semua orang pasti sudah tahu apa itu tepung kanji. Yaitu salah satu tepung yang biasa di gunakan untuk bahan masak . Ternyata tepung kanji ini bisa di gunakan untuk membuat slime. Selain bahannya mudah di dapatkan, harganya murah dan aman. Jadi tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membuatnya. Berikut ini cara membuat slime dengan tepung kanji:

Alat Dan Bahan :
  1. 400 ml air bersih
  2. 2 gelas tepung kanji
  3. 2 sendok teh pewarna makanan (warna sesuai selera)
  4. 150 gr minyak goreng.
Langkah-Langkah :
  1. Siapkan baskom untuk wadah membuat slime
  2. Masukkan tepung kanji ke dalam baskom tambahkan air bersih perlahan-lahan sambil di aduk agar tepung tidak menggumpal
  3. Tambahkan minyak goreng ke dalam adonan. Aduk hingga rata, jika kurang cair tambahkan lagi minyak goreng nya
  4. Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan slime sambil tetap di aduk hingga rata
  5. Masukkan slime ke dalam plastik, kemudian ikat dengan kuat.
Hasilnya :

Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, slime sudah bisa kita gunakan. Slime ini sering digunakan untuk mainan anak-anak, dapat dibentuk sesuai dengan apa yang di inginkan. Bahannya mudah ditemukan dan murah meriah.

Kesimpulan :

Dengan menggunakan bahan-bahan disekitar kita, ternyata kita dapat membuat slime dengan mudah dan praktis. Tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak, selain itu juga anak-anak akan senang mempunyai mainan baru untuk mereka.

Contoh Membuat Teleskop Sederhana kelas 9

Teleskop Dari Pipa PVC
Teleskop Dari Pipa PVC
Tujuan Pembuatan

Agar kita bisa melihat dan mengamati benda yang ada dilangit, perlu adanya alat yang cukup canggih yaitu Teleskop. Alat ini merupakan salah satu teropong yang dapat digunakan untuk melihat bintang, dan digunakan oleh banyak astronom didunia.

Banyak orang berpendapat bahwa, ilmu astronomi tidak akan berkembang apabila tidak menggunakan alat yang modern dan mahal. Namun pada kenyataanya kita dapat dengan mudah membuat teleskop sederhana, untuk kebutuhan yang sederhana pula.

Alat Dan Bahan :

1. Sipkan lensa objektif LUP atau kaca pembesar dengan ukuran berdiameter 5 cm.
2. Gunakan pipa PVC serta siapkan sambungan pipanya, sekitar panjang 30 cm.
3. Siapkan gergaji, lem perekat dan alat yang dibutuhkan lainnya.
4. Siapkan juga lensa Okuler atau Binokuler, banyak di jual di toko alat labolatorium. Ukurannya berdiameter 2,5 cm.

Langkah-Langkah :

1. Langkah pertama ukur berapa panjang teleskop yang akan dibuat dengan menggunakan rumus Fisika yang sudah kita ketahui bersama yaitu Rumus : fob+fok =L
2. Setelah ukuran sudah ditemukan, potong pipa tadi sesuai ukuran yang sudah ditentukan.
3. Lalu Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, langkah selanjutnya sambungkan sambungan pipa yang telah berisi lensa tadi, pada bagian ujung paling depan pipa PVC yang telah diukur. Ingat lensa objektif harus selalu diletakkan pada bagian depan lensa okuler, jangan sampai kebalik.

4. Kemudian pasangkan sambungan pipa (perlup) di ujung paling belakang pipa.

5. Meletakkan lensa Okuler pada bagian perlubnya.

Hasilnya :

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, kini saatnya mencoba teleskop sederhana yang kita buat. Akhirnya teleskop sudah dapat digunakan untuk memantau benda langit, silahkan mencobanya pada saat bulan terang, dan lihat banyak kawah yang ada disana. Dengan menggunakan teleskop sederhana ini, kamu dapat memantau benda langit yang lumayan jauh jaraknya dari bumi.

Kesimpulan :

Ternyata tidak harus menggunakan teleskop yang mahal dan modern, untuk melakukan penelitian benda langit, cukup dengan teleskop sederhana ini, kita dapat melakukan banyak eksperimen, seperti melihat bintang, mengamati bulan dan lain-lainnya dengan jarak yang cukup jauh.

Contoh Laporan Percobaan Membuat Telur Asin

Cara Membuat Telur Asin Dengan Mudah
Cara Membuat Telur Asin Dengan Mudah
Tujuan

Telur merupakan salah satu sumber protein yang luar biasa bagusnya, disamping itu rasa dari telur asin sangat enak dan lezat, bergiz dan juga mudah dicerna. Selain rasanya yang enak, telur juga dapat dengan mudah kita dapatkan dimana saja.

Telur memiliki protein yang cukup tinggi yaitu mencapai 13%, memiliki lemak sampai 12%, Selain itu telur juga mengandung mineral dan juga vitamin. Pada kuning telur terdapat nilai yang paling tinggi, karena kuning telur memiliki asam amino yang kegunaannya untuk mempercepat pertumbuhan otot. Selain itu juga terdapat mineral contohnya fosfor, besi, kalsium dan juga vitamin. Karena inilah, melakukan pengawetan sangat dibutuhkan dan penting dalam menjaga kualitas telur.

Zat gizi yang terdapat pada telur sangat mudah untuk dicerna dan dimanfaatkan. Telur juga sangat bagus di konsumsi bagi anak-anak dan juga sangat di anjurkan bagi ibu hamil. Menyimpan telur terlalu lama tanpa menggunakan cara pengawetan, maka akan menurunkan berat telur dan pada putih telur akan encer. Mengawetkan telur akan lebih efektif, karena dengan cara ini telur akan selalu terjaga dan tidak berubah gizi serta lainnya.

Untuk melakukan pembuatan telur asin, biasanya digunakan telur itik dan bukan telur ayam. Telur itik lebih besar daripada telur ayam dan juga lebih asin. Berikut cara pembuatan telur asin.

Alat Dan Bahan :

1. Siapkan telur bebek/ayam/puyuh yang bermutu baik
2. Sediakan abu gosok
3. Tumbuk batu bata merah, sebagai media tabur
4. Garam dapur secukupnya
5. Air bersih tentunya untuk merendam
6. Ember plastik
7. Kuali tanah, bisa juga menggunakan panci
8. Kompor
9. Pengaduk, dari plastik atau kayu
10. Toples atau yang lainnya untuk penyimpanan telur

Langkah-Langkah :

1. Pilihlah telur yang bermutu josh
2. Bersihkan telur dari kotoran sampai bersih dan diamkan sampai kering
3. Aduk semua bahan dari mulai Abu gosok, Tepung batu bata merah, dan garam dengan perbandingan 1:2:1
4. Berikan air secukupnya
5. Bungkus telur dengan adonan tadi sekitar 1-2 mm
6. Simpan telur pada wadah yang udara tidak dapat masuk selama seminggu sampai setengah bulan.

Hasilnya :

Dengan melakukan langkah-langkah yang dibuat diatas, kita dapat dengan mudah membuat telur asin. Baik dari telur ayam, bebek maupun telur puyuh. Silahkaan buka penutup tempat telur tadi, setelah sampai saat hari yang sudah ditentukan tadi.

Kesimpulan :

1. Untuk rasa yang dihasilkan akan berbeda antara telur ayam, bebek dan lainnya. Untuk telur bebek sendiri akan terasa lebih asin dari telur lainnya. Selain itu pori-pori yang ada pada telur bebek, lebih besar daripada telur ayam dan juga telur puyuh. Sehingga proses untuk melakukan pengawetan lebih cepat, dan tentunya rasanya juga lebih nikmat dan lezat.
2. Telur yang sudah di asinkan akan mempunyai sifat stabil.
3. Telur asin dapat di simpan dalam jangak waktu yang lama tanpa mengurangi rasa dan juga kadar gizi didalamnya
4. Dengan melakukan pengasinan, maka telur akan berubah dari mulai amisnya akan hilang, tidak berbau busuk dan pastinya rasanya enak
5. Untuk hasil yang lebih awet, silahkan pilih garam yang kadarnya lebih asin. Karena semakin tinggi kadar garam maka akan semakin awet telur yang diasinkan. Akan tetapi untuk rasa pasti akan lebih asin lagi.

Demikian postingan pada kesempatan kali ini yang dapat admin berikan, semoga apa yang telah admin tulis dapat menambah wawasan serta menambah ilmu bagi kamu. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika menurut kamu bermanfaat. Sekaian dan sampai jumpa.

(Visited 590 times, 20 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *