Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tata Cara Sholat Tahajud Dan Doa Shalat Tahajud

3 min read

Cata Sholat Tahajud Lengkap

Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Dan Bacaannya Lengkap – Shalat tahajud adalah shalat sunah yang dikerjakan pada waktu malam, sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Waktunya sesudah shalat isya’ sampai terbit fajar. Shalat di waktu malam hanya dapat disebut shalat tahajud dengan syarat apabila dilakukan sesudah bangun tidur malam, meski tidur itu hanya sebentar.

Jadi, apabila dikerjakan sebelum tidur, maka ini bukan dinamakan shalat tahajjud, tetapi shalat-shalat sunah saja seperti shalat witir dan sebagainya, adapun Tata Cara Sholat Tahajud bisa anda simak penjelasannya di bawah ini lengkap dengan do’anya.

Cata Sholat Tahajud Lengkap
Cara Sholat Tahajud Lengkap

Isi Artikel

Waktu Sholat Tahajud

Kalau sudah diketahui waktu melakukan shalat tahajjud dari waktu isya’ sampai waktu subuh, sedang sepanjang malam ada saat-saat utama, lebih utama dan paling utama, maka waktu malam yang panjang itu dapat kita bagi menjadi tiga bagian:

  1. Sepertiga malam, yaitu kira-kira dari jam 19:00 sampai dengan jam 22:00, ini saat utama.
  2. Sepertiga kedua, yaitu kira-kira dari jam 22:00 sampai dengan jam 01:00, ini saat yang lebih utama.
  3. Spertiga ketiga, yaitu kira-kira dari jam 01:00 sampai dengan masuknya waktu subuh, ini adalah saat yang paling utama.

Keutamaan Sholat Tahajud

Shalat tahajjud merupakan salah satu shalat malam yang memiliki banyak keutamaan, baik untuk dunia maupun akhirat. Keutamaan shalat tahajjud adalah sebagai berikut:

  • Allah mengangkat derajat ke tempat yang terpuji
  • Dikabulkannya doa-doa
  • Mendekatkn diri pada Allah
  • Memperoleh berbagai kemuliaan
  • Mengusir penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjauhkan diri dari kelalaian hati
  • Kunci masuk surga
  • Shalat sunnah paling utama
  • Kemuliaan dan kewibawaan
  • Tergolong orang yang shaleh
  • Penghapus dan pencegah dosa
  • Menolak penyakit
  • Penyebab khusnul khatimah
  • Penyelamat dari siksa neraka.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Dan Artinya

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

 (Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillahi ta’aalaa)

“Aku niat shalat sunnah tahajjud dua rakaat karena Allah ta’ala”

Sholat Sunnah Lainnya : Cara Sholat Istikhoroh

Dzikir Dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Setelah selesai mengerjakan shalat tahajjud maka dianjurkan membaca dzikir sesudah shalat tahajjud seperti dzikir istighfar, dzikir shalawat nabi Muhammad SAW, dzikir tahmid dan dzikir tasbih, karena berdzikir sangat berguna untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan akan menambah pahala yang di peroleh sehingga anda akan semakin dekat, di cintai dan di sayangi oleh Allah SWT.

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Bacaan dzikir setelah shalat tahajjud istighfar diatas sebaiknya dibacakan sebanyak 32 kali sampai 100 kali setelah itu lanjutkan dengan membaca shalawat nabi seperti dibawah ini:

صَلَّى اللهْ عَلَى مُحَمَّدْ

Selesai membaca istighfar lalu membaca shalawat atas Nabi SAW 32 kali sampai dengan 100 kali.

Setelah selesai membaca dan mengamalkan dzikir setelah shalat tahajjud, maka kalian bisa langsung di lanjutkan dengan doa. Doa-doa yang di baca di waktu melakukan shalat tahajjud atau sesudahnya sebaiknya dari Ayat-ayat Al-Qur’an atau hadits. Dari Al-Quran seperti:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

(Rabbana aatinaa fid-dun-yaa hasanataw wa fil-aakhirati hasanataw wa qinaa ‘adzaaban-naar)

“Ya tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka”

Dalam hadits Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah SAW, jika bangun dari tidur di tengah malam, terus shalat tahajjud dan membaca doa:

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

(Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqu, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahi)

“Ya Allah, bagimu segala puji. Engkau-lah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bigi-Mulah segala puji, Engkau Raja penguasa langit dan bumi. BagiMu-lah segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engkau-lah yang hak dan janji-Mu adalah benar dan perjumpaan-Mu itu adalah hak, dan firman-Mu adalah benar, dan surga adalah hak dan neraka adalah hak, dan nabi-nabi itu hak, dan Nabi Muhammad SAW adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar. Ya Allah kepadada-Mulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali dan kepada-Mulah kami rindu dan kepada Engkaulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan yang sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, Tiada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul Alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah.”

Sesudah membaca doa itu perbanyaklah membaca istighfar. Adapun istighfar yang biasa:

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

(Astaghfirullahal-‘azhiim wa atuubu ilaiih)

“Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya.”

Baca Juga : Cara Sholat Dhuha Beserta Do’anya

Adapun istighfar yang lebih lengkap lagi  juga dari Rasulullah SAW:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

(Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu’u laka bini’matika ‘alayya wa abuu’u laka bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta)

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada tuhan melainkan Engkau. Engkaulah yang telah menciptakan aku, dan aku adalah hamba-Mu, dan aku berada dalam ketentuan-Mu serta janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah aku lakukan, aku mengakui kenikmatan yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan aku juga mengakui akan dosa-dosaku, maka ampunilah aku, karena tidak ada yang memberi pengampunan kecuali Engkau sendiri.”

Setelah selesai membaca doa tersebut, lalu pergilah berbaring kembali tidur, sambil membaca Ayat kursi, kemudian surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Demikian tentang Tata Cara Sholat Tahajud yang bisa saya berikan semoga bermanfaat buat anda semua. Aamiin.

“Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Dan Bacaannya Lengkap”

(Visited 169 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *