Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Ponsel Androidmu Tercebur ke Air? Segera Lakukan 7 Cara Mudah Ini!

2 min read

Handphone Masuk Air

Ponsel Androidmu Tercebur ke Air? Segera Lakukan 7 Cara Mudah Ini! – Secanggih apa pun ponsel Android yang kamu punya, peluang rusak atau bermasalah akan tetap mengintai. Kemungkinan tersebut akan semakin besar kalau kamu tipe orang yang cukup ceroboh atau kurang hati-hati. Salah satu insiden yang paling dihindari adalah menjatuhkan smartphone ke dalam air.

Jangan langsung panik kalau kalian bertemu nasib buruk tadi. Ada macam-macam cara mudah yang bisa langsung diambil untuk menyelamatkan ponsel Android kesayanganmu sebelum tidak bisa digunakan.

Ponsel Android Masuk Air
Ponsel Android Masuk Air

Segera Matikan Ponsel Pintar

Setelah mengeluarkan ponsel pintar dari dalam air, segera matikan perangkat tersebut, lepas baterai, kartu SIM, dan memori eksternalnya.

Dalam sejumlah tutorial, memutuskan suplai atau daya listrik dari ponsel Android yang kemasukan air akan mengurangi kemungkinan kerusakan yang lebih parah.

Selain itu, simpan ponselmu di tempat yang jauh dari jangkauan air untuk menghindari kemungkinan terburuk lainnya. Namun, jangan langsung memasang komponen yang dilepas walau sudah mengering.

Jangan sampai setelah tercebur air malah dihidupkan, ini akan mengakibatkan konslet pada bagian mesin. Apalahi malah langsung buat nonton youtube tambah bahaya lagi kawan.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Performa Handphone Android

Lepas Casing Untuk Membuka Jalur Udara

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah melepas casing ponsel untuk membuka jalur udara yang lebih banyak.

Pastikan yang dilepas hanya casing, karena membuka komponen-komponen lain, terutama yang memakai sekrup, malah memperparah kondisi sampai menghilangkan garansi.

Sirkulasi udara yang lebih banyak akan membuka peluang pengeringan lebih cepat. Cara mudah lain yang dinilai membantu adalah menggoyangkan ponsel untuk mengeluarkan sisa air.

Pakai kain sampai vacuum cleaner

Jika air sudah berhenti mengalir atau menetes dari ponsel, lanjutkan pengeringan memakai kain atau vacuum cleaner.

Terapkan tutorial ini dengan menempelkan kain pada bagian ponsel yang basah untuk menghindari penyebaran air.

Metode ampuh lainnya yang bakal membantumu mengeluarkan air dari komponen dalam adalah mengandalkan vacuum cleaner.

Hindari pengering rambut, karena walau lebih praktis, tetapi paparan panasnya akan merusak komponen ponsel Android-mu.

Gunakan Ziplock Berisi Beras/Gel Silika

Tidak ingin mengambil risiko dengan vacuum cleaner? Kamu dapat memakai cara mudah berikutnya dengan ziplock yang diisi gel silika atau beras.

Kedua bahan tersebut dianggap punya daya serap tinggi dan mampu menurunkan kelembapan.

Masukkan beras kering atau gel silika ke dalam ziplock, lalu benamkan ponsel Android milikmu ke dalamnya.

Tinggalkan selama dua hari supaya perangkat benar-benar kering secara menyeluruh.

Diamkan Ponsel Pintar Selama Dua Hari

Selama dua hari, jangan buka ziplock apalagi mencoba menyalakan ponsel Android. Setelah dua hari terlewati, keluarkan gawaimu dari ziplock. 

Periksa apakah masih ada kandungan uap air atau tidak. Jika masih ada, masukkan kembali karena itu berarti ponselmu masih agak lembap.

Sebaliknya, kalau kamu yakin ponsel sudah kering, coba nyalakan. Sejumlah tutorial menyarakan untuk menggunakan baterai cadangan kalau baterai utama tidak berfungsi meski ponsel sudah kamu cas.

Awasi Ponselmu Selama Beberapa Hari

Ponsel Android-mu bisa menyala? Jangan senang dulu! Awasi performanya selama beberapa hari ke depan untuk memastikan gawai tersebut benar-benar tidak rusak.

Beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah memutar musik, mengirim pesan singkat, menelepon, atau bermain game.

Jika tidak ada keanehan, kemungkinan besar ponselmu sudah berfungsi seperti semula. Namun, sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya kamu ikuti langkah selanjutnya.

Artikel Lainnya : Cara Mengamankan Android Yang Hilang

Bawa Ponsel Ke Tempat Servis Resmi

Membawa ponsel Android ke tempat servis resmi adalah jalan terbaik yang dapat kamu ambil kalau tutorial yang dilakukan tidak sesuai ekspektasi.

Supaya pemeriksaan berjalan lancar, jangan lupa untuk membawa perangkat bersama garansinya (kalau masih berlaku).

Kemudian, periksa lagi apakah ponselmu sudah memenuhi semua persyaratan garansi. Pasalnya, tempat servis resmi akan menolak gawai dengan kerusakan yang menghilangkan garansi walau masanya belum habis.

Kamu mungkin akan menghadapi kenyataan pahit seperti ponsel rusak berat dan harus beli yang baru.

Jika hal tadi terjadi, pertimbangkan untuk membeli ponsel Android berlabel water resistant.

Harganya memang lebih mahal dibandingkan versi yang lebih murah, tetapi sepadan dengan jaminan yang akan kamu dapatkan.

Semoga berbagai cara mudah di atas dapat membantumu menyelamatkan ponsel yang masuk ke air, selamat mencoba dan semoga berhasil.

“Ponsel Androidmu Tercebur ke Air? Segera Lakukan 7 Cara Mudah Ini!”

(Visited 86 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *