Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah

2 min read

Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah

Bagi banyak orang terutama perempuan rambut adalah mahkota. Jika ada masalah tentang rambut rontok pasti akan kebingungan.

Kehilangan rambut berhelai-helai setiap hari adalah hal yang normal. Jika rambut rontok sebanyak 50 sampai 100 helai perharinya masih dianggap hal yang wajar. karena rambut yang baru akan tumbuh dan akan menggantikan rambut yang rontok.

Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah
Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah

Tetapi jika rambut rontok lebih dari 100 helai perhari terkadang ada alasan medis yang menjadi penyebab kerontokan. Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok parah yang mungkin belum anda ketahui:

  1. Rambut rontok terjadi ketika kamu sedang tertekan atau stres

Masalah-masalah yang kamu alami membuat kamu tertekan, membuat otot syaraf yang ada di kepala menegang. Ketika kamu mengalami kondisi yang membuat kamu setres, itu dapat mempengaruhi siklus rambut sehingga lebih banyak yang masuk fase rontok.

  1. Kehamilan

Banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut pada saat hamil atau melahirkan. Rambut rontok selama masa kehamilan ternyata wajar. Karena pada masa hamil kamu akan mengalami perubahan hormonal. Rambut akan pulih kembali umumnya setelah 3 bulan pasca melahirkan.

  1. Efek samping obat

Ada beberapa obat yang memiliki efek samping membuat rambut rontok.Seperti obat yang mengurangi kemampuan darah untuk membeku, obat tekanan darah tinggi, obat depresi, obat kemoterapi, obat kontrasepsi, dan obat pengencer darah. Kerontokan akan berkurang jika penggunaan obat di hentikan.

  1. Penyakit

Ada beberapa penyakit yang membuat rambut rontok cukup parah. Seperti lupus, diabetes, hopertiroidisme, dan sindrom down. Kemoterapi tidak bersifat permanen dan rambut bisa tumbuh normal setelah beberapa bulan menghentikan kemoterapi.

Artikel Serupa : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

  1. Lidah buaya

Rambut rontok yang berlebihan bisa menggunakan tanaman lidah buaya. karena dalam kandungan lidah buaya tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan kulit kepala anda.

Caranya basahi dahulu rambut anda, tunggu sampai setengah kering. Lalu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala, biarkan 15 menit. Untuk hasil yang maksimal lakukan 2 kali sampai 3 kali dalam seminggu.

  1. Daun seledri

Dengan meramu daun seledri  dan teh hijau mampu menjadi kombinasi obat alami rambut rontok yang ampuh. karena kandungan dua bahan alami tersebut tinggi nutrisi yang dibutuhkan rambut seperti Zat besi, vitamin A, vitamin B yang terbukti ampuh menguatkan akar rambut.

Caranya seduh teh dan daun seledri dalam gelas. Lalu oleskan seduhan teh dan daun seledri tersebut menyeluruh pada rambut, sambil lakukan pemijatan lembut agar meresap. Tutupi rambut dengan handuk yang sebelumnya telah direndam air lemon hangat. Biarkan 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. jahe

Caranya ambillah beberapa ruas jahe lalu kupas dan haluskanlah. Jika sudah halus oleskan kebagian kepala. diamkan semalam lalu bilaslah ke esokan harinya.

  1. Buah alpukat

Kamu bisa menggunakan buah alpukat yang mempunyai kandungan protein dan lemak ini sebagai masker rambut. Karena kandungan proteinnya sangat efektif untuk menguatkan rambut dan mampu menutrisi pada rambutmu. Caranya haluskan buah alpukat lalu balurkan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

  1. Minyak esensial

Ada beberapa jenis minyak esensial yang mampu mngatasi rambut rontok mu, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak wijen.

Mungkin kamu suka : Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berhijab

kita yang berhijab harus tetap merawat rambut kita, Bahkan dibutuhkan perawatan ekstra karena kepala yang sering tertutup membuat rambut lebih rapuh dan gampang rontok.

Tentunya kita tak ingin rambut kita menipis kan? Berikut adalah cara alami pencegahan rambut rontok berhijab:

  1. Rajin memakai conditioner

Selain menggunakan shampo pastikan untuk memakai conditioner yang mampu menguatkan akar rambut dan menjadikan rambut mudah diatur.

2. Gunakan sisir bergigi lebar

Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena rambut menjadi sangat rapuh. Jika terpaksa gunakan sisir bergigi lebar karena bisa menimalisir kerontokan rambut.

Jika saat melepas hijab, sering-seringlah menyisir rambut karena bisa memijit kepala. Baiknya gunakan sisir yang bergigi jarang agar tak banyak rambut yang tertarik dan rontok.

  1. Gunakan minyak alami

Seminggu sekali luangkan waktu untuk merawat rambut menggunakan minyak alami, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa.

  1. Mengistirahatkan rambut

Ketika dirumah kita bisa melepas hijab untuk memberi kesempatan rambut untuk bernafas.Karena dengan mengistirahatkan rambut bisa mengurangi kelembaban kulit kepala.

  1. Komsumsi makanan rendah lemak

Selain mengatasi dari luar kita juga harus mengatasi dari dalam. yaitu dengan mengomsumsi makanan rendah lemak dan kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi. Kandungan ini akan menutrisi dari dalam secara alami.

Karena rambut adalah mahkota perempuan yang sangat lah berharga. Pastikan kamu selalu merawatnya dengan baik. Rawat rambutmu dan dapatkan kilau indah rambutmu supaya kamu lebih percaya diri.

(Visited 112 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *