Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering

Diposting pada
Loading...

Bermasalah Dengan Bibir Kering ? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang memiliki daya tarik sendiri, khususnya bagi seorang wanita. Bentuk bibir menjadi salah satu daya tarik wanita.

Mempunyai bibir yang sehat tentu menjadi nilai tambah bagi wanita. Oleh sebab itu, menjaganya agar tetap sehat dan tampil prima adalah hal yang sangat penting.

Apabila tidak dirawat dengan baik, bibir bisa kering dan berisiko pecah-pecah, yang akan membuat wanita kurang percaya diri.

Penyebab Bibir Kering
Penyebab Bibir Kering

Bibir berbeda dengan kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak yang bisa menghasilkan pelumas alami dimana sangat berperan dalam melembabkan kulit, tidak mempunyai pelindung terhadap sianar UV, pengaruh Ac, atau pun perubahan temperatur.

Karena kulit bibir tidak memiliki melanin, yakni pigmen pewarna sekaligus pelindung kulit seperti bagian kulit lainnya. Karena inilah alasan bibir akan mudah kering dan jika parah menjadi pecah-pecah.

Beberapa penyebab utama bibir kering adalah:

1. Bernafas Lewat Mulut

Bagi anda yang suka nafas lewat mulut saat sedang membutuhkan banyak oksigen, sebaiknya kurangi kebiasaan ini.

Bernafas lewat mulut akan mempercepat pengeringan bibir, jika parah bisa sampai pecah-pecah karena udara yang lewat saat bernafas dapat menghilangkan kelembapan bibir. Jadi sebisa mungkin bernafaslah lewat hidung untuk mencegah agar bibir tidak kering.

2.Kurang Mengkomsumsi Air Putih

Mengomsumsi air yang cukup setiap harinya sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh, termasuk juga bibir. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, kesehatan bibir juga terjaga dengan baik, jika kurang mengomsumsi air putih resiko bibir kering atau pecah-pecah jadi lebih besar.

3. Menjilat Bibir

Ketika bibir kering, cara mudah dan instan yang kerap di fikirkan sebagian orang untuk membuat bibir lembab kembali adalah dengan menjilatnya.

karena memang mudah dilakukan. namun, cara ini sebenarnya kurang tepat, bahkan membuat bibir menjadi kering. mengapa bisa seperti itu ? karena air liur yang di gosokkan secara berulang kali ke bibir justru dapat menghilangkan kelembapan alami bibir.

Selain itu, kita juga akan sering memakai produk pelembab bibir dengan rasa. Padahal, jika kita memberikan pelembab bibir dengan rasa yang disukai, kita tanpa sadar, akan lebih sering menjilat bibir sehingga akhirnya bibir pun akan menjadi lebih kering.

Saat bibir kita mengering dan pecah-pecah, kita juga akan cenderung mengelupasnya langsung sehingga bibir menjadi lebih terluka dan terasa tidak nyaman.

4. Kekurangan Vitamin

Bibir kering juga dapat menjadi tanda tubuh kita sedang kekurangan vitamin. Bibir kering dapat menjadi tanda menjadi tanda bahwa tubuh sedang kekurangan asupan asam folat dan riboflavin atau vitamin B2. Bibir kering juga dapat menjadi tanda dehidrasi atau tubuh sedang kekurangan cairan.

5. Enzim

Enzim pada cairan ludah berfungsi untuk memecah zat gizi pada makanan saat pertama kali masuk ke mulut. Nah, ternyata enzim ini melakukan hal yang sama pada bibir anda cepat kering. kebiasaan mengigit bibir juga dapat membuat bibir anda kering.

6. Paparan Sinar Matahari

Cuaca panas kerap menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan terasa tak nyaman. Beraktivitas dibawah cuaca panas juga bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. karena kulit bibir tidak mempunyai pelindung UV.

Setelah mengetahui berbagai penyebab bibir kering dan pecah-pecah tersebut, lalu bagaimana cara mengatasinya ?
Simak keterangan dibawah ini :

Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Ada banyak sekali cara untuk mengatasi masalah bibir kering, solusi tercepatnya adalah dengan membeli pelembab bibir, namun jika ingin merawat bibir dengan perawatan yang ramah dan murah, anda dapat mencoba cara mengatasi bibir secara alami.

Karena selain tidak menguras dompet dapat memberikan hasil yang cepat, mengatasi masalah bibir kering secara alami juga dapat membantu menutrisi kulit bibir anda, sehingga bibir menjadi lebih sehat dan cerah.

Berikut dibawah ini sejumlah bahan alami yang dapat digunakan untuk menangani bibir kering, diantaranya sebagai berikut:

1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang sangat berkhasiat sekali untuk membantu mengatasi bibir kering, karena selain membantu melembabkan bibir kering, madu juga memiliki sifat penyembuhan dan antibakteri yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir dan menghilangkan masalah alergi atau iritasi yang terjadi.

  • Siapkan madu murni sesuai kebutuhan anda
  • Kemudian oleskan pada area bibir anda, bisa menggunakan kapas atau ujung jari anda
  • Lalu biarkan mengering sendiri, atau anda juga bisa membilasnya menggunakan air hangat setelah 30 menit
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan menggunakan ini 3 kali dalam sehari, terutama malam hari sebelum tidur.

2. Minyak Kelapa

Selama ini minyak kelapa identik dengan masalah kesehatan rambut. Minyak kelapa memang sangat bagus untuk mengembalikan warna hitam alami rambut, menguatkan akar, dan mencegah kerontokan, namun khasiat nya bukan itu saja sebab kandungannya mampu mengemblikan kelembapan bibir yang hilang akibat pola hidup yang tak sehat.

Dengan rajin mengoleskan minyak kelapa bibir akan jauh lebih sehat dan tampak cerah. Sebaiknya lakukan pada malam hari ya, agar bibir lebih menyerap lemak alami dan kandungan minyak kelapa dengan optimal.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan anti inflamasi yang tinggi sehingga dapat membantu mengobati iritasi pada bibir yang merupakan salah satu penyebab masalah bibir kering. Selain itu juga memiliki efek dingin yang dapat menenangkan rasa sakit dari bibir yang kering.

  • Ambil dahan lidah buaya
  • Kemudian potong dan ambil gelnya saja
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut secara merata pada area kulit bibir anda dan biarkan selama semalam
  • Lalu bilas menggunakan air bersih keesokan harinya
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah pelumas alami dan pelembab alami terbaik. asam lemak dalam minyak zaitun membantu menghilangkan bibir kering, serta membuat bibir menjadi lembut dan kenyal. Caranya mudah, cukup oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir dua kali sehari.

5. Minyak Almond

Karena adanya sifat hypoallergenic yang terkandung pada minyak almond. Minyak almond juga dapat anda manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah bibir kering dengan cepat dan mudah.selain itu minyak almond memiliki berbagai macam kandungan seperti serat, protein, vitamin A, vitamin E, asam folat, kalsium dan juga zat besi bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering.

  • Tetes kan minyak almond ke ujung jari anda
  • Oleskan ke seluruh area bibir yang kering, kemudian pijat lah bibir anda menggunakan jari anda secara lembut dan perlahan
  • Diamkan selama 5 menit
  • Lalu bersihkan bibir anda menggunakan tisu atau kain lembut
  • Lakukan perawatan ini 3 kali dalam sehari terutama pada malam hari sebelum tidur.

6. Mentimun

Mungkin anda tidak menyadarinya, ternyata sayuran yang biasa kita konsumsi setiap hari ini juga dapat kita manfaatkan untuk mengatasi masalah bibir kering. Mentimun juga memiliki sifat pencerah kulit sehingga mencerahkan bibir dengan mengurangi bercak-bercak hitam pada bibir.

  • Iris mentimun dan gosok dengan lembut pada bibir
  • Diamkan selama 15 menit dan cuci dengan air biasa
  • lakukan perawatan ini 1 kali pada malam hari.

7. Gula

Gula merupakan exfoliant alami yang dapat membantu menyingkirkan lapisan kulit kering pada bibir.

Akibatnya, bibir anda akan menjadi lembut dan lentur. Selain itu, menggunakan gula sebagai perawatan bibir juga dapat membantu mengembalikan warna merah alami bibir karena sirkulasi darah menjadi meningkat.

  • Siapkan 2 sendok teh gula pasir dan 1 sendok makan madu
  • Campurkan kedua bahan diatas hingga tercampur sempurna
  • Kemudian oleskan secara merata pada bibir anda dan biarkan selama beberapa menit
  • Lalu gunakan ujung jari anda untuk menggosok lembut bibir anda dari sisi kiri kekanan atau dari sisi kekanan ke kiri bibir
  • Lalu akhiri dengan membilas bibir dengan air suam-suam kuku
  • lakukan car ini 1 kali dalam sehari.

Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Hitam

Bibir menghitam ? Oh no! Tak ada perempuan yang mau bibirnya menghitam dan tak sehat. Bibir sebenarnya berwarna merah, hanya saja gaya hidup modern yang tak sehat membuat bibir terpapar polusi dan racun yang perlahan membuat warnanya menjadi lebih gelap.

Coba deh perhatikan beberapa hal yang bisa mencegah sekaligus mengatasi bibir yang menghitam berikut. Yuk disimak!

1. Kurangi Minum Kopi

Siapa yang menyangka kalau minum kopi juga berperan membuat bibir lebih hitam? Bibir akan terlihat lebih gelap sesuai dengan jumlah kafein yang anda komsumsi.

Mengurangi frekuensi komsumsi air panas berkafein ini bisa membantu menjaga bibir agar tetap indah dan tidak menggelap. Sebagai tips, sebaiknya minum banyak air putih setelah anda minum kopi.

2. Berhenti Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok sangat mungkin menyebabkan bibir hitam. Begitu pula dengan kandungan tembakau dan tar di dalamnya.

Selain itu, panas dari api dan asap rokok akan membuat kulit memproduksi lebih banyak melanin, karena melanin berfungsi sebagai pelindung kulit dari matahari. Akibatnya bibir menjadi hitam.

3. Memeriksa Kandungan Lipstik Yang Dipakai

Saat membeli lipstik perhatikan kandungan lipstik yang tertera di label kemasan. Hindari lipstik yang mengandung isopalmityl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, dan asam lemak di pentaerythritol dan tar batu bara.

Karena kandungan tersebut menyebabkan reaksi alergi pada bibir yang mengakibatkan bibir menjadi hitam.

4. Lindungi Bibir Dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari meningkatkan produksi pigmen melanin di bibir. Sinar matahari juga mampu membakar dan membuat bibir kering.

Sehingga menjadikannya terlihat lebih gelap. Bibir juga memerlukan perlindungan seperti kulit yang lainnya.

Untuk melindungi bibir sebaiknya mulai sekarang rajin mengoleskan tabir surya di bibir. Tabir surya bisa didapatkan dari penggunaan lip balm yang memiliki SPF 20 atau lebih dari itu.

5. Rutin Angkat Sel Kulit Mati

Anda juga bisa mengusir bibir yang gelap dengan melakukan scrub pada bibir sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Campur kan gula putih dengan minyak zaitun yang mengandung omega 3 dan antioksidan yang sangat berperan dalam mengangkat sel kulit mati.

Usapkan campuran tadi pada bibir diamkan selama 1 menit dan gosok perlahan dengan lap basah. Cara tersebut dapat merangsang produksi kolagen baru pada bibir sekaligus memperlambat proses penuaan pada bibir, sehingga terlihat lebih cerah.

Terkadang bibir hitam didapatkan secara genetik dan pada orang yang berkulit gelap. Mungkin akan sedikit sulit untuk membuat warna bibir menjadi merah alami.

Yang bisa anda lakukan jika memiliki bibir hitam secara genetis adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang membuat semakin hitam.

Jangan hanya melakukan perawatan rutin sehari-hari saja, akan tetapi anda juga harus menjaga asupan makanan serta kondisi kesehatan tubuh yang dapat mempengaruhi kondisi bibir.

karena kondisi tubuh dari dalam juga mempengaruhi penampilan bibir kita.

Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah Dan Berdarah

Bibir pecah-pecah dapat menyebabkan kulit pada bibir anda retak, mengelupas, dan berdarah. Semua orang pasti pernah mengalami bibir pecah-pecah pada waktu tertentu.

Tahukah anda bahwa bibir pecah-pecah juga bisa menunjukkan penyakit atau kondisi tertentu yang mendasari yang anda tidak ketahui. Selain kekurangan vitamin, dehidrasi, dan menggunakan pasta gigi yang salah itu bisa jadi yang menyebabkan bibir pecah-pecah.

Kalau bibir sudah terlanjur berdarah, begini perawatannya:

1. Minum Air Putih

Pastikan anda mencukupi kebutuhan minum harian anda (jika anda sedang berpuasa anda dapat memenuhi kebutuhan cairan 8-10 gelas pada jam antara buka dan sahur).

Membiasakan minum air putih secara berkala agar terhindar dari dehidrasi dimana kekurangan cairan tubuh adalah penyebab munculnya bibir kering, pecah-pecah, iritasi tenggorokan sehingga rentan menjadi penyebabnya bibir berdarah.

2. Tidak Membasahi Bibir Dengan Lidah

Apapun alasannya membasahi bibir dengan air liur adalah tidak baik karena mempermudah bakteri yang ada didalam ludah untuk berpindah dan melekat lalu mengalami perkembangan pada permukaan bibir yang menyebabkan bibir kering, pecah-pecah dan berdarah.

3. Sunblock

Pengolesan sunblock dengan SPF 30 atau 50 sangat baik untuk perlindungan seluruh kulit tubuh tetapi dapat diaplikasikan pada permukaan bibir secara perlahan dan tipis-tipis saja jangan sampai tertelan.

Karena sunbock mampu melindungi bibir akibat paparan sinar matahari UVA dan UVB, radikal bebas, serangan bakteri, dan penggunaan kosmetik bibir yang tidak cocok.

Demikian cara mengatasi bibir kering pecah-pecah dan berdarah. Namun bila keluhan terus berlanjut anda harus berkonsultasi dengan dokter agar dapat penanganan lebih lanjut.

Demikian artikel tentang penyebab dan cara mengatasi bibir kering. semoga bermanfaat buat anda semua.

(Visited 45 times, 1 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *