Penjelasan Kata Kerja Pada Fabel Rusa Dan Kura-Kura

Posted on

Hello sobat Idpengertian.com apa kabar? Semoga baik-baik ya. Jumpa lagi nih dengan admin cantik yang akan berbagi materi mengenai Penjelasan Kata Kerja Pada Fabel Rusa Dan Kura-Kura. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Penjelasan Kata Kerja Pada Fabel Rusa Dan Kura-Kura
Penjelasan Kata Kerja Pada Fabel Rusa Dan Kura-Kura

Pengertian Kata Kerja (Verba)

Adalah suatu kata yang berfungsi untuk menjelaskan tentang suatu aktifitas atau suatu perbuatan atau kegiatan yang di lakukan oleh seseorang.

Verba atau kata kerja berasal dari bahasa Latin yakni verbum yang artinya kata. Jadi kata kerja dapat di definisikan sebagai kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Penjelasan Kata Kerja Pada Fabel Rusa Dan Kura-Kura

Pengertian fabel adalah salah satu jenis dongeng mengenai dunia binatang, di mana binatang-binatang bahkan makhluk-makhluk yang tidak bernyawa bertindak seolah-olah sebagai manusia. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang. Binatang tersebut di ceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Budi dan watak manusia juga di gambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Adapun tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.

Ciri-Ciri Fabel

  • Tokohnya adalah binatang
  • Memiliki amanat
  • Mempunyai Struktur: Orientasi, Komplikasi, Resolusi

Baca Juga : Pengertian Hikayat Menurut Para Ahli

Rusa Dan Kura-Kura

Hiduplah seekor rusa pada zaman dulu. Ia sangatlah sombong lagi pemarah. Kerap ia menyepelekan kekuatan hewan lain.

Di suatu hari si rusa berjalan-jalan di tepi danau. Dan ia bersuara dengan kura-kura yang tampak cuma mondar-mandir saja. ” Kura-kura, apa yang tengah engkau kerjakan disini?

Disini aku sedang mencari sumber penghidupan, ” jawab si kura-kura.

Si rusa mendadak geram mendengar jawaban si kura-kura. ” Janganlah bertanding engkau, hei kura- kura! Dan engkau cuma mondar-mandir saja tetapi bertanding tengah mencari sumber penghidupan!

Kemudian si kura-kura berupaya menuturkan, tetapi si rusa terus geram. Sampai-sampai, si rusa meneror bakal mencapai badan si kura-kura. Dan si kura-kura yang kesal pada akhirnya menantang untuk mengadu kemampuan betis kaki.

Kemudian si rusa sangatlah geram mendengar tantangan si kura-kura untuk mengadu betis. Dan ia juga meminta supaya si kura-kura menendang betisnya terlebih dulu. “Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau dapat kerjakan!

Si kura-kura tak bersedia mengerjakannya. Lalu berucap, ‘Jika saya menendang betismu, maka engkau bakal terjatuh serta tak dapat membalas menendangku’.

Dan si rusa pun semakin geram mendengar perkataan si kura- kura. Ia juga bersiap-siap untuk menendang. Ia berancang-ancang. Di saat dirasanya pas, ia juga menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.

Rusa Dan Kura-Kura

Lalu, saat si rusa mengayunkan kakinya, si kura-kura selekasnya memasukkan kaki-kakinya ke tempurungnya. Sepakan rusa cuma tentang tempat kosong. Si rusa sangatlah geram merasakan tendangannya tak mengena. Ia lalu mencapai tempurung si kura-kura dengan kuat. Mengakibatkan badan si kura-kura tenggelam ke tanah. Si Rusa menganggap si kura-kura sudah mati. Ia juga meninggalkan si kura-kura.

Si kura-kura berupaya keras keluar dari tanah. Setelah satu minggu berupaya, si kura-kura pada akhirnya sukses keluar dari tanah. Ia lantas mencari si rusa. Diketemukannya si rusa sesudah sekian hari mencari. ” Bersigaplah Rusa, saat ini giliranku untuk menendang. ”

Si rusa cuma melihat sepele kekuatan si kura-kura. ” Kerahkan seluruh kemampuanmu untuk menendang betisku. Mari, janganlah ragu-ragu!

Si kura-kura bersiaga serta mengambil ancang-ancang ditempat tinggi. Ia lantas menggulirkan badannya. Di saat nyaris tiba di dekat badan si rusa, ia juga menambah badannya sampai badannya melayang. Si kura-kura mengincar hidung si rusa. Dengan kerasnya tempurung si kura-kura mengena sampai hidung si rusa putus. Dan saat itu si rusa yang sombong itu juga mati.

Kata Kerja Yang Ada Pada Fabel Di Atas

Berjalan-jalan, menyepelekan, mondar-mandir, mencari, mendengar, bertanding, menuturkan, meneror, menantang, mengadu, meminta, menendang, mengerjakan, membalas, berancang-ancang, mengayunkan, memasukkan, merasakan, keluar.

Demikianlah Penjelasan Kata Kerja Pada Fabel Rusa Dan Kura-Kura, semoga dapat menambah informasi dan bermanfaat ya, terima kasih.

(Visited 5 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *