Pengertian Wira, Asal Kata Wira Dan Penjelasannya

Diposting pada

Kata wira mempunyai 2 arti. Wira adalah sebuah homonim karena arti-artinya mempunyai ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Wira memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga wira dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang di bendakan dan adjektiva atau kata sifat sehingga wira dapat mengubah kata benda atau kata ganti, pada umumnya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Pengertian Wira
Pengertian Wira

Kata Wira adalah sebuah kata dasar yang berarti kepahlawanan. Karena istilah ini menjadi kata dasar dari wirausaha dan perwira.

Baca Juga : Pengertian Insting

Asal Mula Kata Wira

Etimologi kata “wira” berasal dari bahasa Sangiang yang artinya “berani”, dan berasal dari bahasa Sansekerta (Sanskrit) yang artinya juga “berani”.

Turunan Kata Wira

Kata “wira” dapat di turunkan menjadi beberapa kata seperti berikut ini :

Wirausaha dan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Perbedaan antara wirausaha dan wiraswasta yaitu jika wirausaha adalah seseorang yang melakukan kegiatan usaha, sedangkan wiraswasta adalah seseorang yang mampu berdiri sendiri. Maksudnya yaitu sebagai seseorang yang mampu mandiri yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan usahanya sendiri.

Kewiraan, yaitu kepahlawanan, kemiliteran, atau pendidikan masuk perguruan tinggi.

Perwira, yaitu gagah dan perkasa.

Arti Nama Wira

Nama Wira adalah nama laki-laki yang mempunyai makna “pahlawan” dan “jantan”. Nama tersebut di berikan dengan harapan agar anak tersebut akan menjadi pahlawan yang jantan. Selain menjadi nama orang, beberapa perusahaan dan merek produk juga menggunakan nama Wira.

Demikianlah pengertian wira yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat untuk kamu.

(Visited 274 times, 2 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *