Pengertian WHO Sejarah Tujuan Serta Aktivitasnya

Posted on

Hay gays pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia, yang di lengkapi dengan sejarah, tujuan serta aktivitasnya juga ya. Yuk langsung aja simak penjelasn berikut ini !

Pengertian WHO

WHO adalah kepanjangan dari World Health Organization. Badan organisasi WHO di dirikan pada tanggal 7 April 1948 dan bertempat di Jenewa, Swiss. Dan tugasnya ialah untuk melakukan koordinasi kegiatan dalam hal peningkatan kesehatan masyarakat di berbagai belahan dunia.

Dalam WHO (World Health Organization)  terdiri dari Lembaga Perwakilan (The World Health Assembly) dan Badan Eksekutif (Executive Board). Pada lembaga perwakilan beranggotakan 193 negara dan bersidang pada setiap bulan Maret untuk merumuskan keputusan-keputusan penting WHO.

Pengertian WHO Sejarah Tujuan Serta Aktivitasnya

Dan melalui lembaga ini juga para delegasi anggota WHO menentukan siapa siapa saja yang menjadi Direktur Jenderal, merencanakan anggaran organisasi, dan membahas laporan Badan Eksekutif WHO.

Sejarah WHO

Konstitusi WHO mengemukakan bahwa tujuan di dirikannya WHO yaitu agar semua orang memperoleh tingkat kesehatan tertinggi yang paling memungkinkan.

WHO merupakan salah satu badan asli yang di miliki PBB, konstitusinya pertama muncul di Hari Kesehatan Dunia yang pertama (7 April 1948) ketika Ratifikasi oleh anggota ke-26 PBB. Jawarharlal Nehru, yang merupakan pejuang kebebasan utama dari negara India, sudah menyuarakan pendapatnya untuk di mulainya WHO.

Aktivitas WHO dan aktivitas Organisasi Kesehatan Liga Bangsa-Bangsa (LBB), diatur oleh suatu badan Komisi Inerim seperti di tentukan dalam suatu Konferensi Kesehatan Internasional di tahun musim panas 1946.

Anggota Organisasi WHO

Dalam keanggotaan WHO terdiri dari 193 negara anggota serta staf dari berbagai kenegaraan berjumlah 4500 orang sebagai agen khusus. Dan WHO ialah bagian dari PBB, tetapi bukan di bawah sistem PBB, mereka bisa memperoleh keanggotaan mereka dengan menerima konstitusi.

Akan tetapi sementara bagi Negara-Negara non anggota PBB bisa di akui ke anggotaannya melalui mayoritas suara dari majelis kesehatan dunia. Dan hampir setiap Negara di dunia merupakan anggota PBB da WHO, tapi ada perbedaan seperti halnya Swiss yang merupakan anggota WHO, tapi bukan anggota PBB. J. Juga Anggaran Keuangan WHO Program anggaran keuangan global WHO di tetapkan dua tahun sekali.

Pada sumber-sumber keuangan WHO yang tetap di peroleh dari konstribusi-konstribusi yang di perkirakan, di bayar oleh Negara–Negara anggota, berdasarkan skala perkiraan PBB. Dan anggota keuangan regional WHO yang tetap di peroleh dari alokasi anggaran keuangan global WHO yang dibuat oleh Direktur Jenderal untuk setiap wilayahnya.

Kemudian untuk wilayah Asia tenggara, alokasi dari direktur jenderal temasuk jumlah-jumlah yang di perlihatkan terpisah untuk aktivitas-aktivitas wilayah dan Negara.

Di suatu wilayah direktur mengirimkan angka-angka negara yang di rencanakan kepada masing-masing Negara anggota yang berjumlah 11 berdasarkan kriteria yang di tetapkan oleh komite wilayah. Dan rekening untuk aktivitas-aktivitas negara yaitu sekitar 75% dari keseluruhan anggaran keuangan wilayah.

Maka untuk tambahan anggaran keuangan tetap, WHO memperoleh tambahan sumber-sumber anggaran keuangan melalui United Nations Development Program ( UNDP ) dan United Nation Population Fund ( UNPF ) dan di laksanakan oleh WHO, serta lewat pemberian sukarela dari pemerintah-pemerintah, yayasan dan agen agen.

Tujuan WHO

Tujuan dari WHO yaitu mencapai kesehatan secara maksimal untuk seluruh rakyat di dunia. Untuk mencapai hal itu, WHO aktif melaksanakan tugas-tugas sebagai berikut :

  • Mempunyai tugas menanggulangi kesehatan dengan membantuk melaksanakan pembatasan terhadap penyakit-penyakit menular.
  • Memberikan bantuan kesehatan kepada negara-negara yang membutuhkan bantuan
  • Membantu dalam peningkatan kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak
  • Mendorong dan membantu melakukan penelitian-penelitian yang berhubungan dengan bidang kesehatan.

Contoh peran WHO yaitu adanya pelaksanaan Africa Health Infoway yang dilakukan di tahun 2009. Program ini adalah jaringan yang berbasis teknologi informasi dalam mendukung pembangunan kesehatan di 53 negara Afrika. Dukungan tersebut dalam bentuk penyediaan data bagi para pekerja, mengelola kesehatan dan para pengambil keputusan di bidang kesehatan.

Baca Juga : Pengertian Status Gizi Menurut Depkes Dan WHO

Aktivitas WHO

WHO mengkoordinasikan usaha-usaha internasilnal dalam pengedalian wabah penyakit menular seperti penyakit SARS, malaria, TBC, flu babi, dan AIDS. Ternyata WHO juga menjadi sponsor program-program untuk pencegahan dan pengobatan penyakit tersebut. Dan WHO juga mensupport pengembangan dan distribuasi waksin yang aman dan efektif, diagnosik farmasi, dan juga obat-obatan.

Kemudian WHO juga bekerja dalam membasmi penyakit, dan juga melakukan kampanye yang berhubungan dengan kesehatan. Seperti untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuranan di seluruh negara dan untuk mencegah pemakaian tembakau.

Ternyata WHO juga mengenalkan pengembangan kapasitas di negara-negara anggota untuk menggunakan dan menghasilkan penelitian yang memenuhi kebutuhan nasional, dengan menyarungkan sistem kesehatan penelitian nasional dan mempromosikan platform pengetahuan terjemahan seperti Bukti Jaringan Informasi Kebijakan EVIPNet.

WHO juga melaksanakan penelitian kesehatan pada penyakit menular, kondisi non menular dan juga cedera, seperti memanjang studi tentang penuan untuk menentukan apakah tahumn tambahan kami hidup dalam kesehatan yang baik atau miskin, dan apakah medan elektromagnetik sekitar ponsel mempunyai dampak untuk kesehatan.

WHO juga mempunyai target dalam pemusnahan penyakit polio dalam kurun waktu beberapa tahun. Organisasi ini sudah meluncurkan HIV/AIDS Toolkit untuk negara Zimbabwe (dari 3 Oktober 2016) dengan standar Internasional.

Para ahli bertemu di kantor pusat WHO di Jenewa pada bulan Februari 2007 dan melaporkan jika usaha mereka pada perkembangan vaksin influenza yang pandek sudah mencapai kemajuan yang baik.

Lebih dari 40 percobaan klinik telah diselesaikan atau sedang berlangsung. Kebanyakan di fokuskan pada orang dewasa yang sehat. Beberapa perusahaan, sudah menyelesaikan analisis keamanan pada orang dewasa, dan sudah memulai percobaan klinik pada orang lanjut usia dan anak-anak.

Itulah tadi Pengertian WHO Sejarah Tujuan Serta Aktivitasnya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih sudah berkunjung disitus kami, jangan lupa baca artikel yang lainnya juga ya…..

(Visited 55 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *