Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian WHO Dan Tugasnya Lengkap

2 min read

Hay sahabat Idpengertian.com semua, jumpa lagi dengan mimin cantik. Sobat, kali ini mimin akan mengulas materi mengenai Pengertian WHO Dan Tugasnya Lengkap nih. Simak pembahasannya di bawah ini ya.

Pengertian WHO

Definisi dari WHO adalah singkatan dari kepanjangan World Health Organization. Badan organisasi WHO di dirikan pada tanggal 7 April 1948 dan bermarkas di Jenewa, Swiss. Dan tugasnya adalah melakukan koordinasi kegiatan dalam hal peningkatan kesehatan masyarakat di berbagai belahan dunia. Dalam WHO terdiri dari Lembaga Perwakilan (The World Health Assembly) dan Badan Eksekutif (Executive Board). Pada lembaga perwakilan beranggotakan 193 negara dan bersidang setiap bulan Maret untuk merumuskan keputusan-keputusan penting WHO. Dan melalui lembaga ini pula para delegasi anggota WHO menentukan siapa yang menjadi Direktur Jenderal, merencanakan anggaran organisasi, dan membahas laporan Badan Eksekutif WHO.

Pengertian WHO Dan Tugasnya Lengkap
Pengertian WHO Dan Tugasnya Lengkap

Anggota Organisasi WHO

Dalam keanggotaan WHO terdiri dari 193 negara anggota dan staf dari berbagai kenegaraan berjumlah 4500 orang sebagai agen khusus. Dan WHO adalah bagian dari PBB, tetapi bukan di bawah sistem PBB, mereka dapat memperoleh keanggotaan mereka dengan menerima konstitusi. Tapi sementara bagi Negara-Negara non anggota PBB dapat di akui ke anggotaannya melalui mayoritas suara dari majelis kesehatan dunia.

Baca Juga : Pengertian Status Gizi Menurut Depkes Dan WHO

Dan hampir setiap Negara di dunia merupakan anggota PBB da WHO, tapi terdapat perbedaan seperti halnya Swiss yang merupakan anggota WHO, tapi bukan anggota PBB. J. Juga Anggaran Keuangan WHO Program anggaran keuangan global WHO ditetapkan dua tahun sekali.

Pada sumber -sumber keuangan WHO yang tetap di peroleh dari konstribusi-konstribusi yang di perkirakan, di bayar oleh Negara – Negara anggota, berdasarkan skala perkiraan PBB. Dan anggota keuangan regional WHO yang tetap di peroleh dari alokasi anggaran keuangan global WHO yang di buat oleh Direktur Jenderal untuk setiap wilayah. Kemudian bagi wilayah Asia tenggara, alokasi dari direktur jenderal temasuk jumlah – jumlah yang di perlihatkan terpisah untuk aktivitas-aktivitas wilayah dan Negara.

Di suatu wilayah direktur mengirimkan angka-angka negara yang di rencanakan kepada masing-masing Negara anggota yang berjumlah sebelas, berdasarkan kriteria yang di tetapkan oleh komite wilayah. Dan rekening untuk aktivitas-aktivitas negara adalah sekitar 75 persen dari keseluruhan anggaran keuangan wilayah. Maka untuk tambahan anggaran keuangan tetap, WHO memperoleh tambahan sumber-sumber anggaran keuangan lewat United Nations Development Program ( UNDP ) dan United Nation Population Fund ( UNPF ) dan di laksanakan oleh WHO, dan lewat pemberian sukarela dari pemerintah pemerintah, yayasan dan agen agen.

Fungsi dan tujuan WHO

Untuk mencapai kesehatan secara maksimal untuk seluruh rakyat di dunia. Dan untuk mencapai hal tersebut, WHO aktif melaksanakan tugas-tugas berikut, antara lain:

  • Mempunyai tugas menanggulangi kesehatan dengan membantuk melaksanakan pembatasan terhadap penyakit-penyakit menular.
  • Menyerahkan bantuan kesehatan kepada negara-negara yang perlu bantuan
  • Ikut membantu dalam peningkatan kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak
  • Dan juga mendorong dan membantu melakukan penelitian-penelitian yang berhubungan dengan bidang kesehatan.

Aktivitas WHO

  • Mengkoordinasikan suatu usaha-usaha internasilnal dalam pengedalian wabah penyakit menular seperti SARS, malaria, TBC, flu babi, dan AIDS. Dan WHO juga menjadi sponsor program program untuk pencegahan dan pengobatan penyakit tersebut. Seain itu, WHO men support pengembangan dan distribuasi waksin yang aman dan efektif, diagnosik farmasi, dan juga obat-obatan.
  • Ikut bekerja dalam membasmi penyakit, dan juga melakukan kampanye yang berhubungan dengan kesehatan. Contohnya untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran di seluruh negara dan untuk mencegah pemakaian tembakau.
  • Kemudian mengenalkan pengembangan kapasitas di negara-negara anggota untuk menggunakan dan menghasilkan penelitian yang memenuhi kebutuhan nasional, dengan menyarungkan sistem kesehatan penelitian nasional dan mempromosikan platform pengetahuan terjemahan seperti Bukti Jaringan Informasi Kebijakan -EVIPNet.
  • Ikut melaksanakan penelitian kesehatan pada penyakit menular, kondisi non menular dan juga cedera, seperti memanjang studi tentang penuan untuk menentukan apakah tahun tambahan kami hidup dalam kesehatan yang baik atau miskin. Kemudian apakah medan elektromagnetik sekitar ponsel mempunyai dampak pada kesehatan.
  • Mempunyai target dalam pemusnahan penyakit polio dalam kurun waktu beberapa tahun. Di samping itu, organisasi ini telah meluncurkan HIV/AIDS Toolkit untuk negara Zimbabwe (dari 3 Oktober 2016) dengan standar Internasional.

Demikianlah ulasan materi singkat mengenai Pengertian WHO Dan Tugasnya Lengkap. Semoga dengan tulisan yang sederhana ini dapat bmemberikan manfaat dan juga informasi bagi pembacanya, Terima kasih.

(Visited 1.067 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *