Pengertian Viral, Ciri, Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Hy sobat Idpengertian.com yang kece-kece, bicara tentang viral tentu bukan suatu hal yang asing yang pernah di dengar bukan? Yaps kata ini sering kali terdengar di dunia maya bersamaan juga dengan kata Hoax, khususnya di sosmed atau sosial media. Sudah banyak status dan postingan yang menyebut kata “viral” ini. Dan bahkan banyak blogger yang membuat topik blognya di khususkan untuk memuat berita dan status yang sedang viral di dunia maya. Nah gaes, kali ini mimin akan mengulasnya pada artikel kali ini, yuk langsung simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Viral, Ciri, Dan Contohnya Lengkap
Pengertian Viral, Ciri, Dan Contohnya Lengkap

Arti kata VIRAL

Kata viral sebenarnya berasal dari dua kata dalam bahasa ingggris yaitu : Virus dan Virtual

Virus

Merupakan satu kata dalam bahasa inggris yang mempunyai arti penyakit dan di sebabkan pleh kuman virus v pneumonia radang paru di sebabkan kuman virus.

Virtual

Adalah satu kata dalam bahasa inggris yang mempunyai arti tidak nyata.

Jadi, dari penjelasan dua kata di atas, Kata Viral yang belakangan ini sering kita dengar dapat di artikan sebagai sesuatu hal informasi, kejadian, berita dan lainnya yang menyebar luas dan secara cepat sehingga di ibaratkan seperti V1rus, dan dalam waktu yang singkat dapat menjadi gempar melalui dunia maya, internet atau media sosial.

Pengertian Viral secara Umum

Secara umum, Viral adalah aktivitas di dunia maya yang menggambarkan penyebaran sebuah informasi melalui media online yang tersebar dengan cepat sehingga membuatnya menjadi populer dan menjadi perbincangan khalayak umum.

Ciri-Ciri Viral

Unik Dan Tidak Biasa

Biasanya fenomena-fenomena yang menjadi viral adalah sebuah berita, video kejadian, atapun gambar gambar yang unik dan tidak biasa ada ditengah masyarakat sehingga hal tersebut bisa menjadi viral, lantaran di bagikan secara terus menerus oleh seseorang.

Ada Yang Sifatnya Positif Dan Negatif

Dalam masyarakat sekarang ini informasi-informasi yang viral di internet khususnya media sosial banyak mengandung hal yang negatif dan kurang bermanfaat.  Walaupun begitu masih ada juga informasi yang bersifat positif dan seharusnya perlu di tiru.

Di Indonesia sendiri banyak sekali orang-orang yang berlomba-lomba untuk menjadi viral hanya dengan bermodalkan kepercayaan diri yang terkadang malah cenderung “terlalu percaya diri” sehingga hal tersebut dianggap hal negatif dan kurang bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Hoax

Sedang Hitz

Sesuatu hal yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan pastinya akan lebih banyak menarik minat orang untuk dibahas, begitu juga informasi atau berita “viral”. Informasi atau berita “viral” biasanya berisi hal-hal yang sedang Booming atau bahasa kekiniannya adalah sedang Hitz diperbincangkan.

Adanya berita hitz yang menjadi viral tersebut akan membuat banyak orang tertarik dan mungkin orang-orang yang melihat pun bisa ikut meniru untuk melakukan hal yang sama dengan berita yang sedang viral tersebut.

Contoh Viral Di Sosmed (Social Media)

  • Kisah Wanita yang tak ingin hidup melarat, memaki pacar nya yang tukang ojek” Atau ”Video Seorang “Satpam wanita cantik” mengcover lagu dengan bermain gitar.
  • Tersebarnya video dari sebuah aplikasi yang sedang viral di instagram dan isinya mengarah ke pornografi yang dapat merusak mental anak bangsa. Padahal sebenarnya aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengasah kreatifitas seseorang jika dimanfaatkan dengan baik dan benar.
  • seorang kakek penjual sapu lidi yang sedang berjualan akan tetapi belum laku satupun barang yang dijualnya.
  • video yang didalamnya berisi mungkin tentang orang yang melakukan dance sambil mengendarai mobil yang akhirnya banyak ditiru oleh sebagian orang.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Kata “viral”, tidak ada di dalam bahasa indonesia. Dan kata viral berasal dari bahasa inggris, jadi kata viral sama sekali tidak ada. Juga belum tercantum di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Jadi anda tidak perlu repot repot mencari arti kata viral di KBBI, karena kata viral sendiri belum masuk atau belum resmi diserap ke dalam bahasa indonesia.

Di Dalam Dunia Pemasaran Atau Dunia Marketing

Kata viral di dalam dunia marketing atau pemasaran memiliki arti, “sesuatu atau segala metode yang digunakan untuk mengenalkan berbagai produk perusahaan ke masyarakat luas”. Bagaimana cara mengenalkan nya ?. Dapat mengenalkan suatu produk melalui media internet , media elektronik (misal iklan di tv), dari mulut ke mulut, dan lain sebagainya. Hal yang penting yaitu memiliki nilai jual yang unik dan berbeda dengan yang lain nya, sehingga iklan pemasaran suatu produk menjadi cepat meluas dan dapat diterima semua kalangan masyarakat. Pada metode pemasaran dapat menggunakan cara yang unik, maupun dengan berbagai skandal yang ditujukan untuk diketahui masyrakat luas.

Pengertian Netizen

Kata netizen di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia dengan istilah warganet atau warga internet. Dan istilah netizen ini di bentuk dari dua kata yaitu internet dan citizen atau warga. Didalam kamus-kamus internet kita menemukan pengertian netizen sebagai orang atau entitas yang aktif dikomunitas online. Atau aktif internetan dengan terlibat dalam sejumlah forum atau media sosial. Maka, bisa di simpulkan, Netizen adalah user (pengguna) internet aktif dalam berkomunikasi, mengeluarkan pendapat, berkolaborasi, di media internet. Suatu facebook aktif, blogger, pengguna twitter (tweeps), dan “aktivis” sosial media lainnya termasuk dalam kategori netizen.

Maka, jika seorang user hanya sesekali membuka internet, misalnya untuk mengirim dan menerima atau membaca email, belum bisa disebut sebagai Netizen. Dan akan muncul juga istilah lain dari Netizen ini, yakni Netizen Journalism atau Jurnalisme Warganet. Yaitu aktivitas penulisan dan penyebarluasan berita atau informasi aktual melalui internet blog, media sosial, dan sebagainya. Dan netizen Journalism bahkan bisa berperan sebagai “Watchdog Journalism” mengawasi dan mengkeritisi apa saja. Bahkan mengkritisi berita yang dibuat oleh para wartawan profesional.

Demikianlah ulasan materi mengenai Pengertian Viral, Ciri, Dan Contohnya Lengkap. Semoga dengan tulisan yang jauh dari kata sempurna ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat bagi pembacanya, terima kasih atas kunjungannya.

(Visited 103 times, 2 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *