Pengertian Unsur Intrinsik Didalam Prosa Lengkap

Diposting pada

Hello sobat, jumpa lagi bersama saya di Idpengertian.com, kali ini saya akan mengulas materi seputar prosa nih sob, tentunya kata prosa tak asing di telinga sobat semua bukan?. Yups pasti dong, dan saat ini saya akan membahas mengenai Pengertian Unsur Intrinsik Didalam Prosa . Oke, tak usah lama-lama deh langsung saja kita masuk ke pokok pembahasan, simak ya.

Pengertian Unsur Intrinsik Didalam Prosa

Prosa merupakan suatu karya sastra yang di susun dalam bentuk cerita secara bebas, dan tidak terikat rima dan irama. Dengan berdasarkan bentuknya, prosa terdiri atas novel, cerpen, dan dongeng. Struktur dalam novel atau cerpen dibentuk oleh unsur-unsur intrinsik, yaitu tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, dan amanat.

Pengertian dari Unsur Intrinsik Prosa adalah suatu unsur yang menyusun suatu karya sastra prosa dari dalam yang mewujudkan struktur sebuah karya sastra prosa seperti ialah unsur-unsur yang terdapat dalam unsur-unsur intrinsik.

Unsur Intrinsik Prosa

Suatu karya sastra pasti mengandung unsur intrinsik. Dan sebuah keterikatan yang erat antar unsur, di namakan struktur pembangun karya sastra. Suatu unsur intrinsik ialah unsur yang secara langsung membangun cerita dari dalam karya itu sendiri.

Sebuah unsur intrinsik yang terdapat dalam puisi, prosa, dan drama memiliki perbedaan, sesuai dengan ciri dan hakikat dari ketiga genre tersebut. Berikut ini adalah unsur intrinsik dalam suatu prosa:

Alur

Atau yang biasa disebut plot merupakan suatu kronologi ataupun urutan peristiwa dalam sebuah cerita. Plot yang satu tentunya terjalin dengan alur yang lain sehingga membentuk cerita utuh. Alur cerita umumnya memiliki urutan: eksposisi (perkenalan tokoh dan informasi-informasi penting)àkomplikasi (pemaparan masalah dan konflik yang ada)àklimaks (puncak permasalahan sebuah cerita)àresolusi (penyelesaian masalah dan amanat). Berdasarkan urutan menyusun alur, ada alur maju (cerita terus berlangsung dari awal hingga akhir tanpa kilas balik, alur mundur (cerita diawali dari kilas balik masa lampau), dan alur campuran (cerita memiliki alur maju dan mundur di saat bersamaan). Dan berdasarkan kuantitasnya, alur dibagi menjadi alur tunggal (alur hanya memiliki satu tema cerita) dan alur ganda (alur yang memiliki lebih dari satu jalan cerita, seperti pada novel).

Tema

Adalah pokok persoalan yang ada dalam sebuah cerita. Untuk prosa panjang yang berbentuk novel memiliki tema utama yang luas dengan beberapa tema-tema kecil yang mengiringinya. Namun untuk prosa pendek seperti cerpen maka tema hanya ada satu.

Latar

Unsur intrinsik prosa yang berikutnya adalah latar. Latar menggambarkan lokasi, waktu, dan suasana yang ada dalam sebuah cerita.

Sudut pandang

Atau point of view adalah kedudukan atau status pengarang dalam bercerita. Pengarang memiliki empat macam sudut pandang seperti sudut pandang orang pertama yang bercirikan menggunakan bahasa aku, sudut pandang orang pertama yang berlaku sebagai tokoh sampingan, sudut pandang orang ketiga yang tahu segalanya dan menceritakan yang terjadi, dan bisa juga menggunakan campuran ketiganya.

Amanat

Pesan dan juga moral yang ingin di sampaikan oleh pengarang kepada pembaca ada di dalam amanat. Dan amanat memiliki dua macam yaitu amanat eksplisit yang secara terang-terangan ditulis pengarang di ceritanya, dan amanat implisit yang tidak tertulis namun bisa disimpulkan setelah membaca keseluruhan cerita.

Gaya Bahasa

Merupakan alat yang digunakan oleh pengarang untuk menyampaikan idenya. Pengarang kadangkala memilih gaya bahasa gaul untuk cerita remaja, dan gaya bahasa dewasa yang lebih rumit dan menggunakan majas.

Baca Juga : Pengertian Kalimat Efektif

Tokoh dan Penokohan

Adalah suatu pemeran dalam cerita. Sedangkan penokohan adalah cara menentukan watak. Ada tiga tokoh dalam prosa. Tokoh protagonis (tokoh utama), tokoh antagonis (tokoh yang menentang tokoh utama), dan tokoh tritagonis (tokoh pendukung). Penokohan dapat dilakukan dengan menyebutkan langsung di dalam cerita (analitik), maupun tidak langsung (dramatik).

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Unsur Intrinsik Didalam Prosa. Semoga dapat menambah informasi buat kalian semua ya sob, khususnya buat kalian yang lagi mencari referensi, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir. Jangan lupa baca artikel lainnya di Idpengertian.com ya.

(Visited 1.386 times, 5 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *