Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Uang Menurut Para Ahli – Apa itu pengertian uang ? Uang merupakan suatu benda dengan satuan hitung tertentu yang bisa di gunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam berbagai transaksi dan berlaku di dalam wilayah tertentu. Di ciptakannya uang dengan tujuan untuk dapat melancarkan kegiatan tukar-menukar barang dan perdagangan.

Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Uang juga di sebut sebagai alat penukar yang sah, demikian pentingnya fungsi uang, sehingga keberadaan uang di suatu negara di atur dengan UU. Bagi para ahli ekonomi biasanya memberikan pengertian yang berbeda-beda mengenai uang. Meskipun demikian, pengertian umum uang sama, yaitu benda yang di gunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian uang menurut para ahli, simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian dan definisi uang menurut para ahli ekonomi, baik dari dalam negeri maupun para ahli dari luar negeri.

Menurut Albert Gailort Hart

Pengertian uang ialah suatu kekayaan yang dimiliki untuk dapat melunasi utang dalam jumlah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula.

Menurut Walker

Pengertian uang secara umum ialah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu. Dengan kata lain, uang ialah fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain.

Menurut A. C. Pigou

Pengertian uang dapat di definisikan sebagai segala sesuatu yang umum di pergunakan sebagai alat tukar.

Menurut Rollin G. Thomas

Rolling G. Thomas menyatakan arti uang yaitu segala sesuatu yang tersedia dan umumnya diterima umum sebagai alat pembayaran untuk pembelian barang dan jasa, serta untuk pelunasan utang.

Menurut R. S. Sayers

Pengertian uang dalam bukunya berjudul Modern Banking adalah segala sesuatu yang umum diterima bagi pembayaran utang.

Menurut Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo

Arti uang secara umum ialah merupakan alat tukar yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang saha atas kesatuan hitungnya.

Menurut Anto Pracoyo & Tri Kunawangsih

Uang yaitu sebagai alat tukar yang mampu untuk dipergunakan oleh para pelaku ekonomi global pada umumnya.

Menurut Irma Rahmawati

Irma Rahmawati mengemukakan pendapat bahwa uang merupakan suatu benda yang mampu untuk di setujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat untuk penukaran dalam perdagangan.

Baca Juga : Pengertian Hoax

Menurut H. Robertson

Arti uang merupakan segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang dan jasa dalam masyarakat.

Menurut Rismsky K. Judisseno

Definisi uang yaitu merupakan satu media yang mampu untuk diterima yang digunakan oleh setiap pelaku ekonomi atau pun pelaku pasar uang guna mempermudah pada saat bertransaksi.

Menurut Mankiw

Uang merupakan persediaan aset yang bisa segara di gunakan untuk melakukan transaksi, selain itu uang merupakan segala sesuatu yang dapat di pakai atau diterima untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang, kemudia uang memiliki satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, memudahkan pertukaran barang dan jasa, dan mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

Menurut Kasmir

Pengertian uang adalah alat tukar menukar, dalam hal ini uang digunakan sebagai alat untuk membeli atau menjual suatu barang maupun jasa. Dengan kata lain uang bisa di lakukan untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima sebagai akibat dari penjualan barang dan jasa.

Menurut George N. Halm

Pengertian uang ialah hal untuk mempermudah perantara tukar-menukar dalam mengatasi masalah sistem barter atau kesulitan-kesulitan dalam transaksi kredit.

Menurut Ensiklopedi Indonesia

Pengertian uang adalah segala sesuatu yang biasanya di gunakan dan di terima secara umum sebagai alat penukar atau standar pengukur nilai, yaitu standar daya beli, standar uang dan garansi menanggung utang.

Menurut George Simmel

Uang mempunyai kemampuan untuk mentransformasikan dan mengubah dunia sosial pada dunia aritmatik dan sebagai sarana reifikasi paling murni.

Menurut Dennis Home Robertson

Di dalam bukunya yang berjudul Money mengatakan bahwa money is something accepted in payment for goods yang artinya menyatakan bahwa uang ialah segala sesuatu yang dapat diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang.

Menurut Adam Smith

Pengertian uang adalah media penukaran, namun uang tidak dibutuhkan untuk uang itu sendiri. Maksudnya, uang di ciptakan untuk memperlancar pertukaran dan penetapan nilai yang wajar dari pertukaran tersebut, dan uang bukan merupakan sebuah komoditi.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian uang menurut para ahli. Saat ini, uang menjadi benda penting yang di gunakan untuk membeli kebutuhan atau barang yang kita inginkan. Semoga penjelasan diatas bisa menjadi wawasan.

(Visited 15 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *