Pengertian Tujuan Penelitian, Cara Serta Contohnya Lengkap

Diposting pada
Loading...

Pengertian Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah suatu indikasi ke arah mana penelitian itu dilakukan atau data-data serta informasi apa yang ingin dicapai dari penelitian itu. Tujuan penelitian dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang konkret, yang dapat diamati dan dapat di ukur. Jadi bukan kalimat tanya.

Tujuan penelitian ini ada tiga macam. Penelitian pada umumnya bertujuan untuk menemukan ilmu yang baru, mengembangkan pengetahuan yang sudah ada dan yang terakhir untuk menguji pengetahuan yang ada.

Pengertian Tujuan Penelitian

Sedangkan menurut beberapa ahli mengatakan bahwa tujuan penelitian di bedakan menjadi:

  1. Eksploratif ialah penelitian yang bertujuan untuk menemukan suatu pengetahuan baru yang belum pernah ada.
  2. Verifikasi yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji suatu teori yang sudah ada. Sehingga di temukannya suatu hasil penelitian yang dapat menggugurkan atau memperkuat pengetahuan atau teori yang sudah ada.
  3. Development yaitu penelitian yang memiliki tujuan untuk mengembangkan penelitian yang sudah ada.

Biasanya juga tujuan penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum adalah tujuan penelitian secara keseluruhan dari yang ingin dicapai dalam penelitian itu sendiri. Tujuan khusus adalah tujuan yang lebih spesifik. Umumnya tujuan khusus menggunakan kata-kata operasional sehingga lebih jelas untuk dicapai. Dan tujuan khusus pada hakikatnya penjabaran dari tujuan umum. Apabila tujuan umum suatu penelitian tidak bisa atau tidak perlu di spesifikasikan lagi maka tidak perlu adanya tujuan umum dan tujuan khusus, cukup dibuat tujuan penelitian saja.

Baca Juga: Pengertian Penelitian Ilmiah

Dalam merumuskan suatu tujuan penelitian, kita harus berpedoman pada rumusan masalahnya. Tujuan yang keluar dari rumusan masalah dapat menyesatkan kita dalam membuat penelitian. Karena rumusan masalah dapat berbentuk deskriptif, komparatif dan asosiatif, maka tujuan umum dan khusus penelitian harus berbentuk dan sesuai dengan rumusan masalah tadi.

Meskipun seperti itu dalam sebuah penelitian atau penulisan karya tulis ilmiah tidak harus ada tujuan umum dan tujuan khusus. Jika tujuan umum yang dibuat sudah spesifik maka tidak perlu membuat tujuan khususnya. Begitu pun sebaliknya jika kita sudah membuat tujuan yang spesifik maka tidak perlu membuat tujuan umum. Cukup menuliskan dengan tujuan penelitian saja.

Cara Membuat Tujuan Penelitian

  1. Untuk membuat tujuan penelitian kita harus kembali melihat rumusan masalah.
  2. Mencari kata operasional yang tepat untuk menjawab rumusan masalah yang ada.

Contoh 1

Rumusan masalah : adakah hubungan antara menggunakan hijab dengan keterampilan membaca siswa?

Tujuan penelitiannya adalah: mengidentifikasi hubungan antara menggunakan hijab dengan keterampilan membaca siswa.

Contoh 2

Seberapa besar pengaruh ruangan kelas yang nyaman terhadap motivasi belajar siswa?

Tujuan penelitiannya adalah : mengukur pengaruh ruangan kelas yang nyaman terhadap motivasi belajar siswa.

Jadi kurang lebihnya seperti itu contoh pembuatan tujuan penelitian. Mudah sekali bukan, kalau kita sudah sudah  bisa membuat rumusan masalahnya tinggal mencari kata operasional yang tepat saja.

Setelah kita sudah bisa membuat tujuan penelitian yang harus kita buat adalah manfaat penelitian. Lalu apa sih manfaat penelitian? Manfaat penelitian adalah uraian manfaat yang dihasilkan dari dilaksanakannya penelitian itu. Jadi tinggal kita pikirkan saja, kira-kira manfaat apa yang dapat kita peroleh jika kita melakukan penelitian tersebut. Setelah itu manfaat penelitian kita bagi menjadi dua yaitu manfaat secara teoritis dan manfaat secara praktis.

Manfaat teoritis berlatar dari tujuan penelitian varifikatif, untuk mengecek teori yang sudah ada. Manfaat teoritis ini muncul berlatarkan tidak kepuasan atau keraguan terhadap teori yang sudah ada sehingga dilakukan penyelidikan kembali secara empiris.

Manfaat praktis adalah manfaat yang berguna untuk memecahkan masalah yang praktis. Jadi misalnya ada masalah nilai siswa yang rendah maka manfaat praktisnya adalah meningkatkan nilai siswa.

Pada umumnya manfaat praktis tidak hanya untuk subjek bisa berguna untuk lebih dari satu. Misalnya manfaat untuk siswa, manfaat untuk guru, manfaat untuk sekolah, manfaat untuk peneliti dan masih banyak lagi. Jadi kalau kamu pikir penelitian kamu memberikan manfaat untuk banyak subjek, maka tuliskan saja semuanya.

Contoh Manfaat Penelitian

Manfaat teoritis

Hasil dari penelitian ini dapat di gunakan menjadi landasan dalam mengembangkan media pembelajaran atau penerapan media pembelajaran secara lebih lanjut. Selain itu bisa menjadi sebuah nilai tambah bagus pengetahuan ilmiah dalam bidang pendidikan di indonesia.

Manfaat praktis

  1. Bagi siswa, hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar bahasa inggris siswa kelas V MI Nurul Falah kota lampung timur 2017/2018 dengan penerapan media
  2. Bagi guru, penerapan media papan lempar dalam pembelajaran dapat mengvasilitasi siswa dalam belajar dan mempelajari materi dengan mudah dan bermakna
  3. Bagi sekolah, hasil dari penelitian penerapan media papan lebar ini akan memberikan referensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Serta sekolah dapat mendukung guru untuk menciptakan media yang lebih bervariasi lagi untuk kedepan nya
  4. Bagi peneliti, peneliti mampu menerapkan media yang sesuai dalam materi pembelajaran tertentu. Serta penelitian mempunyai pengetahuan dan wawasan mengenai materi dan media pembelajaran yang sesuai.

Oke guys, demikianlah pengertian tujuan penelitian, semoga memberi kamu informasi yang sangat membantu ya!

(Visited 8.288 times, 85 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *