Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Diposting pada

 

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Hay gays kali ini saya akan mengulas tentang pengertian tradisi menurut para ahli ya….  tentunya bukan hanya sekedar pengertian tradisinya saja ya tapi contohnya juga, agar kamu makin paham. Yuk langsung aja simak penjelasan mengenai apa sih tradisi itu dan apa saja yang ada di lakukan dalam tradisi tersebut, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari tradisi yang di bahas oleh para ahli :

Soerjono Soekamto (1990)

Menurut Soerjono Soekamto tradisi ialah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dengan secara langgeng (berulang-ulang).

WJS Poerwadaminto (1976)

Menurut WJS Poerwadaminto tradisi ialah segala sesuatu yang menyangkut kehidupan dalam masyarakat yang dilakukan secara terus menerus, seperti adat, budaya, kebiasaan dan juga kepercayaan.

Van Reusen (1992:115)

Menurut Van Reusen tradisi adalah warisan atau norma adat istiada, kaidah-kaidah, harta-harta. Tetapi tradisi bukan suatu yang tidak bisa dirubah. Tradisi justru perpaduan dengan beragam perbuatan manusia dan di angkat dalam keseluruhannya.

Bastomi (1984:14)

Menurut Bastomi tradisi adalah roh dari sebuah kebudayaan, dengan tradisi sistem kebudayaan akan menjadi kokoh. Jika tradisi di hilangkan maka ada harapan suatu kebudayaan akan berakhir saat itu juga. Setiap sesuatu yang menjadi tradisi seringkali sudah teruji tingkat efektifitasnya dan tingkat efisiensinya. Efektifitas dan efisiensinya selalu mengikuti perjalanan perkembangan unsur kebudayaan itu. Berbagai bentuk sikap dan tindakan dalam mengatasi persoalan ini jika tingkat efektifitas dan efisiennya rendah akan segera di tinggalkan oleh pelakunya dan tidak akan menjadi sebuah tradisi. Tentu saja suatu tradisi akan pas dan cocok sesuai situasi dan kondisi masyarakat yang akan mewarisinya.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI tradisi ialah adat kebiasan turun temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan oleh masyarakat; penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar.

Wikipedia

Menurut Wikipedia pengertian tradisi adalah tradisi atau kebiasaan adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu atau agama yang sama.

Hasan Hanafi

Menurut Hasan Hanafi pengertian tradisi adalah segala warisan masa lampau yang masuk pada kita dan masuk kedalam kebudayaan yang sekarang berlaku.

Funk dan Wagnalls dalam Muhaimin

Menurut Funk dan Wagnalls tradisi adalah pengetahuan, doktrin, kebiasaan, praktek dan lain-lain yang dipahami sebagai pengetahuan yang telah diwariskan secara turun-temurun termasuk cara penyampai doktrin dan praktek tersebut.

Khazanah Bahasa Indonesia

Menurut Khazanah Bahasa Indonesia pengertian tradisi adalah segala sesuatu seperti adat, kebiasaan, ajaran, dan sebagainya, yang turun temurun dari nenek moyang.

Mardimin

Menurut Mardimin tradisi ialah kebiasaan yang turun temurun dalam suatu masyarakat dan merupakan kebiasaan kolektif dan kesadaran kolektif sebuah masyarakat.

Piotr Sztompka (2011:69-70)

Menurut Piotr Sztompka pengertian tradisi adalah keseluruhan benda material dan gagasan yang berasal dari masa lalu namun benar-benar masih ada kini, belum dihancurkan, dirusak atau dilupakan.

Shils (1981:12)

Pengertian tradisi menurut Shils adalah segala sesuatu yang disalurkan atau diwariskan dari masa lalu ke masa kini. Kriteria tradisi bisa lebih dibatasi dengan mempersempit cakupannya.

Coomans, M (1987:73)

Menurut Coomans, M pengertian tradisi adalah suatu gambaran sikap dan perilaku manusia yang sudah berproses dalam watktu lama dan dilakukan secara turun temurun dimulai dari nenek moyang. Dan tradisi yang sudah membudaya akan menjadi sumber dalam berakhlak dan berbudi pekerti seseorang.

Harapandi Dahri

Menurut Harapandi Dahri pengertian tradisi adalah suatu kebiasaan yang teraplikasikan secara terus menerus dengan berbagai simbol dan aturan yang berlaku pada sebuah kominitas.

Baca Juga : 23 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Contoh Tradisi

Untuk penjelasan lebih dalam, untuk contoh tradisi yang dapat saya berikan adalah Tradisi Pasola dari Nusa Tenggara Timur. Yaitu asal dari kata “Pasola” mempunyai definisi permainan mengenai ketangkasan dalam melempar tombak tumpul atau lebing dari atas hewan kuda ke arah para lawan dalam serangkaian upacara tradisional. Tradisi Pasola ini seringkali atau di identikkan di selenggarkan di Sumba, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Waktu pelaksanaannyapun jatuh sekitar bulan Februari sampai Maret setiap tahunnya, tergantung dari penanggalan tradisional Sumba, untuk menyampaikan doa kepada Tuhan, agar panen mereka pada tahun itu bisa berhasil. Sebelum Pasola ini dimulai biasanya diawali dengan pelaksanaan adat Nyale. Adat Nyale ialah upacara yang memanjatkan rasa syukur atas anugerah yang di dapatkan, yang ditandai dengan datangnya musim panen dan cacing laut yang melimpah di pinggir pantai.

Perayaan puncak mulai enam sampai delapan hari setelah bulan purnama. Para penganut kepercayaan marapu dalam tradisi ini meyakini bahwa setiap tetes darah yang ditumpahkan (korban binatang atau terluka bahkan mati di lapangan pasola) dianggap sebagai tanda kemakmuran yang akan datang.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian tradisi menurut para ahli. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

(Visited 840 times, 6 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *