Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Toleransi, Jenis, Manfaat, Dan Contohnya

2 min read

Sobat Idpengerian.com yang budiman, di dalam kehidupan bermasyarakat sikap toleransi sangatlah di butuhkan. Terutama di negara kita, karena mengingat keberagaman suku, budaya dan adat yang di miliki negara kita ini. Oleh karena itu, disini saya akan membahas pengertian toleransi agar kita semua dapat bersama-sama untuk dapat memahaminya.

Pengertian Toleransi, Jenis, Manfaat, Dan Contohnya
Pengertian Toleransi, Jenis, Manfaat, Dan Contohnya

Pengertian Toleransi

Toleransi secara umum dapat di artikan sebagai pemberian kebebasan kepada sesama manusia atau kepada sesama warga masyarakat untuk menjalankan keyakinannya atau mengatur hidupnya dan menentukan nasibnya masing-masing, selama di dalam menjalankan. Dan juga menentukan sikapnya itu tidak bertentangan dengan syarat-syarat atas terciptanya ketertiban dan perdamaian dalam masyarakat.

Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli

beberapa ahli dan pakar yang memiliki definisi berbeda mengenai apa itu tolerasi, berikut ini pengertian toleransi menurut para ahli yaitu :

Menurut Micheal Wazler (1997)

Toleransi dapat di artikan sebagai keniscayaanya dalam ruang individu dan ruang public karena salah satu tujuan toleransi adalah membangun hidup damai atau peaceful coexistence di antara berbagai perbedaan latar belakang sejarah, kebudayaan dan identitas.

Menurut Djohan Efendy

Ia mengemukakan bahwa pengertian toleransi adalah sikap menghargai terhadap kemajemukan. Dan dengan kata lain sikap ini bukan saja untuk mengakui eksitensi dan hah-hak orang lain, bahkan lebih dari itu, terlibat dalam usaha mengetahui dan memahami adanya kemajemukan.

Baca Juga : Pengertian Hubungan Sosial

Menurut Heiler

Toleransi adalah yang di wujudkan dalam kata dan perbuatan harus di jadikan sikap menghadapi pluralitas agama yang di landasi dengan kesadaran ilmiah dan harus di lakukan dalam hubungan kerjasama yang bersahabat dengan antar pemeluk agama.

Menurut W.J.S Purwadarminta

Toleransi adalah sikap atau sifat menenggang berupa menghargai serta membolehkan suatu pendirian, pendapat, pandangan, kepercayaan maupun yang lainnya yang berbeda dengan pendirian sendiri.

Menurut KBBI

KKBI mendefinisikan bahwa toleransi adalah sifat atau sikap toleran, batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih diperbolehkan, penyimpangan yang masih bisa di terima dalam pengukuran kerja.

Menurut Dewan Ensiklopedi Indonesia

Arti toleransi dalam aspek sosial, politik, merupakan suatu sikap membiarkan orang untuk mempunyai suatu keyakinan yang berbeda. Selain itu menerima pernyataan ini karena sebagai pengakuan dan menghormati hak asasi manusia.

Menurut Ensiklopedi American

Toleransi memiliki makna sangat terbatas. Lalu ia berkonotasi menahan diri dari pelanggaran dan penganiayaan, meskipun demikian, ia memperlihatkan sikap tidak setuju yang tersembunyi dan biasanya merujuk kepada sebuah kondisi di mana kebebasan yang di perbolehkannya bersifat terbatas dan bersyarat.

Jenis-Jenis Toleransi

Toleransi Agama

Suatu hal yang paling utama yang di butuhkan dan biasanya digunakan dalam toleransi yaitu dalam beragama. Agama ini menjadi segmen penting dalam setiap kehidupan masyarakat. Dengan penuh keyakinan masyarakat melaksanakan agama, dengan terdapat perbedaan yang tidak diikuti pada toleransi ini dapat menimbulkan perpecahan dan peperangan dalam masyarakat.

Toleransi Budaya

Pengertian Budaya merupakan salah satu bentuk toleransi yang sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat, budaya yang tidak sama menyebabkan terdapat adat dan istiada yang berbeda pula. Oleh sebab itu harus terdapat regulasi yang mengatur keanekaragaman yang ada.

Satu diantara contoh aturan yang dapat disebut sebagagi regulasi toleransi dalam budaya adalah seperti terdapatnya semboyan “Masyarakat Indonesia” yang berada di Pancasila “Bhenika Tunggal Ika”. Dan tujuan dari semboyan itu adalah agar tercipta kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Toleransi Politik

Definisi dari toleransi politik merupakan bagian dari toleransi, perbedaan pilihan dalam kepemimpinan menjadi salah satu sumber masalah sosial. Dan sumber ini di sebabkan karena tidak adanya sikap saling menghargai pilihan masing-masing individu dalam masyarakat, seperti ketika pemilihan yang di lakiukan lembaga politik dalam pilihan Kepala Daerah atau bahkan dalam pilihan kepala desa.

Manfaat Toleransi

Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari sikap toleransi khususnya dalam kehidupan bermasyarakat antara lain :

  • Menciptakan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat
  • Menghadirkan rasa kekeluargaan
  • Menghindari perpecahan dan konflik
  • mengendalikan ego masing masing
  • Memunculkan rasa kasih sayang satu sama lainnya
  • Menciptakan suatu kedamaian, ketenangan dan aman.

Contoh Sikap Toleransi

  • Menghargai agama lain yang berbeda
  • Mau menghargai pendapat orang lain yang berbeda dari kita
  • Membiarkan orang menganut kepercayaannya
  • Memberi kebebasan atau tidak memaksakan / mendiskriminasi orang lain yang berbeda pendapat atau pemikirannya.
  • Dan ketika ada orang salah dalam mengerjakan sesuatu tidak melakukan bullying atau mendeskriminasinya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Pengertian Toleransi, Jenis, Manfaat, Dan Contohnya. Semoga dengan tulisan yang sederhana ini dapat memberikan manfaat untuk sobat yang membacanya. Atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih.

(Visited 1.900 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *