Pengertian Teori Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada
Loading...

Teori berasal dari bahasa latin yaitu “Theoria” yang merupakan kata benda yang secara harfiah mempunyai arti perenungan, spekuilasi atau visi. Sedangakan secara garis besar teori mempunyai arti yang berbeda-beda sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan atau konteks diskusi yang digunakan.

Secara umum teori di artikan sebagai serangkaian bagian, definisi atau dalil yang saling berhubungan dan menghadirkan sebuah pandangan sistematis tentang fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel.

Pengertian Teori Menurut Para Ahli Lengkap

Dalam sosial teori diartikan sebagai sebuah sistem dari keterkaitan atau ide-ide yang meringkas serta mengorganisasikan pengetahuan tentang dunia sosial. Sedangakan dalam ilmu pengetahuan teori di artikan sebagai model atau kerangka pikiran yang menjelaskan tentang fenomena atau fenomena sosial tertentu.

Pengertian Teori Menurut Para Ahli

Selain pengertian teori secara umum, para ahli dan pakar memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda-beda dalam mengartikan apa itu teori. Yuk langsung saja simak pengertian teori menurut para ahli berikut ini !

Menurut Manning

Teori ialah seperangkat asumsi dan kesimpulan logis yang mengaitkan satu set variable satu salam lain. Teori akan menghasilkan prediksi yang bisa di bandingkan dengan pola yang diamati.

Menurut Fawcett

Teori ialah deskripsi dari fenomena tertentu, penjelasan tentang hubungan antara fenomena atau prediksi tentang penyebab dan konsekuensi dari fenomena-fenomena lainnya.

Menurut Gardner Linzey

Sebuah teori adalah hipotesis “dugaan sementara” yang belum terbukti atau spekulasi tentang fakta bahwa itu tidak pasti.

Menurt Emory-Cooper

Teori ialah seperangkat konsep, definisi, proposisi dan variable yang berhubungan satu sama lain secara sistematis dan memiliki umum sehingga mereka dapat menjelaskan dan memprediksi fenomena “fakta” tertentu.

Menurut Kneller

Teori pertama mempunyai dua makna, bahwa itu ialah teori empiris, dalam arti bahwa sebagai hasil pengujian hipotesis dengan observasi dan eksprimen.

Menurut King

Teori ialah sekumpulan konsep yang ketika dijelaskan memiliki hubungan dan dapat diamati dalam dunia nyata.

F.M Kerlinger (dalam Rakhmat, 2004 : 6)

Teori ialah himpunan konstruk (konsep), definisi, dan preposisi yang mengemukakan pandangan sistematis tentang gejala dengan menjabarkan relasi di antara variabel, untuk menjelaskan dan meramalkan gejala tersebut.

Baca Juga : Pengertian Sistem Menurut Para Ahli Lengkap

Suyanto, 2005:34

Teori ialah seperangkat proposisi yang menggambarkan suatu gejala terjadi seperti ini. Untuk memudahkan penelitian di perlukan pedoman berfikir yaitu kerangka teori. Sebelum melakukan penelitian yang lebih lanjut seorang peneliti harus menyusun suatu kerangka teori sebagai landasan berfikir untuk menggambarkan dari sudut mana peneliti menyoroti masalah yang di pilih.

Masri Singarimbun dan Sofian effendi (1998, 37)

Dalam bukunya Metode Penelitian Sosial ia mengatakan bahwa teori adalah serangkaian asumsi, konsep, konstrak, defenisi dan preposisi untuk menerangkan suatu fenomena sosial secara sistematis dengan cara merumuskan hubungan antar konsep.

Hedriksen (1992)

Teori ialah suatu susunan hipotesis, konsep, dan prinsip pragmatis yang membentuk kerangka umum referensi untuk suatu bidang yang dipertanyakan.

Jonathan H.Turner

Teori ialah sebuah proses mengembangkan ide-ide yang membantu kita menjelaskanbagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi

Fawcett

Teori ialah suatu deskripsi fenomena tertentu, suatu penjelasan tentang hubungan antarfenomena atau ramalan tentang sebab akibat satu fenomena pada fenomena yang lain.

Stevens

Teori ialah suatu pernyataan yang isinya menyebabkan atau mengkarakteristikkan beberapa fenomena.

Littlejohn & Karen Foss

Teori ialah sebuah sistem konsep yang abstrak dan hubungan-hubungan konsep tersebutyang membantu kita untuk memahami sebuah fenomena.

Travers

Teori terdiri dari generalisasi yang di maksudkan untuk menjelaskan dan memprediksi sebuah fenomena.

Emory-Cooper

Teori ialah suatu kumpulan konsep, definisi, proposisi, dan variable yang berkaitan satusama lain secara sistematis dan telah digeneralisasikan , sehingga dapat menjelaskan danmemprediksi suatu fenomena (fakta-fakta) tertentu.

Nazir

Teori ialah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa ataukejadian.

Ismaun

Teori ialah pernyataan yang berisi kesimpulan substantis tentang keteraturan.

Siswoyo

Teori ialah seperangkat konsep dan definisi yang saling berhubungan yang mencerminkan suatu pandangan sistematik mengenai fenomena dengan menerangkan hubungan antar variable, dengan tujuan untuk menerangkan dan meramalkan fenomena.

Hoy Dan Miskel

Teori yaitu seperangkat konsep, asumsi dan generalisasi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan dan menjelaskan perilaku dalam berbagai organisasi.

Azuar Juliandi

Teori yaitu suatu pemikiran, penelaahan serta penelitian yang telah diakui keabsahannya secara ilmiah.

Merriam-Webster

Teori yaitu ide atau prinsip-prinsip umum yang berhubungan dengan fakta-fakta pada pokok persoalan.

Demikianlah pengertian tentang teori menurut para ahli. Semoga setelah membaca artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Terimakasih……..

(Visited 609 times, 10 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *