Pengertian Teks Iklan, Materi, Contoh, Jenis Beserta Tujuannya

Posted on

Materi Teks Iklan merupakan salah satu materi yang perlu di bahas pada kelas XII Bahasa Indonesia, pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang jenis-jenis iklan dan contohnya yang sangat erat kaitannya dengan teks iklan.

Pengertian Iklan
Penjelasan Teks Iklan Beserta Penjelasannya Bahasa Indonesia Untuk Kelas XII

Dalam dunia periklanan sangat penting sekali untuk mengetahui jenis iklan apa saja yang kita siapkan untuk kampanye di dunia digital maupun dunia nyata, Iklan sangat penting untuk pertumbuhan penjualan produk yang kita jual maupun jasa.

Pengertian Teks Iklan

Saat ini era internet dan gadget sangat membantu sekali untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk kepada pembeli (konsumen) dengan jangkauan yang sangat luas sekali.

Adapun pengertian teks iklan yaitu suatu media yang di buat untuk memasarkan sebuah produk apapun itu jenis produknya kepada konsumen. Sumber wikipedia

Tujuan Iklan

Teks Iklan pasti mempunyai tujuan adapun tujuannya yaitu untuk memperkenalkan barang dan jasa agar masyarakat dapat mengenali dan membeli produk yang di perkanalkan.

Sejarah Periklanan

Iklan tulis sudah mulai dikenal sejak pada zaman yunani kuno, pada zaman tersebut iklan yang berisi tentang para budak yang melarikan diri dari pemiliknya dan juga pemberitahuan tentang pertandingan gladiator.

Pada saat itu iklan hanya berupa surat tulisan biasa yang di edarkan di masyarakat luas.

Baca Juga : Pengertian Pemasaran Lengkap

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Ada beberapa syarat yang harus di penuhi dalam beriklan, disini saya telah merangkumnya menjadi 6 bagian silahkan simak di bawah ini.

1. Persuasif : Dalam beriklan haruslah mempunyai kata persuasif atau mengajak agar konsumen mengerti dan percaya kepada produk yang di tawarkan.

2. Imperatif : Kata imperatif hampir sama dengan persuasif namun ada perbedaan sedikit di dua kata tersebut, biasanya imperatif akan di awali dengan bujukan dan rayuan seperti Ikutilah, Marilah, Wujudkan, Sebaiknya dan lain sebagainya.

3. Berima : Untuk memberikan kesan kepada konsumen biasanya dalam iklan ada kata-kata yang di ulang dengan nada yang sama.

4. Kesan Positif : Dalam periklanan pasti ada persaingan, maka jangan sekali-kali menjelekkan produk lain, dalam mengiklankan suatu produk yang paling penting adalah barang atau jasa yang kita miliki mempunyai kualitas yang lebih baik dari pesaing kita.

5. Ringkas : Iklan yang ringkas akan sangat di sukai oleh konsumen, namun tidak hanya ringkas saja tapi harus jelas dan padat isinya sesuai dengan tujuannya.

6. Fakta : Atau juga di sebut dengan Bukti, kita harus mempunyai bukti yang otentik dari mulai produk, perusahaan, nomor telpon dan yang lainnya, sehingga konsumen mempercayai dengan materi iklan kita.

Macam-Macam Iklan Teks

Sebenarnya ada banyak sekali jenis iklan teks di dunia marketing, disini saya hanya akan membahas beberapa saja untuk yang lainnya bisa sobat cari di internet.

1. Iklan Baris : Sering baca koran…? nah itu salah satunya iklan baris ada di sebelah paling akhir, ada juga iklan baris yang ada di media sosial seperti facebook yang berada pada sisi kanan dashboard kalian dan media sosial lainnya.

Contoh Teks Iklan Baris
Contoh Teks Iklan Baris

2. Iklan Layanan Masyarakat : iklan jenis ini sering membahas tentang pesan sosial yang ditujukan kepada masyarakat, biasanya iklan ini beredar pada saat masyarakat sedang menghadapi suatu permasalahan tertentu.

Iklan Teks Layanan Masyarakat
Contoh Iklan Teks Layanan Masyarakat

3. Iklan Pengumuman : Iklan pengumuman ini mirip dengan iklan layanan masyarakat intinya sama yaitu mengumumkan pesan kepada khalayak ramai, biasanya iklan pengumuman ini dalam bentuk tulisan, poster, baliho dan lain sebagainya yang sering kita lihat di media televisi, radio, internet dll.

Iklan Teks Pengumuman
Contoh Iklan Teks Pengumuman

4. Iklan Niaga : Iklan yang satu ini mempunyai tujuan untuk memperkanalkan, menawarkan, mempromosikan suatu produk dari perusahaan tertentu agar masyarakat umum menngunakan produk yang di iklankan tersebut.

Iklan Niaga
Contoh Iklan Niaga

Demikian pembahasan tentang Pengertian Teks Iklan yang dapat admin beri dan jelaskan semoga dengan artikel yang kurang dari kata sempurna ini dapat membantu sobat pengunjung dan bisa bermanfaat.

(Visited 529 times, 2 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *