Pengertian Teks Eksplanasi Lengkap

Diposting pada

Hello sobat setia Idpengertian.com, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas materi mengenai Pengertian Teks Eksplanasi secara lengkap dan gamblang. Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui apa itu penjelasan tentang teks eksplanasi. Jangan takut sobat, karena kalian berkunjung pada blog yang tepat, jadi kalian bisa tahu semuanya disini. Oke, langsung saja yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks eksplanasi adalah teks yang mengandung sebuah penjelasan atau eksplanasi secara detil, rinci, dan lengkap dari suatu hal.

Pengertian Teks Eksplanasi Lengkap
Pengertian Teks Eksplanasi Lengkap

Selain itu eksplanasi berasal dari bahasa Inggris yakni dari kata Eksplanation yang artinya tindakan menerangkan atau menjelaskan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan.

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan teks yang sama seperti teks pada umumnya, teks eksplanasi memiliki ciri ciri khusus yang dapat membantu kita untuk mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk dalam teks eksplanasi atau pun tidak. Kemudian sebuah teks dapat di katakan sebagai teks eksplanasi jika teks tersebut memiliki kriteria di bawah ini :

  • Terdapat informasi yang terkandung di dalam teks bersifat fakta dan bukan merupakan rekayasa.
  • Kemudian informasi yang di sampaikan adalah informasi ilmiah atau real yang mengandung pengetahuan dan bukan merupakan karangan atau fiksi belaka.
  • Mempunyai sifat yang informatif dan membujuk pembacanya.
  • Dan di awali dengan pernyataan umum, urutan sebab dan akibat, dan terdapat interpretasi.

Baca juga : Pengertian Teks Iklan

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Berikut ini adalah 2 contoh teks eksplanasi sosial, yaitu tentang bahaya rokok dan bencana kekeringan yaitu :

Bahaya Rokok

Rokok terbuat dari tembakau yang di gulung menggunakan kertas khusus. Dan rokok juga mengandung zat nikotin dan bahan berbahaya lainnya. Untuk cara penggunaannya sendiri rokok di gunakan hanya dengan cara di bakar ujungnya lalu di hisap dari bagian pangkal hingga habis. Selain itu, rokok cukup banyak di minati, karena menurut perokok aktif terdapat sensasi tersendiri saat merokok.

Sudah banyak bahaya rokok yang di jelaskan dan di kampanyekan agar orang-orang sadar akan bahaya untuk berhenti merokok. Terlebih lagi di balik bungkus rokok juga tertulis akibat-akibat dari merokok. Dan pemerintah juga sangat menghimbau untuk tidak merokok karena merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, keguguran, masalah pernapasan, dan bau mulut. Di samping itu, merokok juga bisa membuat orang menghindar terutama bagi yang tidak menyukai asap rokok.

Dari efek negatif rokok bisa dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, memang untuk berhenti merokok sangatlah tidak mudah bahkan sangat sulit bagi perokok aktif, karena rokok mengandung senyawa yang membuat ketagihan. Tetapi jika sudah memiliki niat yang kuat dan kesadaran tinggi, sebaiknya para perokok aktif ini di dukung atas usahanya berhenti merokok.

Bencana Kekeringan

Bencana kekeringan sempat melanda Indonesia beberapa waktu lalu ketika kemarau melanda. Dan kekeringan ini merupakan fenomena alam yang seringkali terjadi apabila curah hujan sangat rendah dan di daerah yang minim jumlah pohon dan hutan. Karena adanya hutan dan pohon dapat bertindak sebagai penyimpan air. Maka dari itu, jika suatu daerah minim pohon, hal ini bisa berdampak pada kekeringan.

Di samping itu kekeringan tentu saja menyebabkan kegiatan masyarakat terganggu seperti kegiatan mencuci, memasak, mandi, dan sebagainya. Dan terutama bagi industri yang membutuhkan air cukup banyak. Karena di beberapa daerah bahkan mempercayai mitos bahwa dengan membuat asap, maka akan mengundang hujan turun. Tetapi sebenarnya untuk berjaga-jaga akan bencana kekeringan tentu saja setiap rumah harus mempunyai tempat persediaan air. Dan pada saat kekeringan warga di anjurkan untuk menghemat penggunaan air agar cukup untuk keperluan makan dan minum.

Tujuan Teks Eksplanasi

Guna untuk menjelaskan proses terciptanya sesuatu yang terjadi secara alamiah, atau proses bekerjanya fenomena alam maupun fenomena sosial yang berada. Teks eksplanasi juga memiliki tujuan, berikut diantaranya:

  1. Untuk menjelaskan fenomena yang terjadi.
  2. Kemudian menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa.

Unsur Atau Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Dalam sebuah teks ekplanasi terdapat unsur kebahasaan, dan berikut ini adalah unsur kebahasaan teks eksplanasi tersebut yaitu :

  • Yang pertama yakni Kalimat tunggal
  • Lalu yang ke dua Kalimat majemuk
  • Kemudian yang ketiga Kata ganti
  • Yang ke empat Kata modalitas
  • Selanjutnya Kata ulang
  • Dan yang terakhir Pengulangan kata

Struktur Teks Eksplanasi

Di dalam suatu teks eksplanasi mempunyai struktur yang terdiri dari pernyataan umum, di lanjutkan dengan urutan sebab akibat dan di akhiri dengan interpretasi. Dan untuk lebih memahami lagi mengenai struktur tersebut silahkan simak uraian berikut ini.

Pernyataan Umum

Struktur pernyataan umum ini berisi statemen atau pernyataan umum tentang suatu topik yang akan di jelaskan proses keberadaannya, proses terjadinya atau proses terbentuknya.

Urutan Sebab Akibat

Kenudian struktur urutan sebab akibat berisikan tentang detail penjelasan proses keberadaan atau proses terjadinya yang di sajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.

Interpretasi

Dan yang terakhir struktur interpretasi yaitu interpretasi berisi tentang kesimpulan atau pernyataan tentang topik atau proses yang di jelaskan.

Demikianlah uraian singkat mengenai pengertian teks eksplanasi secara lengkap yang saya sampaikan. Semoga dengan membaca artikel ini sobat semua dapat menambah informasi dan pengetahuan ya. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat ya sobat, dan Jangan lupa untuk share.

(Visited 153 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *