Pengertian Stopwatch, Jenis Dan Prinsipnya

Diposting pada
Loading...

Pengertian Stopwatch, Jenis Dan Prinsipnya – Sahabat Idpengertian.com pasti sudah tidak asing dengan benda yang satu ini bukan? Ya, karena hampir semua dari kita pernah melihat atau bahkan menggunakan benda ini dengan berbagai macam tujuan. Dan kebanyakan orang menggunakannya untuk mengukur waktu.  Stopwatch ini juga sering kali di gunakan dalam kegiatan semua jenis olahraga outdoor .

Tahukah kalian bahwasanya Stopwatch banyak keunggulan yang terdapat di dalamnya. Yaitu proses perhitungannya lebih cepat, setiap jenis gerakan waktunya dapat di ketahui,  biaya lebih murah, lebih praktis dalam mencatat data, dan juga lebih akurat. Nah, banyak banget ya ternyata  keunggulan dari benda kecil ini sobat.  Namun, apa sebenarnya pengertian stopwatch itu? Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Stopwatch, Jenis Dan Prinsipnya
Pengertian Stopwatch, Jenis Dan Prinsipnya

Pengertian Stopwatch

Stopwatch adalah sebuah arloji genggam yang di rancang untuk mengukur jumlah waktu yang telah berlalu dari waktu tertentu ketika di aktifkan sampai dengan stopwatch tersebut di non aktifkan. Contohnya saja menghitung berapa lama sebuah mobil dapat mencapai jarak 60 km, atau berapa waktu yang dibutuhkan seorang pelari yang dapat mencapai jarak 100 meter.

Selain itu ada sebuah versi digital yang lebih besar dari stopwatch di rancang untuk melihat di kejauhan, seperti dalam sebuah stadion olahraga, disebut stopclock. Dan fungsi dari ini secara tradisional dikendalikan oleh dua tombol pada kasus ini. Caranya dengan menekan tombol atas mulai timer berjalan, dan menekan tombol untuk kedua kalinya berhenti. Selain itu, stopwatch elektronik digital yang tersedia sekarang ini juga jauh lebih akurat dari pada alat pengukur waktu yang mekanik. Itu di karenakan mengandung microchip, stopwatch digital juga memiliki  fungsi tanggal dan waktu dan hari juga.

Semua perangkat ini di gunakan ketika periode waktu harus diukur dengan tepat dan komplikasi yang minimal. Dalam percobaan laboratorium dan acara olahraga seperti sprint adalah contoh yang baik. Dan fungsi stopwatch juga hadir sebagai fungsi tambahan pada  jam tangan digital, ponsel, pemutar musik portabel, dan komputer.

Baca Juga : Pengertian Kebugaran Jasmani

Jenis-Jenis Stopwatch

Jenis stopwatch ada dua jenis yaitu stopwatch analog dan stopwatch digital. Dan kedua stopwatch tersebut mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengukur lama waktu. Tetapi ada perbedaan yang hanya  terletak pada komponen penyusunnya dan tampilan pembacaannya.

Stopwatch Analog

Jenis stopwatch ini merupakan jenis stopwatch manual yang menggunakan jarum penunjuk sebagai penunjuk hasil pengukuran, jarum penunjuk tersebut seperti pada arloji.

Stopwatch Digital

Adalah jenis stopwatch yang menggunakan layar/monitor sebagai penunjuk hasil pengukuran. Dan waktu dari hasil pengukuran dapat kita baca hingga satuan detik.

Prinsip Kerja Stopwatch

Benda ini di rancang untuk memulainya dengan menekan tombol diatas sehingga bergerak jarumnya dan menekan kembali tombol tersebut maka jarum berhenti sehingga suatu waktu detik di tampilkan sebagai waktu yang berlalu. Lalu kemudian dengan menekan tombol yang kedua akan memasang lagi jarum stopwatch pada kondisi nol.

Stopwatch Analog

Memiliki penunjuk seperti jarum jam dan mempunyai dua buah tombol yaitu tombol star/stop dan tombol kalibrasi/ pembuat posisi nol. Suatu perhitungan waktu pada stopwatch analog ini berdasarkan gerakan mekanik. Dan sistem yang mekanik sangat sulit diubah, (ditambah atau dikurang) karena peletakan komponen -komponennya memerlukan presisi yang sangat tinggi.

Berikut ini adalah bagian-bagian stopwatch dan fungsinya yaitu :

  • Pada tombol start/stop berfungsi sebagai tombol untuk memulai pengukuran (tombol start) dan untuk mengakhiri pengukuran waktu (tombol stop). Tombol ini terletak menjadi satu.
  • Tombol kalibrasi/ pembuat posisi nol berfungsi untuk mengkalibrasi sebelum pengukuran dan pembuat posisi jarum menunjukkan angka nol. Dan stopwatch analog ini ada yang berjenis tombol start/stop dan kalibrasi/pembuat nol dipisah, ada pula yang digabung.
  • Jarum penunjuk menit berfungsi untuk menunjukkan hasil pembacaan dalam menit dan jarum penunjuk detik untuk menunjukkan hasil pembacaan dalam detik.
  • Skala pengukuran dalam menit dan dalam detik merupakan ruas atau selang antara detik dengan satu detik diatasnya atau dibawahnya, ruas atau selang antara menit dengan satu menit diatasnya atau dibawahnya.

Berikut adalah prinsip kerja stopwatch analog yaitu :

  • Pada saat tombol start ditekan penahan pegas pertama akan terbuka sehingga gerigi berputar dan pegas pertama akan terkalibrasi secara periodik. Sehingga jarum bergerak.
  • Kemudian pada saat yang sama pegas kedua tertekan sehingga tercipta kombinasi kerja secara mekanik. Jarum akan berhenti dan menunjukkan waktu yang telah dilalui sejak penekanan pegas pertama.
  • Dan pada saat kalibrasi penekan pegas akan membuat pegas kedua terkalibrasi sehingga pegas pertama kembali tertekan seperti semula. Dan jarum kembali ke posisi nol.
Stopwatch Digital

Adalah suatu jenis stopwatch yang menggunakan layar atau juga monitor sebagai penunjuk hasil pengukuran, seperti jam digital yang dimana perhitungan waktu berdasarkan perhitungan elektronik. Selain itu juga, stopwatch digital otomatis peka terhadap cahaya dan dapat di buat dengan menggunakan sensor cahaya sebagai saklar elektronik untuk menentukan awal dan akhir pencatatan rangkaian pencacah digital dengan ketelitian 0,0001 sekon. Maka dengan stopwatch digital otomatis peka cahaya dapat di lakukan suatu pengukuran waktu tempuh pelari dengan ketelitian dan ketepatan yang dapat di andalkan. Satu hal yang perlu di ketahui oleh pengguna bahwa stopwatch baik digital maupun analog sama-sama mengunakan baterai tetapi ada pula yang menggunakan energy surya.

Berikut ini adalah bagian-bagian dan fungsi dari stopwatch digital yaitu :

  • Layar/monitor sebagai media penampilan pembacaan atau hasil pengukuran secara elektrik berupa angka-angka.
  • Kemudian tombol start/stop untuk memulai pengukuran (tombol start) dan untuk mengakhiri pengukuran (tombol stop).
  • Lalu tombol kalibrasi sebagai tombol untuk mengkalibrasi ke angka nol.
  • Dan pada stopwatch digital ada juga stopwatch yang terdapat tombol untuk mereplay hasil pengukuran yang telah dilakukan.

Lalu untuk cara kerja stopwatch digital dimulai saat tombol dalam keadaan ON arus dari sumber tegangan (batere) energi surya akan mengalir ke komponen-komponen elektronik dalam stopwatch digital. Lalu komponen-komponen elektronik tersebut yang melakukan perhitungan waktu dan menampilkannya dalam monitor dalam bentuk angka digital.

Prosedur Penggunaan Stopwatch

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam penggunaan stopwatch yaitu :

  • Menyiapkan stopwatch yang akan digunakan untuk mengukur.
  • Memastikan bahwa keadaan stopwatch dalam keadaan nol atau telah terkalibrasi.
  • Menekan tombol start untuk memulai pengukuran waktu.
  • Menekan tombol stop untuk mengakhiri pengukuran waktu.
  • Membaca hasil pengukuran.
  • Lalu untuk mengulangi pengukuran maka menekan tombol start/stop 1 kali dan jarum akan kembali ke nol kemudian tekan tombol start lagi untuk melakukan pengukuran kembali dan stop untuk mengakhiri.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian Stopwatch yang saya sajikan untuk sahabat Idpengertian semua. Semoga dengan tulisan yang sederhana ini dapat bermanfaat dan menambah referensi sahabat yang membacanya ya, terima kasih sudah membaca artikel kami.

“Pengertian Stopwatch, Jenis Dan Prinsipnya”

(Visited 7.395 times, 18 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *