Rofiana Fika Sari Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli Lengkap

3 min read

Hay gays jumpa lagi dengan saya di IDPengertian.com. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi tentang pengertian sistem. Bukan hanya menurut umum saja ya gays tetapi pengertian menurut para ahli juga nih. Yuk dari pada penasaran langsung aja simak penjelasan di bawah ini !

Pengertian Sistem

Kata sistem berasal dari bahasa Latin yaitu systēma dan bahasa Yunani sustēma yang artinya suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi di mana suatu model matematika seringkali bisa di buat.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem adalah kumpulan unsur-unsur yang bergabung menjadi satu kesatuan dan memiliki tujuan yang sama. Unsur-unsur dalam sistem tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain untuk memudahkan arus informasi agar dicapai suatu tujuan bersama. Di dalam sistem terdapat unsur-unsur penggeraknya sehingga penggerak tersebut saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang di inginkan.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Selain pengertian sistem secara umum, para ahli dan pakar mempunyai pandangan dan pendapat yang berbeda-beda dalam mendefinisikan apa itu sistem. Yuk langsung saja simak pengertian sistem menurut para ahli berikut ini !

Menurut Harijono Djojodihardjo

Sistem adalah gabungan obyek yang mempunyai hubungan secara fungsi dan hubungan antara setiap ciri obyek, secara keseluruhan menjadi suatu kesatuan yang berfungsi.

Menurut L. James Havery

Sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

Menurut C.W. Churchman

Sistem merupakan seperangkat bagian-bagian yang di koordinasikan dengan selaras dan harmonis untuk melaksanakan seperangkat pada tujuan.

Menurut Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler

Sistem ialah sebuah rangkaian yang saling terkait antara beberapa bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian/sub bagian terganggu, maka bagian yang lainnya ikut merasakan ketergangguan tersebut.

Menurut Musanef

Sistem ialah suatu sarana yang menguasai pekerjaan dan keadaan agar mampu menjalankan tugas dengan teratur.

Menurut Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan

Pengertian sistem ialah serangkaian komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Pilecki

Sistem ialah sekumpulan objek dan menghubungkan objek itu dengan atributnya atau dengan kata lain, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari sejumlah bagian-bagian, atribut dari bagian dan hubungan antara bagian dengan atribut.

Menurut Jerry Futz Gerald

Sistem ialah sebuah jaringan kerja daripada prosedur – prosedur yang saling berkaitan, berkumpul secara bersama – sama agar bisa beroperasi sebuah kegiatan atau menyelesaikan tujuan tertentu.

Menurut John Mc Manama

Sistem ialah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.

Menurut Hanif Al Fata

Definisi sistem ialah kumpulan dari bagian-bagian yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama atau sekumpulan objek-objek yang saling berelasi dan berinteraksi.

Menurut Jogiyanto

Pengertian sistem ialah gabungan dari berbagai elemen yang berhubungan dan berinteraksi untuk menyelesaikan tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan kejadian- kejadian dan kesatuan obyek nyata. Contohnhya, tempat, benda, dan orang – orang yang benar- benar ada dan nyata.

Baca Juga : Pengertian Sistem, Jenis, Unsur, Elemen Dan Contohnya

Menurut Arifin Rahman

Sistem ialah sekumpulan beberapa pendapat (Collection of opinions), prinsip-prinsip, dan lain-lain yang telah membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan antar satu sama lain.

Menurut McLeod

Arti sistem ialah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Menurut Lucas

Sistem ialah suatu himpunan komponen atau variabel yang teroraganisasi, saling berinteraksi, saling bergantungan satu sama lain dan terpadu.

Menurut Colin Cherry

Sistem ialah suatu keseluruhan yang telah dibentuk dari berbagai macam bagian atau suatu assambel dari berbagai macam sifat dan bagian-bagian tersebut.

Menunut Prajudi

Definisi sistem ialah suatu jaringan dari beberapa prosedur yang saling memiliki keterkaitan satu sama lain berdasarkan pola atau skema yang bulat untuk menggerakkan suatu fungsi yang utama dan suatu urusan ataupun usaha.

Menurut W.J.S Poerwadarminta

Sistem ialah sekelompok bagian atua alat dan sebagainya yang saling bekerjasama untuk bisa melakukan suatu maksud.

Menurut Salisbury

Pengertian sistem ialah sekelompok bagian atau komponen-komponen yang bekerja sama sebagai suatu kesatuan fungsi.

Menurut Sukarna

Definisi sistem ialah suatu kumpulan fakta, pendapat, kepercayaan dan lain-lain yang tersusun dalam suatu cara yang teratur, semisal sistem filsafat.

Menurut Simatupang

Pengertian Sistem ialah sebagai suatu kesatuan yang rumit atau kompleks dimana dibentuk oleh beberapa bagian yang senantiasa berbeda-beda yang masing-masing terikat pada rencana sama atau kontribusi supaya dapat mencapai tujuan bersama.

Menurut Voich dan Shrode

Pengertian sistem ialah suatu kumpulan unsur atau bagian yang saling berhubungan, saling bergantung dan bekerja sama untuk bisa mencapai tujuan tertentu dalam lingkungan yang utuh dan kompleks.

Menurut Edgar F. Huse dan James L. Bowdict

Sistem ialah suatu seri atau rangkaian beberapa bagian yang berhubungan dan bergantung sedemikian rupa, hingga menimbulkan interaksi dan saling pengaruh.

Menurut O’brien

Sistem ialah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.

Menurut Bertalanffy

Sistem ialah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.

Menurut Djekky R. Djoht

Sistem ialah agregasi atau pengelompokan objek-objek yang dipersatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau saling tergantung, sekelompok unit yang berbeda, yang di kombinasi yang sedemikian rupa oleh alam atau oleh seni sehingga membentuk suatu keseluruhan yang integral yang berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.

Menurut L. Ackof

Sistem ialah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.

Menurut Azhar Susanto

Sistem ialah kumpulan/group dari sub sistem/bagian/komponen apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu.

Menurut Umar Fahmi Achmadi

Sistem ialah tatanan yang menggambarkan adanya rangkaian berbagai komponen yang memiliki hubungan serta tujuan bersama secara serasi, terkoordinasi yang bekerja atau berjalan dalam rangka waktu tertentu dan terencana.

Menurut Mulyadi

Sistem pada dasarnya ialah sekelompok unsur yang erat berhubungan antara satu dengan yang lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Andri Kristanto

Pengertian sistem ialah suatu jaringan kerja dari prosedur yang saling berkaitan, berkumpul bersama untuk dapat melakukan aktivitas atau menyelesaikan suatu target tertentu.

Demikanlah penjelasan tentang pengertian sistem menurut para ahli. Semoga bermanfaat untuk kalian. Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa baca artikel yangt lainnya juga ya.

(Visited 308 times, 1 visits today)
Loading...
Rofiana Fika Sari Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *