Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Sistem, Jenis, Unsur, Elemen Dan Contohnya

3 min read

Hay sobat semua, jumpa lgi di Idpengertian.com, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas materi mengenai  pengertian sistem. Tapi bukan hanya pengertian saja, karena selain pengertian sistem secara umum ada juga pengertian menurut para ahli dan masih banyak lagi. Simak pembahasannya lebih lanjut di bawah ini.

Pengertian Sistem, Jenis, Unsur, Elemen Dan Contohnya
Pengertian Sistem, Jenis, Unsur, Elemen Dan Contohnya

Pengertian Sistem

Sistem secara Umum adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Dan istilah ini sering di pergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Menurut R. Fagen dan A. Hall

Pengertian Sistem adalah kumpulan dari objek yang mempunyai suatu hubungan antara masing-masing obyek termasuk hubungan mengenai sifat-sifat yang mereka miliki.

Menurut Sumantri

Definisi sistem menurut Sumantri adalah sekelompok bagian dimana bagian tersebut saling mengisi dan bekerjasama dalam menjalankan maksud tertentu. Adan apabila salah satu sistem sedang terganggu atau mengalami suatu kerusakan maka akan berpengaruh terhadap sistem yang lainnya. Maka keseluruhan bagian tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Menurut Arifin Rahman

Ia menyebutkan mengenai apa itu sistem. Dan menurut Arifin, sistem berarti kumpulan pendapat, prinsip, dan unsur lain yang sudah mempunyai bentuk sebagai kesatuan yang berhubungan.

Menurut Prajudl

Sistem merupakan Jaringan yang terdiri dari prosedur-prosedur yang saling terikat antara prosedur yang satu dengan prosedur yang lainnya. Dan keterikatan tersebut di dasarkan oleh pola yang bulat yang dapat menggerakkan fungsi utama maupun urusan.

Baca Juga : Pengertian Sistem Ekonomi Tradisional

Menurut Indrajit

Pengertian Sistem adalah suatu perkumpulan komponen yang saling memiliki hubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

Menurut Colin Cherry

Ia menyebutkan bahwa sistem adalah keseluruhan yang di bentuk oleh berbagai bagian atau assambel yang berasal dari berbagai sifat serta bagian-bagiannya.

Menurut Jogianto

Suatu gabungan banyak elemen yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi dalam menyelesaikan suatu tujuan tertentu. Dan jogianto menyatakan bahwa dapat digambarkan sebagai suatu kejadian yang nyata berupa manusia, benda, atau orang yang nyata.

Menurut Lani Sidharta

Dari kumpulan beberapa unsur dimana unsur tersebut saling berkaitan bersama dan beroperasi dalam mencapai suatu tujuan sama.

Menurut Murdick, R.G

Pengertian Sistem adalah suatu kumpulan elemen yang di dalamnya terdapat prosedur yang di gunakan dalam rangka mencari suatu tujuan bersama melalui cara pengoperasian barang dan data pada saat tertentu. Dan cara ini di tujukan untuk mendapatkan data atau informasi yang di inginkan.

Menurut Pamudji

Pada suatu keseluruhan yang terorganisir atau suatu kebulatan yang kompleks. Dan pamudji juga menyatakan bahwa sistem merupakan suatu paduan himpunan dari berbagai hal sehingga membentuk suatu keseluruhan yang utuh. Pada keseluruhan yang utuh tersebut mencakup di dalamnya yaitu terdapat berbagai macam komponen yang termasuk sistem. Dan sistem tersebut memiliki fungsi masing-masing dan berkaitan antara satu sistem bersama dengan sistem yang lainnya dalam mencapai tujuan.

Menurut Harijono Djojodihardjo

Definisi dari sistem adalah gabungan suatu obyek yang mempunyai hubungan baik dari segi fungsi maupun hubungan tiap-tiap ciri-ciri obyek yang dengan keseluruhan menjadi kesatuan yang mempunyai fungsi.

Jenis-Jenis Sistem

Berikut ini adalah 2 jenis kategori sistem yaitu :

Berdasarkan Keterbukaan

  • Sistem terbuka, yaitu suatu sistem yang dapat di pengaruhi oleh pihak luar karena adanya akses terbuka.
  • Dan Sistem tertutup, adalah suatu sistem yang tidak di pengaruhi oleh pihak luar karena aksesnya tertutup.

Berdasarkan Komponen

  • Suatu sistem fisik dan sistem non fisik

Unsur Unsur Sistem

  • Adanya kumpulan objek
  • Andanya hubungan atau interaksi antara unsur-unsur atau elemen-elemen.
  • Terdapat sesuatu yang mengikat unsur-unsur tersebut menjadi suatu satu kesatuan.
  • Ada pada suatu lingkungan yang utuh dan kompleks.
  • Terdapat tujuan bersama (output) sebagai hasil akhirnya

Elemen yang Membentuk Sistem

  • Objek, merupakan bagian, elemen atau variabel. Ia dapat berupa benda fisik, abstrak atau keduanya.
  • Atribut, merupakan penentu kualitas atau sifat kepemilikian sistem dan objeknya.
  • Hubungan internal, merupakan penghubungan diantara objek-objej yang terdapat dalam sebuah sistem.
  • Lingkungan, merupakan tempat dimana sistem berada.
  • Tujuan, Setiap sistem memiliki tujuan dan tujuan inilah yang menjadi motivasi yang mengarahkan sistem.
  • Elemen Masukan, adalah sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses.
  • Lalu elemen proses, Bagian yang melakukan perubahan dari masukan menjadi keluaran.
  • Keluaran, adalah hasil dari proses. Pada sistem informasi berupa informasi atau laporan, dll.

Contoh Sistem

Contoh Sistem informasi dalam kehidupan sehari hari :

  • Suatu sistem layanan atau informasi akademis yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester. Dan dengan adanya layanan sistem informasi ini, sangat memudahkan mahasiswa dalam setiap kepentingannya, ketika mengisi KRS kita tidak harus berangkat ke kampus hanya untuk mengisi KRS saja. Disini kita sudah bisa mengakses lewat internet sehingga bisa di akses dimana saja sekalipun kita sedang berada di luar kota. Dan semua informasi bisa kita dapatkan disini, mulai dari rekap nilai kita dalam setiap semester, kemudian pendaftaran-pendaftaran seperti KKN, wisuda, dll.
  • Pada sistem pemesanan tiket secara online, misalnya pemesanan tiket kereta atau pesawat. Dan melalui sistem informasi ini kita tidak harus lagi cape antri di loket untuk membeli tiket, kita cukup buka internet kemudian melakukan transaksi untuk pembelian atau pemesanan tiket yang dan kita perlukan sehingga menghemat waktu juga hemat tenaga dan meminimalisir kemungkinan kehabisan tiket.
  • Kegiatan Video Call, dengan sistem ini komunikasi kita dengan kerabat, teman, atau siapa saja menjadi lebih mudah baik itu yang di luar negeri sekalipun, kita dapat melakukan Video Call dengan menggunakan aplikasi seperti SKYPE, IM Messengger, Smartphone, dll dengan koneksi internet atau pulsa.
  • Suatu sistem SMS Banking dan Internet Banking, SMS Banking adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon Selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service). Dan SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening,pembayaran (kartu kredit), dan pembelian (pulsa isi ulang). Itu biasanya kita harus ke Bank atau ATM untuk meregistrasi sistem ini.

Demikianlah pembahasan materi mengenai Pengertian Sistem, Jenis, Unsur, Elemen Dan Contohnya. Semoga dapat menambah referensi dan juga dapat bermanfaat ya sobat, terima kasih.

(Visited 1.818 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *