Pengertian Sholat Taubat, Tata Cara, Niat Dan Do’a Lengkap

Diposting pada

Apa yang dimaksud dengan sholat Taubat? sholat Taubat adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebagai taubat kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Dan merupakan bentuk ungkapan penyesalan kita kepada Allah dan sebagai pernyataan bahwa dirinya akan kembali kepada ketaatan dan tidak akan melakukan perbuatan dosa lagi.

Pengertian Sholat Taubat

Tata Cara Sholat Taubat

Tata cara shalat taubat sama dengan shalat sunah lainnya, yaitu dilakukan setiap dua rakaat sekali salam, dan boleh dilakukan dua rakaat, empat maupun enam rakaat.

Berikut ini urutan shalat taubat :

  • Niat shalat taubat
  • Takbiratul ikhramn
  • Membaca doa iftitah (sunnah)
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Melafalkan surat dari Al-Quran
  • Ruku’ (membaca tasbih ruku’ tiga kali)
  • I’tidal
  • Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali)
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan diatas
  • Tasyahud akhir
  • Salam
  • Berdoa mohon ampunan.

Baca Juga : Macam-Macam Sholat Sunnah

Niat Sholat Taubat

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

(Ushalli sunnatat taubati rk’ataini lillahi ta’alaa)

“Aku berniat shalat taubat dua rakaat karena allah taala”

Doa Sholat Taubat

Adapun doa Taubat InsyAllah mustajabah silahkan dimak di bawah ini !

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِىْ لَااِلَهَ اِلّاَهُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمِ لَايَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّاوَلاَ نَفْعًا وَلَامَوْتاً وَلَاحَيَاةً وَلَانُشُوْرًا

“Saya memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, saya mengakui bahwa tiada Tuhan yang berhak di sembah selain Allah dzat yang Maha Hidup Kekal Abadi dan secara terus menerus mengurus makhluknya tanpa pernah berhenti. Aku bertaubat kepada Allah selaku taubatnya seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak memiliki daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.”

Doa taubat diatas secara makna sangat mewakili dari perasaan tersebut. Namun cara bertaubat bukan hanya sekedar membacanya saja, namun juga dari perasaan hati yang terdalam. Dan yang seharusnya apa yang dirasa oleh hati adalah sebagaimana makna doa diatas.

Waktu Sholat Taubat

Shalat taubat merupakan shalat mutlak yang dapat dikerjakan kapan saja. Siang maupun malan]m, kecuali waktu yang dilarang melakukan shalat sunnah.

Namun yang lebih tepatnya waktu shalat sunnah taubat yaitu segera mungkin setelah menyadari ada kesalahan atau dosa yang diperbuat baik disengaja atau tidak.

Keutamaan Sholat Taubat

Ternyata banyak sekali keutamaan shalat sunnah taubat, diantaranya adalah sbagai berikut :

Mendapatkan pahala shalat sunnah banyak

Keistimewaan shalat taubat menurut hadis pertama adalah mendapatkan pahala yang banyak karena kamu telah mengerjakan dan menghidupkan apa yang menjadi sunnah nabi.

Akan diampuni dosa-dosanya

Hikmah melakukan shalat taubat adalah akan diampuni dosa-dosanya oleh allah SWT, asalkan bertaubat secara serius dan tidak melakukan perbuatan dosa itu lagi. Seperti hadis nabi yang artinya “Tidaklah seorang hamba melakukan dosa, lalu dia bersuci (wudhu) dengan baik, kemudian berdiri untuk mengerjakan shalat dua rakaat, lalu memohon ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuni semua dosanya, lalu baginda Rasulallah membaca surat Ali Imran pada Ayat 135” (H.R. At Tirmidzi, Ibnu Majah Dan Abu Daud).

Akan dimudahkan segala sesuatu

Manfaat melakukan shalat taubat selanjutnya adalah di mudahkan segala sesuatunya oleh Allah SWT seperti firman Allah dalam Al Quran Surat Nuh Ayat 10-12 yang berbunyi : ” Maka Aku katakan kepada mereka, mohonlah ampun kepada Tuhan mu, karena sesungguhnya Dia maha pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. dan memperbanyakkan harga dan anak-anakmu dan mengadakan untuk mu kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya untukmu sungai-sungai.”

Ditinggikan derajatnya oleh Allah

sedangkan untuk keajaiban shalat taubat menurut hadis shahih yang selanjutnya adalah akan ditinggikannya derajatnya oleh Allah SWT, karena telah memperbanyak sujud dengan melakukan shalat taubat dan shalat sunnah yang lainnya. seperti sabda nabi SAW : “hendaklah kamu memperbanyak sujud kepada Allah karena tidaklah kamu memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan akan menghapuskan dosanya.” (H.R.Muslim, No. 488)

Demikianlah pembahasan tentang pengertian sholat taubat, tata cara, niat dan do’anya, semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu semua.

(Visited 481 times, 2 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *