Pengertian Sepak Bola, Sejarah Serta Teknik-Teknik Sepak Bola

Posted on

Permainan sepak bola merupakan permainan beregu, yang dimainkan oleh dua kelompok, dan masing-masing kelompok terdiri dari sebelas pemain. Sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola untuk memasukkan bola tersebut kedalam gawang lawan. Bola harus bulat, dan bagian luar dari bola harus dibuat dari kulit atau bahan lain yang di perkenankan.

Pengertian Sepak Bola

Sepak Bola berasal dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Sepak artinya menendang, sedangkan bola adalah alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya. Dalam permainan sepak bola, bola disepak atau tendang oleh para pemain kian kemari.

Pengertian Sepak Bola, Sejarah Serta Teknik-Teknik Sepak Bola

Tujuan dari permainan sepak bola ialah memasukan bola ke gawang lawan. Tim yang berhasil mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan maka dia menjadi pemenangnya.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Olahraga sepak bola sudah banyak dimainkan sejak abad ke-2 dan ke-3 SM di daerah Tiongkok atau Cina. Pada masa Dinasti Han, masyarakat biasanya menggiring bola kulit dengan cara menendangnya ke dalam jaring kecil. permainan serupa juga banyak di temui di Jepang yang disebut sebagai Kemari.

Di belahan bumi lainya, khususnya negara Italia, permainan menendang dan membawa bola kesana kemari ini baru digemari pada abad ke-16. Sedangkan sepak bola modern sendiri baru berkembang di Inggris pertama kali dengan diikuti penentuan berbagai macam peraturan dasar yang berdampak pada banyak orang yang mulai menfavoritkannya karena dianggap seru dan menarik.

Dalam beberapa kompetisi, olahraga sepak bola menimbulkan reaksi keras karena menimbulkan kekerasan diantara masyarakat sehingga sampat dilarang pada tahun 1935-an oleh Raja Edward III. Begitu juga dengan Raja James I dari Skotlandia yang juga mendukung larangan bermain sepak bola ini. Akan tetapi, pada tahun 1815 terjadi perkembangan besar yang menjadikan olahraga ini populer di kalangan sekolah dan universitas.

Pada tahun 1869 silam, aturan membawa bola sepak bola menggunakan tangan di berlakukan. Selama tahun 1800-an, sepak bola banyak di sebar luaskan oleh para pedagang, pelaut, dan juga tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Sampai pada tahun 1904, FIFA di bentuk sebagai asosiasi yang menaungi olahraga sepak bola ini. Dan pada awal tahun 1900-an di gelar berbagai macam kompetisi sepak bola di berbagai belahan dunia.

Baca Juga : Pengertian Bulu Tangkis, Sejarah, Ukuran Lapangan, Teknik, dan Perlengkapannya

Lapangan permainan

Ukuran lapangan yang digunakan untuk pertandingan internasional dewasa, mempunyai panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat yang berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter.

Di bagian depan dari gawang ada area penalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini adalah batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidak.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Durasi Pertandingan

Pertandingan olahraga sepak bola berlangsung selama 2 x 45 menit diselingi waktu istirahat 15 menit. Dan durasi pertandingan tidak dihitung dalam kasus pergantian pemain, pemain cidera dan harus dibawa keluar lapangan, dan kasus-kasus lainnya.

Jumlah Pemain Sepak Bola

Pertandingan dimainkan oleh dua regu yang masing-masing terdiri atas 11 pemain, pergantian pemain maksimal 3 orang dari suatu pertandingan. Dan dalam pertandingan lain, penggantian bisa dilakukan sampai 5 orang pemain, pemain bisa bertukar posisi dengan penjaga gawang, asalkan mendapat persetujuan wasit sewaktu pertandingan sedang berhenti atau bola mati.

Teknik-Teknik Dasar Sepak Bola

Teknik dasar sepak bola terdiri berbagai macam-macam gerakan. Keahlian seseorang dalam memainkan bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Teknik dasar permainan sepak bola bisa dibedakan sebagai berikut :

Teknik Tanpa Bola

Yaitu menggunakan Teknik badan. Teknik badan ialah cara pemain menguasai gerak tubuhnnya dalam permainan, yang menyangkut cara berlari, cara melompat dan cara gerak tipu badan.

Teknik dengan Bola

Berikut ini ada beberapa latihan menggunakan bola antara lain :

Teknik Menahan Bola

Ada tiga macam jalannya bola, yang masing-masing membutuhkan cara tersendiri untuk menahannya. Yang pertama bola menyusur tanah (ground ball), kedua bola memantul (bouncing ball) dan yang ketiga bola tinggi.

Teknik menahan bola yaitu : Menahan bola menyusur tanah dengan kaki bagian dalam dan dengan telapak kaki, Menahan bola memantul dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, telapak kaki, dengan perut, Menahan bola di udara tanpa jatuh ke tanah dengan kaki bagian dalam , paha, dada, kepala dan dengan punggung kaki.

Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Pada umumnya, dribbling dilakukan dengan tiga cara, yaitu : Menggiring bola dengan kaki bagian dalam, dengan kaki bagian luar, dan Menggiring bola dengan punggung kaki.

Teknik Menendang Bola

Menendang merupakan faktor yang terpenting dan utama dalam permainan sepak bola. Untuk menjadi seorang pemain sepak bola yang sempurna, seorang pemain mengembangkan kemahirannya menendang dengan menggunakan kedua belah kakinya. Sebenarnya menendang adalah seni. Teknik ini memerlukan kemampuan mengukur jarak dan arah. Oleh karena itu, seorang pemain yang hendak menendang bola harus bisa mengukur sejauh manakah tendangannya dapat dicapai dan ke arah manakah bola itu hendak dituju.

Demikianlah sekitar tentang pengertian olahraga sepak bola. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu semua….

(Visited 4 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *