Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Diposting pada

Seni tari merupakan salah satu budaya yang khas untuk Indonesia, karena Indonesia memiliki berbagai macam seni tari dari berbagai daerah. Maka marilah kita lestarikan kebudayaan yang telah turun temurun terjaga dengan baik. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian seni tari menurut para ahli. Yuk  langsung saja simak penjelasan berikut ini !

Sejarah Seni Tari

Sejak dulu, seni tari mempunyai peran penting dalam upacara kerajaan dan upacara masyarakat di Indonesia. Bisa dilihat dari perkembangan seni dari dari zaman ke zaman.

Seni tari di Indonesia mempunyai sejarah yang panjang mulai dari zaman prasejarah, zaman Indonesia – Hindu, zaman Indonesia–Islam, zaman penjajahan, dan zaman setelah Indonesia merdeka.

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli
Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Zaman Prasejarah

Sebelum lahirnya kerajaan-kerajaan di Indonesia, bangsa primitif di Indonesia percaya akan daya magis dan sakral dari seni tari. Berbagai tarian tercipta berdasarkan kepercayaan tersebut.

Beberapa tarian yang di ciptakan ialah, tari kesuburan tanaman, tari hujan, tari eksorsisme, tari kebangkitan, tari perburuan, tari perang, dan lainnya.

Tarian tersebut di ciptakan dengan menirukan gerakan alam dan bersifat imitatif. Contohnya seperti menirukan gerakan binatang yang akan di buru. Seni tari pada zaman prasejarah umumnya dilakukan berkelompok.

Zaman Indonesia Hindu

Pada zaman ini, seni tari kebanyakan di pengaruhi oleh budaya dan peradaban India yang di bawa oleh para pedagang. Penyebaran agama Hindu dan Budha menjadi faktor utama kemajuan seni tari pada zaman itu.

Para ahli sejarah percaya bahwa pada zaman Indonesia Hindu, seni tari mulai mempunyai standardisasi dan patokan. Hal ini di karenakan adanya literatur seni tari karangan Bharata Muni dengan judul Natya Sastra. Buku ini membahas tentang unsur gerak tangan mudra yang terdiri dari 64 motif.

Zaman Indonesia Islam

Seni tari pada permulaan zaman Indonesia Islam hanya di lakukan oleh orang-orang yang datang dari luar seperti Sudan, Ethiopia, dan lain-lain. Menari umumnya di lakukan pada sebuah hari raya atau hari gembira lainnya.

Di bawah perjanjian Giyanti, pada tahun 1755 kerajaan Mataram Islam dibagi menjadi dua bagian yaitu, Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kasunanan Surakarta.

Kedua kerajaan itu mulai mengembangkan identitas diri mereka melalui karya seni tari yang di hasilkan. Kedua kerajaan itu menghasilkan karya tari dengan gerakan dan penampilan yang berbeda sebagai identitas masing-masing kerajaan.

Zaman Penjajahan

Walaupun pada masa penjajahan seni tari di Indonesia mengalami kemunduran dan tidak berkembang sama sekali karena suasana peperangan dan penjajahan, tetapi seni tari dalam istana masih terpelihara secara baik.

Namun seni tari hanya di lakukan untuk acara-acara penting seperti penyambutan tamu raja, perkawinan, dan penobatan raja baru.

Salah satu karya tari yang terinspirasi perjuangan rakyat pada zaman penjajahan ialah tari Prawiroguno. Tari Prawiroguno ialah seni tari tradisional asal Jawa Tengah yang menggambarkan prajurit Indonesia sedang berlatih dengan membawa senjata dan tameng sebagai alat melindungi diri.

Zaman Setelah Merdeka

Setelah Indonesia merdeka, fungsi seni tari dalam masyarakat mulai berjalan lagi. Seni tari kembali digunakan untuk upacara adat dan upacara keagamaan.

Seni tari sebagai hiburan juga terus berkembang.

Sekarang sudah banyak sekolah-sekolah dan tempat kursus yang mengajarkan seni tari sebagai salah satu mata pelajarannya. Dan sudah mulai banyak penggemar seni tari modern seperti dansa, tari balet, break dance di Indonesia.

Unsur Seni Tari

Seni tari meliputi gerakan ritmis yang mengikuti alunan irama dan musik tertentu. Berdasarkan definisi tersebut, maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa seni tari mempunyai unsur-unsur pembangun, di antaranya adalah:

Ragam Gerak

Gerakan adalah unsur utama yang terdapat pada seni tari. Gerakan seni tari haruslah mengandung nilai estetika yang mampu menuangkan emosi dan ekspresi jiwa manusia.

Anggota tubuh yang biasa digerakkan dalam tarian adalah anggota tubuh atas, tengah, dan bawah. Anggota tubuh atas umumnya terdiri dari kepala, mata, dan raut wajah, sedangkan anggota tubuh tengah meliputi lengan atas, ruas jari, dan telapak tangan. Sementara, bagian bawah meliputi bagian kaki.

Iringan

Tarian bisa diiringi dengan alunan musik yang berasal dari instrumen atau bisa juga berasal dari suara-suara yang muncul dari anggota tubuh.

Iringan musik yang berasal dari tubuh penari bisa kita temui pada Tari Kecak, serta Tari Saman.

Pakaian

Pakaian juga memainkan peran yang tidak kalah pentingnya dari gerakan dan iringan musik. Kostum tarian umumnya mencerminkan kebudayaan dan daerah asal tarian.

Oleh karena itu, kostum tarian harus mampu menunjukkan nilai estetika untuk menunjang tarian yang akan di tampilkan.

Kostum tarian yang umumnya digunakan dalam upacara biasanya cenderung lebih sederhana dari kostum tarian hiburan. Kostum tari hiburan di rancang lebih menarik karena sifatnya yang lebih kasual dan di rancang agar bisa menarik perhatian para penonton.

Fungsi Seni Tari

Seni tari juga mempunyai fungsi atau manfaat bagi manusia. Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari seni tari, yaitu :

  • Sarana Hiburan, Fungsi utama dalam seni tari ialah sebagai sarana hiburan. Semua jenis tari yang ada pastilah mempunyai tujuan untuk hiburan meski ada tujuan lain selain hiburan.
  • Sebagai Upacara, Banyak seni tari yang digunakan untuk sarana upacara. Baik itu upacara keagamaan, upacara kenegaraan, ataupun upacara adat. Biasanya seni tari yang digunakan untuk upacara mempunyai aturan yang baku.
  • Alat Untuk Bergaul, Karena seni tari itu pasti melibatkan beberapa orang. Hal itu bisa menjalin tali persaudaran. Oleh sebab itu seni tari dapat digunakan sebagai alat untuk bergaul.
  • Media Pendidikan, Tarian dapat dimanfaatkan untuk media belajar bagi anak-anak untuk menuju kedewasaan melalui pesan yang disampaikan dari setiap gerakan tari.
  • Sarana Pertunjukan, Seni tari sebagai pertunjukan berfokus pada segi konsep, artistik, interpretasi, tema, tujuan, serta ide.
  • Katarsis, Maksutnya ialah seni dapat digunakan untuk membersihkan jiwa. Biasanya fungsi ini di lakukan oleh para seniman yang memiliki penghayatan yang dalam tentang seni tari.
  • Alat Terapi, Seni tari juga bisa berfungsi sebagai alat terapi bagi meraka penyandang cacat mental ataupun fisik.
  • Guna Olahraga : Karena seni tari merupakan seni yang menggunakan gerak tubuh, secara otomatis dapat digunakan untuk sarana olahraga.

Baca Juga : Pengertian Seni Teater, Unsur-Unsurnya Serta Jenis-Jenis Seni Teater

Contoh Seni Tari

Contoh seni tari yang ada di dunia sangat beragam sekali. Bahkan di Indonesia saja setiap daerah pasti memilikk tari daerah masing-masing. Berikut ini adalah contoh-contoh dari seni tari :

  • Tari Legong dari Bali
  • Seni Tari Janger dari Bali
  • Tari Ketuk Tilu dari Jawa Barat
  • Seni Tari Reog dari Ponorogo
  • Tari Saman dari Aceh
  • Seni Tari Yosim dari Papua
  • Tari Nguri dari Sumbawa
  • Seni Tari Piringa dari Minangkabau
  • Tari Pendet dari Bali
  • Seni Tari Kecak dari Bali
  • Tari Merak dari Jawa Barat
  • Dan masih sangat banyak lagi contoh dari seni tari.

Seni Tari Menurut Para Ahli

Aristoteles

Seni tari adalah sebuah gerakan ritmis yang mempunyai tujuan untuk menghadirkan sebuah karakter manusia, yang sebagaimana mereka bertindak dan menderita.

Suadarsa Pringgo Broto

Seni tari adalah suatu ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.

Jazuli

Seni tari adalah irama musik yang sebagai pengiring bisa digunakan untuk mengungkapkan maksud dan suatu tujuan yang ingin disampaikan oleh pencipta tari melalui penari.

Hawkins

Seni tari adalah suatu ekspresi perasaan manusia yang diubah ke dalam sebuah imajinasi ke dalam bentuk media gerak yang sehingga gerak yang simbolis tersebut sebagai ungkapan si penciptanya.

Soedarsono

Seni tari adalah sebuah ekspresi jiwa manusia yang melalui gerak-gerak yang indah dan ritmis.

Humardani

Seni tari adalah sebuah ungkapan bentuk-bentuk gerak ekspresif yang indah dan ritmis.

K M A Theodora Retno Maruh

Seni tari ialah suatu kesenian yang tidak akan pernah mempunyai sifat kontemporer, baik yang pernah terlupakan sekalipun.

Drs. I Gede Ardika

Seni tari ialah sesuatu yang bisa disatukan ke dalam berbagai hal sehingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskannya menurut cara pandang nya masing-masing.

Irmgrad Bartenieff & Forrestine Paulay

Seni tari ialah suatu bentuk seni yang ekspresionostis yang menjembatani sebuah reaksi jiwa seseorang dengan sebuah konflik dan problem dunia modern.

Sachs

Seni tari merupakan suatu pengucapan jiwa manusia yang melalui gerak-geri berirama yang indah. Dalam kebudayaan melayu terdapat berbagai jenis tarian, dan ada tarian asli maupun tarian yang sudah di pengaruhi oleh unsur–unsur modern.

Dr. J Verkuyl

Seni tari ialah suatu gerak-gerak tubuh dan anggotanya yang disusun sedemikian rupa, yang sehingga berirama.

La Mery

Seni tari adalah suatu ekspresi yang berbentuk sebuah simbolis dalam wujud yang lebih tinggi yang harus diinternalisasikan untuk menjadi suatu bentuk yang nyata.

John Martin

Seni tari merupakan suatu gerak yang sebagai pengalaman yang paling awal pada kehidupan manusia.

Franz Boas

Seni tari yaitu suatu gerak-gerak ritmis setiap bagian tubuh, lambaian lengan, gerak dari torso atau kepala, atau pada gerak-gerak dari tungkai serta kaki.

Waterman

Seni tari terdiri dari sebuah gerak-gerak tubuh yang secara artistik yang secara kultural dipola serta distilasi.

Kealiinomohoku

Seni tari ialah seni sesaat dari sebuah ekspresi yang dipertunjukkan dengan sebuah bentuk serta gagasan tertentu lewat suatu tubuh manusia yang bergerak di dalam ruang.

Walter Sarrel

Seni tari ialah suatu gerakan badan yang seimbang menurut irama tertentu dan dalam suatu tempat tertentu.

Ensiklopedia

Seni tari adalah setiap pada saat mengoleng-olengkan tubuh dan anggotanya asal hal ini dilakukan dengan irama tertentu, ada yang di iringi musik dan ada yang tidak.

Susan K. Lenger

Seni tari ialah suatu gerak-gerak tubuh yang dibentuk secara ekspresif yang diciptakan manusia untuk bisa dinikmati.

Itulah tadi tentang pengertian seni tari menurut para ahli, semoga bermanfaat dan berguna untuk kamu.

(Visited 238 times, 2 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *