Pengertian Seni Rupa, Fungsi Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Yuk, Ketahui Hal – Hal yang Berhubungan dengan Seni Rupa

Seni rupa nampaknya bukan menjadi hal yang tabu lagi di masyarakat. Mengingat di masa kini, seni rupa berkaitan erat dengan seluruh kegiatan manusia di kehidupan sehari – hari.

Nah, bagi kamu yang masih ingin tahu lebih lanjut mengenai hal – hal yang berhubungan dengan seni rupa, yuk simak informasi berikut ini mulai dari pengertian seni rupa, unsur – unsur seni rupa dan hal – hal yang lainnya.

Penjelasan Seni Rupa - SBK untuk SMP, SMA,SMK
Penjelasan Seni Rupa – SBK untuk SMP, SMA,SMK

Pengertian Seni Rupa

Kamu pastinya sering mendengar istilah seni rupa bukan? Lalu apa itu seni rupa? Nah, sebagian orang memang mengetahui seni rupa dalam bentuk yang sudah di aplikasikan dan bukan dalam pengertian seni rupa terlebih dahulu.

Padahal untuk dapat memahami dan mendalami suatu hal, diperlukan pengetahuan terhadap pengertian hal tersebut, dalam hal ini dalam pengertian seni rupa.

Jadi, pengertian seni rupa adalah suatu cabang kesenian yang dapat membentuk suatu karya seni melalui media yang dapat ditangkap dan diamati secara kasat mata dan dapat pula dirasakan keberadaannya  dengan cara disentuh atau dengan menggunakan indra peraba.

Nah, memberi perhatian lebih pada pengertian seni rupa tersebut sedikit membuat kondisi dimana orang – orang tidak mengetahui pengertian seni rupa sendiri wajar, karena memang seni rupa lebih banyak diamati daripada dipelajari teorinya seperti jabaran pengertian seni rupa itu sendiri.

Unsur – Unsur Seni Rupa

Selanjutnya, setelah Anda mengetahui apa itu pengertian seni rupa, ada baiknya Anda mengetahui unsur – unsur apa saja yang ada di dalam seni rupa. Berikut ini adalah rincian.

  1. Titik

Titik ini adalah unsur dari seni rupa yang terkecil dan menjadi sebuah dasar dari segala macam ide seni yang nantinya akan dituangkan dan diciptakan.

  1. Garis

Setelah memahami titik, unsur kedua dari seni rupa ini adalah garis. Garis ini sendiri merupakan gabungan dari beberapa titik yang tersambung. Garis memiliki banyak jenis dan penggambaran karakter. Seperti sifat keras, lentur, kaku, dan lain – lain.

  1. Bidang

Bidang adalah suatu gabungan dan pengembangan dari garis – garis. Gabungan dari garis – garis tersebut nantinya akan bergabung menjadi suatu sisi.

  1. Bentuk

Bentuk membuat suatu karya seni rupa menjadi hidup. Hal itu tentunya sejalan dengan pengertian seni rupa dimana seni rupa itu sendiri dapat dirasakan dan diamati di sekitar kita.

  1. Ruang

Ruang ini merupakan pengembangan dari bentuk. Ruang memiliki 2 sifat utama yaitu sifat semu dan sifat nyata. Hal ini berbeda dengan adanya pembagian dua dimensi dan tiga dimensi.

  1. Warna

Nah, untuk dapat lebih mudah diamati, tentunya suatu karya seni memerlukan warna agar lebih berwarna. Hal ini tentunya juga sejalan dengan apa yang dibicarakan dalam pengertian seni rupa. Tak hanya itu, warna juga melambangkan ekspresi – ekspresi tertentu. Seperti putih suci, kuning kesedihan dan lain sebagainya.

  1. Tekstur

Tekstur dalam hubungannya dengan pengertian seni rupa merupakan suatu sifat yang ada dan melekat pada karya seni rupa tersebut. Tekstur juga dibedakan menjadi dua, yaitu tekstur semu dan tekstur nyata.

Tekstur semu merupakan tekstur yang memiliki kesan yang tidak sama antara indra penglihatan kamu dan indra peraba kamu. Sedangkan tekstur nyata merupakan sifat dalam seni rupa yang sinkron apabila dihubungkan antara indra penglihatan kamu dan indra peraba kamu.

  1. Gelap terang

Nah, gelap terang juga menjadi salah satu factor pembuat karya seni semakin nyata.

Artikel terkait : Pengertian Pemasaran Untuk SMP,SMA dan SMK

Sesuai dengan pengertian seni rupa di atas. Dengan adanya gelap terang, karya seni rupa terlihat realistis mengingat pantulan cahaya pada suatu objek tentunya berbeda – beda.

Unsur – unsur seni rupa ini sangat berkaitan antara 1 dengan yang lainnya dan tidak akan terbentuk seni rupa apabila salah satu unsur tersebut ditinggalkan. Unsur seni rupa merupakan hal wajib dipenuhi dalam pembuatan suatu karya seni.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai pengertian seni rupa dan unsur – unsur yang ada pada seni rupa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan ke depannya dapat menjadi referensi kamu dalam mengetahui hal – hal yang berhubungan dengan seni rupa.

(Visited 179 times, 3 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *