Pengertian Seni Rupa, Fungsi Beserta Contohnya Lengkap

Diposting pada
Loading...

Pengertian Seni Rupa, Fungsi Beserta Contohnya Lengkap – Halo semuanya, berjumpa lagi dengan saya. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang pengertian seni rupa, sejarah jenis serta fungsinya . Kalau kita berbicara tentang seni rupa, maka yang akan terlintas di dalam pikiran kita adalah sesuatu yang nyaman atau enak saat di pandang. Seiring berkembangnya jaman, seni juga bisa di manfaatkan untuk membantu aktifitas manusia.

Dalam kehidupan ini banyak sekali jenis seni, mulai dari seni tari, musik,  bahasa, dan lain sebagainya. Seni juga berkaitan erat dengan budaya. Karena banyak jenis-jenis seni yang merupakan suatu kebudayaan daerah. Contohnya seni tari yang banyak sekali di jadikan sebagai kebudayaan di Indonesia.

Umumnya, suatu seni pasti akan terfokus pada sudut pandang keindahan. Akan tetapi banyak juga seni yang berfokus pada penggunaanya dari pada keindahanya. Contohnya adalah anyaman dari bambu yang sering di gunakan untuk tikar. Selanjutnya, mari kita bahas tentang seni rupa secara lebih detail dibawah ini. Baca sampai selesai ya gays, agar bisa memahami apa sih yang di maksud dengan seni rupa itu ?.

Penjelasan Serta Pengertian Seni Rupa

Seni rupa yaitu merupakan salah satu cabang dari seni yang dapat menghasilkan suatu karya seni dengan kualitas atau nilai serta ekspresinya dapat di lihat oleh panca indera pengelihatan manusia dan bisa di rasakan oleh indra peraba manusia.

Jadi seni rupa adalah suatu seni yang wujudnya dapat di lihat dan dirasakan oleh manusia. Contohnya seperti lukisan, patung, anyaman, gerabah, dan lain sebagainya.

Pengertian Seni Rupa, Sejarah Jenis Serta Fungsinya

Dan suatu karya seni rupa pasti mempunyai unsur untuk bisa menciptakannya. Unsur tersebut di antaranya adalah warna, titik, bentuk, bidang, garis, tekstur, ruang, dan gelap terang.

Beberapa kalangan ada juga yang mengartikan pengertian seni rupa ialah merupakan hasil dari ciptaan kualitas tinggi , ekspresi yang mendalam, keindahan atau segala sesuatu yang melebihi keaslian dari suatu benda serta klarifikasi subjek atau objek terhadap suatu kriteria yang sudah di tentukan, serta yang di ciptakan menjadi sebuah struktur sehingga bisa di nikmati manusia dengan di lihat dan diraba.

Memahami Apa Sebenarnya Seni

Kamu pastinya sering mendengar istilah seni rupa bukan? Lalu apa itu seni rupa? Nah, sebagian orang memang mengetahui seni rupa dalam bentuk yang sudah di aplikasikan dan bukan dalam pengertian seni rupa terlebih dahulu.

Padahal untuk dapat memahami dan mendalami suatu hal, diperlukan pengetahuan terhadap pengertian hal tersebut, dalam hal ini dalam pengertian seni rupa.

Jadi, pengertian seni rupa adalah suatu cabang kesenian yang dapat membentuk suatu karya seni melalui media yang dapat ditangkap dan diamati secara kasat mata dan dapat pula dirasakan keberadaannya  dengan cara disentuh atau dengan menggunakan indra peraba.

Nah, memberi perhatian lebih pada pengertian seni rupa tersebut sedikit membuat kondisi dimana orang – orang tidak mengetahui pengertian seni rupa sendiri wajar, karena memang seni rupa lebih banyak diamati daripada dipelajari teorinya seperti jabaran pengertian seni rupa itu sendiri.

Sejarah Seni Rupa

Perkembangan seni rupa tradisional Indonesia sudah di mulai sejak jaman prasejarah. Meskipun tidak ada orang yang tahu secara pasti kapan di mulainya jaman prasejarah. Periodesasi jaman prasejarah di Indonesia di bagi menjadi beberapa periode di antaranya : jaman batu dan jaman logam.

Kedua jaman prasejarah ini, sama-sama mempunyai karya seni rupa ( tradisional ) hal itu dapat di buktikan dengan adanya peninggalan-peninggalan yg berupa karya seni rupa yang bersifat tradisional. Seperti kapak genggam, gelang, kalung, tembikar dan bahkan ada lukisan.

Untuk mengenai lukisan tersebut, pertama kali di temukan di gua Leang-Leang Sulawesi dan lukisan tersebut berupa penjiplakan telapak tangan pada dinding gua. Selain lukisan telapak tangan, ada juga gambar binatang berupa gambar babi yang sedang meloncat dengan kondisi leher terluka.

Jenis-Jenis Seni Rupa

Secara garis besar, jenis seni rupa di bagi menjadi 3 bagian, yaitu berdasarkan waktu, fungsi, dan bentuknya. Dari 3 jenis tersebut masih akan di bagi lagi menjadi beberapa jenis, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Baca Juga : Contoh Cerpen Lucu Tentang Pengalaman Pribadi

Seni Rupa Berdasarkan Masa dan Waktunya.

Menurut berdasarkan waktunya, seni rupa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Tradisional : pengertian seni rupa tradisional ialah sebuah karya seni rupa yang memiliki suatu aturan yang telah ditetapkan pada jaman dahulu kala. Dan hal tersebut bersifat statis dengan maksud karya seni rupa tersebut tidak akan mengalami perubahan bentuk maupun model atau gaya.
  2. Modern : pengertian seni rupa modern ialah suatu karya seni rupa yang sudah mengalami perubahan atau pembaruan dari seni rupa tradisional.
  3. Kontemporer : pengertian seni rupa kontemporer ialah sebuah karya seni rupa yang muncul karena sebuah trend di masyarakat.

Berdasarkan Fungsi dan Manfaatnya.

  1. Seni rupa murni atau asli : pengertian seni rupa murni ialah seni rupa yang murni bertujuan hanya untuk dinikmati keindahanya saja atau hanya digunakan sebagai pajangan saja.
  2. Karya seni rupa terapan : pengertian seni rupa terapan ialah hasil karya seni rupa yang selain dapat dinikmati keindahanya, juga bisa di manfaatkan untuk mendukung aktifitas manusia.

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Dimensi dan Ukuranya.

  1. Seni rupa 2 dimensi : pengertian seni rupa 2 dimensi ialah seni yang hanya memiliki unsur panjang dan lebar saja.
  2. Karya seni rupa 3 dimensi : pengertian seni rupa 3 dimensi ialah seni yang mempunyai unsur lebih komplek yaitu panjang, tinggi, dan lebar.

Fungsi Seni Rupa

Secara umum, fungsi seni rupa dapat di bagi menjadi dua. Adapun fungsi seni rupa adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi Individu

Seni rupa dapat berfungsi sebagai pemuas kebutuhan individu, khususnya untuk seorang seniman. Ada kepuasan batin yang di rasakan oleh seorang seniman ketika dapat mengekspresikan dirinya melalui karya seni yang mereka ciptakan.

  1. Fungsi Sosial

Selain kepuasan individu, kepuasan batin juga dapat di rasakan oleh masyarakat para pecinta seni dari suatu seni rupa yang mereka lihat.  Karna itulah banyak orang yang membeli suatu karya seni yang mereka sukai meskipun harganya mahal.

Baca Juga : Pengertian Seni Tari

Selain fungsi individu dan sosial, seni rupa juga mempunyai fungsi lainnya yaitu;

  • Sebagai sarana pemenuh kebutuhan emosional individu, contohnya untuk mengekspresikan diri demi kepuasan batin.
  • Untuk sarana peribadatan atau media untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta.
  • Sebagai sarana komunikasi di dalam suatu kelompok masyarakat.
  • Memberikan edukasi kepada masyarakat, baik secara tersirat maupun secara tersurat.
  • Sebagai media untuk mengenang atau melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Unsur – Unsur Seni Rupa

Penjelasan Seni Rupa - SBK untuk SMP, SMA,SMK
Penjelasan Seni Rupa – SBK untuk SMP, SMA,SMK

Selanjutnya, setelah Anda mengetahui apa itu pengertian seni rupa, ada baiknya Anda mengetahui unsur – unsur apa saja yang ada di dalam seni rupa. Berikut ini adalah rincian.

  1. Titik

Titik ini adalah unsur dari seni rupa yang terkecil dan menjadi sebuah dasar dari segala macam ide seni yang nantinya akan dituangkan dan diciptakan.

  1. Garis

Setelah memahami titik, unsur kedua dari seni rupa ini adalah garis. Garis ini sendiri merupakan gabungan dari beberapa titik yang tersambung. Garis memiliki banyak jenis dan penggambaran karakter. Seperti sifat keras, lentur, kaku, dan lain – lain.

  1. Bidang

Bidang adalah suatu gabungan dan pengembangan dari garis – garis. Gabungan dari garis – garis tersebut nantinya akan bergabung menjadi suatu sisi.

  1. Bentuk

Bentuk membuat suatu karya seni rupa menjadi hidup. Hal itu tentunya sejalan dengan pengertian seni rupa dimana seni rupa itu sendiri dapat dirasakan dan diamati di sekitar kita.

  1. Ruang

Ruang ini merupakan pengembangan dari bentuk. Ruang memiliki 2 sifat utama yaitu sifat semu dan sifat nyata. Hal ini berbeda dengan adanya pembagian dua dimensi dan tiga dimensi.

  1. Warna

Nah, untuk dapat lebih mudah diamati, tentunya suatu karya seni memerlukan warna agar lebih berwarna. Hal ini tentunya juga sejalan dengan apa yang dibicarakan dalam pengertian seni rupa. Tak hanya itu, warna juga melambangkan ekspresi – ekspresi tertentu. Seperti putih suci, kuning kesedihan dan lain sebagainya.

  1. Tekstur

Tekstur dalam hubungannya dengan pengertian seni rupa merupakan suatu sifat yang ada dan melekat pada karya seni rupa tersebut. Tekstur juga dibedakan menjadi dua, yaitu tekstur semu dan tekstur nyata.

Tekstur semu merupakan tekstur yang memiliki kesan yang tidak sama antara indra penglihatan kamu dan indra peraba kamu. Sedangkan tekstur nyata merupakan sifat dalam seni rupa yang sinkron apabila dihubungkan antara indra penglihatan kamu dan indra peraba kamu.

  1. Gelap terang

Nah, gelap terang juga menjadi salah satu factor pembuat karya seni semakin nyata.

Artikel terkait : Pengertian Pemasaran Untuk SMP,SMA dan SMK

Sesuai dengan pengertian seni rupa di atas. Dengan adanya gelap terang, karya seni rupa terlihat realistis mengingat pantulan cahaya pada suatu objek tentunya berbeda – beda.

Kesimpulan

Unsur – unsur seni rupa ini sangat berkaitan antara 1 dengan yang lainnya dan tidak akan terbentuk seni rupa apabila salah satu unsur tersebut ditinggalkan. Unsur seni rupa merupakan hal wajib dipenuhi dalam pembuatan suatu karya seni.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai pengertian seni rupa dan unsur – unsur yang ada pada seni rupa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan ke depannya dapat menjadi referensi kamu dalam mengetahui hal – hal yang berhubungan dengan seni rupa.

(Visited 376 times, 1 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *