Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi, Teknik, Unsur dan Contohnya

Posted on

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi, Teknik, Unsur dan Contohnya – Pada kesempatan kali ini Idpengertian.com akan mengulas pengertian seni rupa 3 dimensi. Bagi sobat Idpengertian yang belum faham terkait hal ini, simak baik-baik ya.

Gambar Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi Lengkap
Gambar Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi Lengkap

Penjelasan Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian seni rupa 3 dimensi adalah salah satu jenis seni rupa yang tidak hanya memiliki panjang dan lebar saja, melainkan juga memiliki volume. Hal yang menjadi pembeda dari seni rupa 2 dimensi dengan seni rupa 3 dimensi adalah unsur ruang pada seni rupa 3 dimensi.

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Di dalam pembuatan sebuah karya seni masing-masing daerah di indonesia memiliki bahan dan media yang berbeda-beda, tergantung dengan lingkungan daerahnya. Dan hal tersebut juga berlaku pada seni rupa 3 dimensi, berikut ini adalah teknik-teknik yang biasa di pakai dalam proses pembuatan karya seni rupa 3 dimensi:

Teknik Mozaik

Merupakan teknik membuat karya seni dengan cara menempel benda 3 dimensi yang di atur dan ditata dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan lukisan.

Teknik Aplikasi

Adalah sebuah karya hias dalam seni menjahit dengan cara menempelkan bermacam-macam guntingan-guntingan kain yang berbentuk hiasan seperti binatang, bunga maupun bentuk lainnya pada sebuah kain lain sebagai hiasan.

Teknik Pahat

Yaitu merupakan teknik membentuk suatu karya seni dengan membuang bahan yang tidak di butuhkan. Cara membuatnya dapat memakai alat pahat, kikir dan juga martil. Biasanya bahan atau media yang di pakai adalah bahan keras seperti batu, gips, kayu dan bahan lainnya.

Teknik Merakit

Ialah teknik membuat sebuah karya seni dengan cara menyambung beberapa potongan bahan. Selain itu, cara ini disebut dengan merakit dan hasil karyanya disebut rakitan. Selain itu, untuk cara menggabungkan bahan tersebut dapat dengan cara di patri, disekrup, mengelas atau dengan cara lainnya.

Teknik Menuang atau Cor

Karya seni yang di hasilkan dengan cara menuang bahan cair yang di tuang pada sebuah alat cetakan. Kemudian setelah bahan cair tersebut mengeras, kemudian dikeluarkan dari cetakan. Dan bahan cair yang dipakai biasanya seperti semen, logam, gips atau karet.

Baca juga: Pengertian Kerajinan

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Seperti halnya dengan seni rupa 2 dimensi, seni rupa 3 dimensi juga dibentuk melalui unsur-unsur sehingga karya seni rupa 3 dimensi tersebut memiliki keindahan, kecantikan, dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mengatur unsur-unsur apa saja yang membentuk karya seni rupa 3 dimensi, berikut penjelasannya:

Titik

Unsur yang pertama dlm karya seni rupa adalah titik atau bintik. Titik merupakan sebuah unsur yang ada dalam karya seni rupa paling dasar dan paling kecil. Dengan melalui titik, seseorang bisa mendapatkan ide baru dalam membuat karya seni rupa 3 dimensi. Dan melalui titik pula seseorang bisa membuat garis dan ruang.

Garis

Merupakan suatu batas ruang, benda, tekstur, bidang, warna dan sebagainya. Garis termasuk unsur seni rupa yang memiliki dimensi dan dimensi tersebut cenderung memanjang dan memilki arah tertentu. Ia juga memiliki sifat seperti pendek, panjang, vertikal, horizontal, tipis, tebal, melengkung, bergelombang, patah-patah, miring, halus, dan sebagainya.

Bidang

Suatu karya seni rupa yang dibentuk dari beberapa garis disebut dengan bidang. Jadi, dapat disimpulkan bawa bidang adalah kumpulan atau garis yang saling berhubungan. Dikarenakan bidang terbentuk dari gabungan garis, maka bidang juga memiliki dimensi panjang. Selain mempunyai dimensi panjang, bidang juga memiliki dimensi lebar atau pipih.

Bentuk

Unsur seni rupa berikutnya adalah bentuk. Bentuk termasuk dalam unsur seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Oleh karena itu, bentuk memiliki isi atau volume. Sehingga, bisa juga bentuk di artikan sebagai bangun atau plastis.

Tekstur

Dan yang terakhir adala tekstur. Tekstur adalah sifat-sifat permukaan suatu benda. Bisa juga dirasakan dengan cara di raba atau dilihat. Terdapat beberapa sifat dari tekstur yaitu, sifatnya halus, kasar, licin, mengkilap, dan berpori.

Unsur-unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Terdapat beberapa unsur pada seni rupa 3 dimensi, unsur-unsur tersebut di antaranya:

  • Untuk mengetahui bahwa karya tersebut termasuk dalam karya seni rupa 3 dimensi adalah terdapat panjang, lebar dan juga tinggi.
  • Selain mempunyai panjang, lebar dan tinggi, seni rupa 3 dimensi juga memiliki ruang. Hal inilah yang membedakan antara seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.
  • Dan unsur yang terakhir pada seni rupa 3 dimensi adalah karya seni rupa 3 dimensi bisa dilihat dari segala sudut pandang.

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam keidupan sehari-hari, tanpa kita sadari bahwa kita seringkali meliat karya seni rupa 3 dimensi. Untuk mempertegas karya seni rupa 3 dimensi, berikut beberapa contohnya:

Kriya

Seni kriya termasuk karya seni rupa 3 dimensi karena memiliki volume. Kriya merupakan seni rupa yang memanfaatkan and skill atau keterampilan tangan. Dan memiliki beberapa jenis seperti seni kriya tekstil, seni kriya keramik, seni kriya logam, seni kriya batu, seni kriya kayu, dan seni kriya kulit.

Patung

Karya seni rupa 3 dimensi berikutnya adalah patung. Patung sudah sejak daulu hingga sekarang masi populer. Disamping itu, ahan baku yang digunakan dalam membuat patung semakin berkembang. Beberapa baan baku yang di gunakan dalam membuat patung adalah logam, batu, kayu dan tanah liat. Patung memiliki panjang, lebar dan tinggi. Kebanyakan patung di buat dengan bentuk manusia dan binatang.

Keramik

Karya seni rupa keramik adalah salah satu cabang seni yang bersifat tradisional hingga kontemporer. Seni keramik memiliki fungsi sebagai kerajinan dengan menggunakan baan baku tana liat dengan proses pembuatan antara lain dipijir, butsir, pilin hingga pembakaran dan glasir.

Arsitektur

Adalah karya seni rupa 3 dimensi dengan cara merancang bangunan mulai dari makro seperti perencanaan kota, arsitektur lansekap, hingga tingkat mikro seperti desain perabot, desain bangunan dan desain produk.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi, Teknik, Unsur dan Contohnya. Semoga dapat menambah pengetahuan sobat semua, terima kasih.

(Visited 31 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *