Pengertian Seni Rupa, Sejarah Jenis Serta Fungsinya

Diposting pada

Hay gays, berjumpa lagi dengan saya. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang pengertian seni rupa, sejarah jenis serta fungsinya .

Kalau kita berbicara tentang seni rupa, maka yang akan terlintas di dalam pikiran kita adalah sesuatu yang nyaman atau enak saat di pandang. Seiring berkembangnya jaman, seni juga bisa di manfaatkan untuk membantu aktifitas manusia.

Dalam kehidupan ini banyak sekali jenis seni, mulai dari seni tari, musik,  bahasa, dan lain sebagainya. Seni juga berkaitan erat dengan budaya. Karena banyak jenis-jenis seni yang merupakan suatu kebudayaan daerah. Contohnya seni tari yang banyak sekali di jadikan sebagai kebudayaan di Indonesia.

Umumnya, suatu seni pasti akan terfokus pada sudut pandang keindahan. Akan tetapi banyak juga seni yang berfokus pada penggunaanya dari pada keindahanya. Contohnya adalah anyaman dari bambu yang sering di gunakan untuk tikar.

Selanjutnya, mari kita bahas tentang seni rupa secara lebih detail dibawah ini. Baca sampai selesai ya gays, agar bisa memahami apa sih yang di maksud dengan seni rupa itu ?.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa yaitu merupakan salah satu cabang dari seni yang dapat menghasilkan suatu karya seni dengan kualitas atau nilai serta ekspresinya dapat di lihat oleh panca indera pengelihatan manusia dan bisa di rasakan oleh indra peraba manusia.

Jadi seni rupa adalah suatu seni yang wujudnya dapat di lihat dan dirasakan oleh manusia. Contohnya seperti lukisan, patung, anyaman, gerabah, dan lain sebagainya.

Pengertian Seni Rupa, Sejarah Jenis Serta Fungsinya
Pengertian Seni Rupa, Sejarah Jenis Serta Fungsinya

Dan suatu karya seni rupa pasti mempunyai unsur untuk bisa menciptakannya. Unsur tersebut di antaranya adalah warna, titik, bentuk, bidang, garis, tekstur, ruang, dan gelap terang.

Beberapa kalangan ada juga yang mengartikan pengertian seni rupa ialah merupakan hasil dari ciptaan kualitas tinggi , ekspresi yang mendalam, keindahan atau segala sesuatu yang melebihi keaslian dari suatu benda serta klarifikasi subjek atau objek terhadap suatu kriteria yang sudah di tentukan, serta yang di ciptakan menjadi sebuah struktur sehingga bisa di nikmati manusia dengan di lihat dan diraba.

Sejarah Seni Rupa

Perkembangan seni rupa tradisional Indonesia sudah di mulai sejak jaman prasejarah. Meskipun tidak ada orang yang tahu secara pasti kapan di mulainya jaman prasejarah. Periodesasi jaman prasejarah di Indonesia di bagi menjadi beberapa periode di antaranya : jaman batu dan jaman logam.

Kedua jaman prasejarah ini, sama-sama mempunyai karya seni rupa ( tradisional ) hal itu dapat di buktikan dengan adanya peninggalan-peninggalan yg berupa karya seni rupa yang bersifat tradisional. Seperti kapak genggam, gelang, kalung, tembikar dan bahkan ada lukisan.

Untuk mengenai lukisan tersebut, pertama kali di temukan di gua Leang-Leang Sulawesi dan lukisan tersebut berupa penjiplakan telapak tangan pada dinding gua. Selain lukisan telapak tangan, ada juga gambar binatang berupa gambar babi yang sedang meloncat dengan kondisi leher terluka.

Jenis-Jenis Seni Rupa

Secara garis besar, jenis seni rupa di bagi menjadi 3 bagian, yaitu berdasarkan waktu, fungsi, dan bentuknya. Dari 3 jenis tersebut masih akan di bagi lagi menjadi beberapa jenis, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Baca Juga : Contoh Cerpen Lucu Tentang Pengalaman Pribadi

Seni Rupa Berdasarkan Masa dan Waktunya.

Menurut berdasarkan waktunya, seni rupa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Tradisional : pengertian seni rupa tradisional ialah sebuah karya seni rupa yang memiliki suatu aturan yang telah ditetapkan pada jaman dahulu kala. Dan hal tersebut bersifat statis dengan maksud karya seni rupa tersebut tidak akan mengalami perubahan bentuk maupun model atau gaya.
  2. Modern : pengertian seni rupa modern ialah suatu karya seni rupa yang sudah mengalami perubahan atau pembaruan dari seni rupa tradisional.
  3. Kontemporer : pengertian seni rupa kontemporer ialah sebuah karya seni rupa yang muncul karena sebuah trend di masyarakat.

Berdasarkan Fungsi dan Manfaatnya.

  1. Seni rupa murni atau asli : pengertian seni rupa murni ialah seni rupa yang murni bertujuan hanya untuk dinikmati keindahanya saja atau hanya digunakan sebagai pajangan saja.
  2. Karya seni rupa terapan : pengertian seni rupa terapan ialah hasil karya seni rupa yang selain dapat dinikmati keindahanya, juga bisa di manfaatkan untuk mendukung aktifitas manusia.

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Dimensi dan Ukuranya.

  1. Seni rupa 2 dimensi : pengertian seni rupa 2 dimensi ialah seni yang hanya memiliki unsur panjang dan lebar saja.
  2. Karya seni rupa 3 dimensi : pengertian seni rupa 3 dimensi ialah seni yang mempunyai unsur lebih komplek yaitu panjang, tinggi, dan lebar.

Fungsi Seni Rupa

Secara umum, fungsi seni rupa dapat di bagi menjadi dua. Adapun fungsi seni rupa adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi Individu

Seni rupa dapat berfungsi sebagai pemuas kebutuhan individu, khususnya untuk seorang seniman. Ada kepuasan batin yang di rasakan oleh seorang seniman ketika dapat mengekspresikan dirinya melalui karya seni yang mereka ciptakan.

  1. Fungsi Sosial

Selain kepuasan individu, kepuasan batin juga dapat di rasakan oleh masyarakat para pecinta seni dari suatu seni rupa yang mereka lihat.  Karna itulah banyak orang yang membeli suatu karya seni yang mereka sukai meskipun harganya mahal.

Selain fungsi individu dan sosial, seni rupa juga mempunyai fungsi lainnya yaitu;

  • Sebagai sarana pemenuh kebutuhan emosional individu, contohnya untuk mengekspresikan diri demi kepuasan batin.
  • Untuk sarana peribadatan atau media untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta.
  • Sebagai sarana komunikasi di dalam suatu kelompok masyarakat.
  • Memberikan edukasi kepada masyarakat, baik secara tersirat maupun secara tersurat.
  • Sebagai media untuk mengenang atau melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian seni rupa, sejarah jenis serta fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

(Visited 60 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *