Pengertian Sejarah Menurut Herodotus Dan Para Ahli Lainnya

Posted on

Sejarah adalah sebuah topik yang sudah tidak lagi asing di telinga kita. Mulai dari sejak bangku sekolah, mata pelajaran sejarah sudah diperkenalkan dan diajarkan kepada kita.

Barangkali, selama ini kita mengenal sejarah sebagai tema atau ilmu yang mempelajari masa lalu. Secara garis besar, pengertian ini memang benar demikian.

Pengertian Sejarah
Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Meski demikian, pada perkembangannya, berbagai ahli atau pakar sejarah mengemukakan pengertian sejarah berdasarkan argument yang mereka kembangkan masing-masing.

Pengertian Sejarah Oleh Herodotus

Herodotus adalah seseorang yang berkebangsaan Yunani dan merupakan seorang ahli sejarah pertama yang diketahui di dunia. Julukannya adalah Bapak Sejarah, alias The Father of History.

Ia menjelaskan pengertian sejarah sebagai sebuah kajian yang menceritakan jatuh-bangun atau perputaran masyarakat, tokoh, dan bahkan sebuah peradaban.

Herodotus juga menjelaskan bahwa perkembangan sejarah tidaklah berlangsung dengan pasti saat mengarah ke depan.

Namun, perkembangannya justru bergerak seperti sebuah lingkaran yang tinggi atau rendahnya disebabkan oleh manusia itu sendiri.

Pengertian Sejarah Oleh Moh. Hatta

Sedangkan oleh wakil presiden Indonesia yang pertama, Moh. Hatta, pengertian sejarah dijelaskan berdasarkan pada keterkaitannya dengan masa lalu.

Sebab, sejarah bukan hanya menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi di masa lampau, tetapi juga berbagai dinamikanya yang barangkali menjadi pembelajaran bagi manusia atau masyarakan di era atau masa berikutnya.

Sejarah juga sangat erat hubungannya dengan pertumbuhan ekonomi di masa lalu, masa sekarang atau juga masa mendatang, untuk menjadi tolak ukur dari keberhasilan wilayah atau negara.

Pengertian Sejarah oleh Kuntowijoyo

Oleh Kuntowijoyo, pengertian sejarah merupakan hal-hal yang menyajikan fakta secara empiris, unik, ideografis, dan diakronis. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Sejarah bersifat empiris artinya bahwa sejarah berdasarkan pada pengalaman masyarakat atau manusia yang sesungguhnya.
  2. Sejarah bersifat unik artinya bahwa isinya merupakan hasil penelitian mengenai hal-hal yang memang unik sehingga patut untuk dipelajari.
  3. Sejarah bersifat ideografis artinya bahwa sejarah sama-sama menceritakan dan menggambarkan sesuatu.
  4. Sejarah bersifat diakronis artinya bahwa sejarah berkaitan dengan waktu.

Pengertian Sejarah oleh Roeslan Abdulgani

Oleh Roeslan Abdulgani, pengertian ilmu sejarah diartikan sebagai salah satu cabang dari ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan meneliti keseluruan perkembangan masyarakat maupun kemanusiaan di masa lalu, termasuk kejadian-kejadiannya, secara sistematis.

Maksud dari penyelidikan dan penelitian tersebut adalah untuk menilai temuannya secara kritis untuk kemudian menjadi pedoman dalam penilaian dan penentuan keadaan di masa kini, dan arah proses ke masa depan.

Pengertian Sejarah oleh Aristoteles

Oleh Aristoteles, seorang filsuf asal Yunani, sejarah diartikan sebagai sebuah sistem yang meneliti suatu kejadian yang terjadi di masa lalu dalam wujud kronologi.

Sehingga sejarah pun merupakan berbagai peristiwa di masa lampai yang memiliki catatan atau bukti yang konkrit.

Pengertian Sejarah oleh Benedetto Croce

Sedangkan oleh Benedetto Croce, definisi sejarah merupakan sebuah rekaman kreasi jiwa manusia di berbagai bidang, baik itu yang bersifat teoretis maupun praktis.

Pengertian Searah oleh J. Bank

J. Bank menjelaskan pengertian sejarah sebagai segala peristiwa maupun kejadian di masa lalu. Dengan demikian, sejarah pun dapat digunakan oleh para pembelajar dalam memahami perilaku manusia di masa lalu, masa kini, maupun masa yang akan datang.

Seluruh kejadian yang dimaksud di dalam definisi sejarah tersebut adalah peristiwa atau kejadian yang berhubungan dengan manusia dan menunjukkan perilaku manusia.

Pengertian Sejarah oleh Muthahhari

Menurut Muthahhari, terdapat 3 cara dalam menjelaskan definisi sejarah, yang mengandung 3 (tiga) disiplin kesejarahan yang berkaitan satu sama lain, yaitu:

  1. Sejarah tradisional merupakan pengetahuan soal perstiwa, keadaan, dan kejadian kemanusiaan di masa lalu berkaitan dengan keadaan di masa sekarang.
  2. Sejarah ilmiah merupakan pengetahuan mengenai hukum-hukum yang berlaki di kehidupan di masa lalu dan diperoleh melalui analisis dan pendekatan atas berbagai peristiwa di masa lalu tersebut.
  3. Filsafat sejarah merupakan pengetahuan terkait dengan berbagai perubahan bertahap yang membawa masyarakan melalui satu tahap sampai ke tahap lainnya. Filsafat sejarah ini membahas berbagai hukum yang memengaruhi berbagai perubahan tersebut. Sehingga, pengertian merupakan ilmu tentang masyarakat dan bukan sekadar wujudnya saja.

Pengertian Sejarah oleh Bernheim

Sedangkan pengertian sejarah menurut Bernheim merupakan sebuah ilmu yang menelusuri dan menempatkan berbagai peristiwa tertentu dalam suatu waktu tentang perkembangan manusia, baik itu secara individual atau kelompok, sebagai makluk sosial di dalam hubungan sebab-akibat, lahir, ataupun batin.

(Visited 38 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *