Pengertian Resume Adalah, Dan Langkah Menulis Resume Yang Benar

Posted on

Kamu bingung bagaimana membedakan antara resume dengan ikhtisar?, atau kamu bingung dengan langkah baik dan benar dalam membuah resume?, selamat kamu hadir di tempat yang tepat. Kali ini kita akan mengulik lebih detail mengenai pengertian resume.

Secara umum resume memiliki pengertian sebuah data dokumen yang berisikan rangkuman. Rangkuman tersebut dapat berasal dari pengalaman, keahlian atau dapat pula dari pendidikan seseorang. Sebuah resume dibuat tak lebih dari dua halaman dan harus disusun dengan teratur dan rapi dengan tujuan untuk menarik perhatian pembacanya.

Pengertian Resum Lengkap Dengan Langkah Menulisnya
Pengertian Resum Lengkap Dengan Langkah Menulisnya

Dalam membuat sebuah resume pada dasarnya tidaklah terlalu sulit karena yang harus kamu lakukan adalah berpatokan pada tulisan aslinya. Nah untuk memudahkan kamu dalam membuat sebuah resume yang baik dan benar, berikut akan disajikan langkah-langkahnya. Baca juga artikel sebelumnya tentang Pengertian Majas Serta Contohnya yang mungkin kamu belum tau.

Membaca Naskah Asli

Langkah pertama dalam membuat sebuah resume adalah dengan terlebih dahulu memahami dari isi naskah asli sebuah karangan. Jadi kamu harus membaca karangan aslinya hingga selesai dan sebaiknya kamu lakukan berulang kali hingga kamu mengerti dan memahami apa yang hendak disampaikan oleh penulis asli karangan tersebut.

Dalam membaca sebuah karangan atau tulisan, kamu juga harus mencatat kata atau istilah-istilah yang sulit dipahami kemudian mencarikan maknanya supaya dapat mempermudah dalam melakukan penulisan resume nantinya. Hal itu juga akan sangat membantu kamu untuk dapat emngetahui gambaran umum dari sudut pandang penulis.

Cara Menemukan Gagasan Utama

Langkah selanjutnya setelah kamu memahami isi dari karangan yang hendak kamu buatkan resume, adalah dengan menemukan gagasan utama atau pikiran utama dari tulisan tersebut. Catalah gagasan utamanya agar nantinya kamu bisa membuat ringkasan yang sesuai.

Yang perlu kamu ingat, tak semua paragraf mengandung gagasan pokok, untuk itu penting untuk kamu menemukan gagasan utama secara teratur agar penulisan remume nantinya tidak melebar.

Langkah Menulis Resume

Setelah memperlajari pengertian resume, mengetahui gagasan utama dari suatu karangan, tentunya saat ini kamu telah memiliki sebuah gambaran umum mengenai resume. Mulailah menulis resume dengan menggunakan kata dan kalimat yang kiranya mampu menggambarkan isi dari teks aslinya.

Ingat, kamu tidak boleh menambahkan pendapat kamu dalam membuat resume, terlebih jika pendapat tersebut bertentangan dengan naskah aslinya.

Membuat resume haruslah menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dicerna oleh smeua orang. Jika dalam naskah aslinya banyak menggunakan istilah-istilah yang membingungkan, kamu dapat menulisnya dalam bahasa yang lebih mudah dipahami dalam resume.

Kalimat dalam resume haruslah jelas dan to the point, tidak boleh bertele-tele, karena resume harus dibuat dalam bentuk ringkasan yang padat dan teratur yang mampu mewakili isi dari anskah aslinya.

Membaca Ulang Resume Yang Dibuat

Setelah kamu selesai mengerjakan sebuah resume, tentunya kamu harus berulang kali membaca ulang resumenya untuk memeriksakan kembali apakah ada kesalahan dalam penulisan. Ada beberapa poin utama yang benar-benar harus kamu perhatikan, yaitu:

1. penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

2. penggunaan tanda baca yang sesuai’

3. penggunaan ejaan yang tepat

4. dan memeriksa kesesuaian antara resume dengan karangan aslinya

itu dia penjelasan singkat mengenai pengertian resume dan tata cara penulisan resume yang baik dan benar.

Perbedaan Ikhtisar dan Resume

Banyak orang yang sering kebingungan saat hendak membuat resume, dan tak sedikit dari mereka malah menghasilkan sebuah ikhtisar saat disuruh membuat resume.

Hal ini dikarena mereka tidak dapat membedakan langkah penulisan resume dan ikhtisar. Ikhtisar dan resume memang memiliki pengertian yang hampir sama, yaitu sama-sama merupakan ringkasan dari karangan sumber yang panjang, seperti halnya pengertian teks iklan yang sangat erat sekali hubungannya dengan resume ini.

Hanya saja ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan pokok yang membangun karangan seperti layaknya pda pembuatan resume. Dari segi penggunaan kata dan penyusunan kalimat dalam pembuatan ikhtisar dilakukan sesuai dengan pemahaman di penulis ikhtisar tersebut, sedangkan resume menggunakan istilah dan kalimat yang jelas dan berurutan dengan karangan aslinya.

Setelah kamu memahami langkah-langkah pembuatan resume yang baik dan benar, tentunya akan sangat memudahkan kamu untuk menulis resume nantinya. Kamu tidak akan terkecoh lagi antara resume dan ikhtisar pastinya.

(Visited 47 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *