Pengertian Relative Pronoun, Jenis dan Contohnya

Diposting pada
Loading...

Hello sobat Idpengertian.com semua, jumpa lagi dengan saya admin cantik Idpengertian. Sobat, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas materi mengenai Pengertian Relative Pronouns untuk kalian semua, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Relative Pronoun, Jenis dan Contohnya
Pengertian Relative Pronoun, Jenis dan Contohnya

Pengertian Relative Pronouns

Definisi Relative pronouns adalah kata ganti yang menunjuk pada kata benda yang mendahuluinya (antecedent) yang berfungsi sebagai penghubung dalam kalimat. Kata relative pronouns biasa diletakkan di awal dependent clause atau anak kalimat yang menerangkan atau memberikan informasi tambahan kepada independent clause atau main clause (kalimat utuh)

Kata relative pronoun dapat berfungsi sebagai subject, object, atau possessive di mana pada kata ganti ini tidak ada perbedaan pada number (singular atau plural) maupun gender (male atau female). Dan kata ganti ini meliputi : who, whom, whose, which, dan that.

Rumus relative pronoun:

Yaitu S + V + O (Noun) + relative pronoun + S + V

Dan atau S (Noun) + relative pronoun + S + V + keterangan + V

Suatu subjek dan Verb yang dicetak tebal merupakan bagian dari kalimat independen yang selalu di letakkan setelah relative pronoun.

Jenis Relative Pronouns Dan Contohnya

Who

Kata Who merupakan jenis relative pronoun yang di gunakan untuk menjelaskan, memberi informasi atau mendeskripsikan ORANG yang terdapat di klausa sebelumnya. Seperti pada contoh a) Yang di mana ‘who works in a garage’ menjelaskan ‘a new girlfriend’. Who bisa di gunakan untuk sebagai subject atau object.

Coba kita perhatikan lagi contoh a) di atas karena sebenarnya kalimat ‘He has got a new grilfriend who works in a garage’ mulanya terdiri dari dua kalimat, yaitu :

He has got a new grilfriend.

[She] works in a garage.

Baca Juga : Pengertian Kata Sandang

Lalu kemudian kedua kalimat tersebut di gabungkan dengan mengganti subject kalimat kedua (she) dengan ‘who’. Dan pada kasus ini posisi who berupa subject yang menggantikan posisi subject sebelumnya, she. Karena relative pronoun who sebagai subject selalu menggantikan subject seperti she, he, they, we, dll.

Dan sedangkan pada contoh kalimat ini ‘His girlfriend who I met yesterday is on vacation’ yang sebenarnya terdiri dari dua kalimat berbeda yaitu :

His girlfriend is on vacation.

I met [her] last night.

Guna menjelaskan posisi who sebagai object karena mengganti posisi object pada kalimat kedua (her) dengan menabahkan informasi ‘is on vacation’. Pada relative pronoun who sebagai object selalu menggantikan object seperti his, her, them, you, dll.

Whom

Sesungguhnya penggunaan whom tidak biasa dalam komunikasi sehari-hari dan lebih condong ke infromal. Tapi tidak ada salahnya jika kita tahu dan menggunakannya dalam komunikasi kita. Kata Whom sebenarnya alternatif dari penggunaan who sebagai object. Perhatikan contoh di bawah ini:

Yaitu: His girlfriend who I met last night is on vacation.

Dan , His girlfriend whom I met last night is on vacation.

Makna dari kedua contoh di atas sebenarnya sama. Namun penggunaan who pada contoh pertama lebih biasa dan formal sedangkan whom pada kalimat kedua tidak biasa digunakan dan informal.

Whose

Bila who dan whom menggantikan subject (she, he, they, dll) dan object (her, his, their, dll), relative pronoun ‘whose’ menggantikan possesive pronouns (her, his, your, their, dll). Ayo kita perhatikan contoh c) di atas ‘I saw a girl whose hair came down to her waist’ sebenarnya terdiri dari dua kalimat yaitu:

I saw a girl.

[Her] hair came down to her waist.

Dalam Relative pronoun ‘whose’ beperan menggambungkan kedua kalimat tersebut dengan menggantikan fungsi possesion (kepemilikan) dari possesive pronoun (my) dengan ‘whose’.

That/ Whcih

Kemudian Relative pronoun That/ Which di gunakan untuk menggantikan benda pada relative clause. Seperti pada contoh d. dan e. di atas:

This is the key.

[The key] opens the garage.

Menjadi :

This is the key that opens the garage.

I forget most of the films.

I see [films].

Dan menjadi : I forget most of the films which I see.

Where/When/Why

Dan selain kelima realtive pronoun di atas, terdapat pula tiga jenis lain yaitu Where, When dan Why. Disini Where dan When dapat menjelaskan relative clauses setelah noun (kata kerja) yang merujuk pada tempat dan waktu. Seperti pada contoh berikut:

I live in a town.

[There]I was born.

Akan menjadi : I live in a town where I was born.

I will never forget the day.

[The day] I first meet you.

Dan menjadi : I will never forget the day when I first met you.

Tetapi relative pronoun why digunakan untuk untuk alasan. Contoh:

I know ther reason.

[The reason] you love her.

Menjadi :

I know the reason why you love her.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Relative Pronouns yang telah saya rangkum untuk sobat semua. Semoga dengan tulisan yang sederhana ini dapat menembah wawasan serta informasi sobat semua, terima kasih.

(Visited 363 times, 3 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *