Pengertian Rantai Makanan, Jenis-Jenisnya Serta Contohnya

Diposting pada

Hay gays, berjumpa lagi dengan mimin, disini mimin mau mengulas materi tentang pengertian rantai makanan. Nah apa itu rantai makanan? Yuk langsung saja simak pengertian rantai makanan yang mungkin belum kamu ketahui berikut ini !

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan adalah sebuah peristiwa makan dan dimakan antara sesama makhluk hidup dengan urutan-urutan tertentu. Dalam suatu rantai makanan terdapat makhluk hidup yang memiliki peran sebagai produsen, konsumen, dan sebagai dekomposer (pengurai).

Pada rantai makanan terjadi suatu proses makan dan di makan dalam suatu urutan tertentu. Dan setiap tingkat dari rantai makanan dalam sebuah ekosistem disebut dengan tingkat trofik.

Pengertian Rantai Makanan, Jenis-Jenisnya Serta Contohnya
Pengertian Rantai Makanan, Jenis-Jenisnya Serta Contohnya

Trofik ialah jenis tingkatan dalam rantaian makanan organisme tersebut. Ada beberapa jenis tingkatan trofik dengan kemampuan mendapatkan makanan yang berbeda, yaitu sebagai berikut :

Trofik Tingkat I atau Produsen

Produsen adalah jenis organisme yang mampu menghasilkan makanannya sendiri misalnya tumbuhan.

Trofik Tingkat II atau Konsumen Tingkat 1

Konsumen Tingkat I merupakan jenis organisme yang mendapatkan asupan energi makanan secara langsung dari produsen. Beberapa makhluk hidup yang masuk dalam trofik tingkat I contohnya hewan herbivora yaitu belalang.

Trofik Tingkat III atau Konsumen Tingkat 2

Konsumen tingkat II adalah jenis organisme yang mendapatkan asupan energi dengan memakan konsumen tingkat I. Seperti hewan karnivora pada trofik tingkat II yaitu tikus.

Trofik Tingkat IV atau Konsumen Tingkat 2

Konsumen tingkat II merupakan jenis organisme yang memperoleh energi makanannya dari tingkatan trofik kedua. Jenis organismenya Ialah hewan karnivora yang sudah tidak dimakan oleh tingkat konsumen yang lain. Misalnya hewan pada trofik tingkat II adalah singa, harimau, dan macan.

Trofik Pengurai atau Dekomposer

Dekomposer ialah tingkatan trofik paling tingi yang berisi makhluk hidup yang bertugas menguraikan tubuh dari organisme yang sudah mati. Contohnya beberapa jenis bakteri pembusuk dan jamur.

Secara garis besar tingkatan trofik yang sudah dibahas namun tidak selalu seperti di atas karena ada banyak jenis varian tingkatan trofik. Misalnya proses rantai makanan yang terdiri dari 5 atau lebih tingkatan tropik. Sebaliknya bisa juga jadi hanya melewat 3 trofik saja untuk mencapai tingkatan paling atas.

Jika proses rantai makanan panjang maka energi yang ada semakin sedikit. Sedangkan jika rantai makanan semakin pendek maka energi yang tersedia juga banyak.

Baca juga : Pengertian Ekosistem Dalam Biologi Dan Contohnya

Jenis-Jenis Rantai Makanan

Berdasarkan organisme yang mengawali, rantai makanan ternyata di bagi menjadi beberapa tipe. Dan tipe-tipe itu adalah rantai perumput, rantai detritus, rantai parasit, dan rantai saprofit. Berikut  ini perbedaan masing-masing tipe.

Rantai Makanan Rerumputan

Tipe rerumputan ialah urutuan perpindahan makanan yang paling awal atau trofik tingkat pertama yaitu produsen.

Contoh rantai rerumputan adalah : Ramput – Tikus – Ular – Elang

Rantai Makanan Detritus

Tipe Destritus ialah rangkaian perpindahan makananan yang diawali dari organisme pengurangi berupa bakteri. Benda-benda alam yang sudah hancur diurai dan kemudian dimakan oleh organisme semisal rayap, cacing.

Contoh rantai Detritus adalah : Sampah Kayu – Rayap – Ayam – Ular

Rantai Parasit

Tipe rantai parasit ialah tipe rantai makanan yang organisme yang memakan inangnya atau hewan yang lebih besar.

Contoh rantai parasit adalah : Kerbau – Kutu – Burung Jalak – Elang

Contoh Rantai Makanan

Rantai makanan makluk hidup mempunyai berbagai bentuk yang berbeda, tergantung dimana organisme itu tinggal. Misalnya hewan yang berada di laut tentu mempunyai rangkaian transfer energi makanan yang berbeda dengan yang hidup di sawah.

Dan masih banyak lagi berbagai tempat misalnya di darat, hutan, padang rumput, dan kebun pasti mempunyai ciri khas masing-masing. Di bawah ini ada beberapa contoh dari rantai makanan dengan tempat yang berbeda. Langsung simak aja yuk !

Contoh Rantai Makanan di Sawah

Sawah adalah tempat tumbuh subur berbagai jenis tumbuhan dan makluk hidup. Salah satu contoh rantai makanan di sawah adalah :

Energi Matahari →Padi →Burung Pemakan Biji-bijian →Ular Sawah →Elang →Bakteri Pengurai.

Tanda panah diatas adalah tanda proses makan dan dimakan. Penjelasannya berawal dari energi matahari yang diterima padi sebagai pendorong proses perkembangan untuk menghasilkan biji. Lalu ada hewan pemakan biji-bijian seperti burung emprit dan jalak yang mengumpulkan dan memakan biji padi tersebut.

Sebagian biji yang di kumpulkan dan sebagian di berikan kepada anak-anaknya. Biasanya bayi burung akan cenderung dimangsa ular sawah. Setelah itu ular sawah masih dapat dimangsa oleh hewan karnivora lainnya yaitu burung elang. Akan tetapi itu belum masuk ke trofik yang paling tinggi karena masih ada bakteri pengurai. Fungsinya ialah nantinya akan mengurai tubuh elang ketika sudah meninggal.

Contoh Rantai Makanan di Laut

Dalam ekosistem laut ada makhluk hidup yang sangat beragam dan saling makan atau dimakan. Contoh rantai makanan di laut adalah :

Energi Matahari → Alga → Ikan Kecil → Ikan Besar → Hiu → Bakteri Pengurai.

Penjelasannya diawali dengan energi cahaya matahari yang diterima alga. Lalu sinar matahari diolah oleh alga untuk memproduksi makanannya sediri. Kemudian alga dimakan oleh ikan kecil dan selanjutnya ikan kecil dimakan oleh ikan yang berukuran besar.

Sedangkan Ikan hiu adalah pemangsa terakhir dari jenis hewan laut. setelah itu hewan tersebut meninggal maka proses pembusukan di lakukan oleh bakteri laut.

Contoh Rantai Makanan di Darat

Daratan adalah tempat sebagian makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhan energi tubuhnya. Contoh rantai makanan di darat adalah :

Rumput → Zebra → Singa → Bakteri

Pada contoh di darat proses urutan peredaran energi makanan diawali dari rerumput yang hidup dan berkembang. Lalu rumput tersebut dimakan oleh hewan seperti zebra karena binatang tersebut suka memakan tanaman rumput sebagai asupan energinya.

Tingkatan trofik selanjutnya yaitu karnivora yaitu singa. Seperti yang kita ketahui bahwa binatang ini suka memangsa berbagai jenis hewan herbivora seperti zebra di atas. Dengan berjalannya waktu singa pasti akan mati dan bakteri akan mengurangi tubuhnya.

Contoh Rantai Makanan di Hutan

Sebenarnya banyak sekali contoh rantai urutan makanan di hutan. Salah satunya adalah sebagai berikut :

Energi Matahari → Rumput → Kelinci → Serigala → Bakteri Pengurai

Prosesnya diawali oleh energi matahari yang di terima oleh rumput untuk melakukan fotosintesis. Oleh karena itu rerumputan akan tumbuh dengan baik dan berdaun lebat. Daun-daun tersebut lalu dimakan oleh hewan herbivora seperti kelinci. Kemudian serigala sebagai hewan karnivora memangsa kelinci.

Contoh Rantai Makanan Perumput

Sebenarnya pada setiap contoh mempunyai kesamaan dan kebanyakan diawali oleh rumput. Seperti contoh berikut ini :

Padi → Belalang → Katak → Ular

Jenis proses pengiriman energi makanan perumput di awali oleh tumbuhan hijau, contohnya adalah padi. Tanaman tersebut banyak di makan oleh belalang yang sering dianggap hama bagi para petani.

Belalang yang suka memakan tanaman padi lalu dimakan oleh katak. Kemudian ada hewan karnivora yang memangsa hewan amfibi tersebut yaitu Ular.

Contoh Rantai Makanan di Kebun

Salah satu bentuk ekosistem buatan ialah kebun. Di dalam tempat itu ada berbagai macam hewan yang saling membentuk rantai makanan. Contoh sederhananya adalah sebagai berikut.

Energi Matahari → Tanaman Jambu → Ulat → Belalang → Ular → Burung Elang → Dekomposer

Pada rantai ini diawali oleh energi matahari yang di terima tanaman jambu untuk mengolah makanan. Di pohon jambu juga ada dedaunan yang cukup rindang, pasti didalamnya terdapat ulat yang memakannya.

Ulat yang banyak tinggal di dedaunan akan menjadi mangsa belalang. lalu dimangsa oleh hewan karniora yaitu ular. Masih ada satu lagi proses makan dan dimakan yaitu burung elang memakan ular. Ketika burung Elang sudah mati, maka dekomposer betugas untuk mengurainya.

Sekian ulasan mengenai pengertian rantai makanan jenis-jenisnya serta contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua yang membaca.

(Visited 187 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *