Pengertian Puasa Muharram, Niat Puasa Serta Keutamaannya

Posted on

Pengertian Bulan Muharram

Pengertian Puasa Muharram adalah salah satu bulan yang sangat istimewa karena bulan inilah awal dari penanggalan hijriyah, ada banyak sekali peristiwa hebat pada bulan muharram ini dan juga di anggap bulan paling suci ke dua setelah bulan ramadhan.

Awal kata muharram dari bahasa arab yang artinya di haramkan, apa saja sih sebenarnya yang di haramkan, menurut cerita di hadist bulan muharram ini di haramkan untuk berperang dan juga menumpahkan darah pada saat Rosul Allah masih hidup.

Selain di haramkannya peperangan muharram juga di kenal dengan bulan asyura, dimana saat nabi Musa bertempur habis-habisan melawan para tentara firaun yang mempunyai senjata yang lengkap, walapun nabi Musa dan kaumnya tidak memiliki pedang untuk bertempur namun Allah berkata lain dengan memenangkan pihak Nabi Musa atas Firaun dengan menenggelamkan semua bala tentaranya di laut.

Pengertian Puasa Muharram Dan Hikmahnya
Pengertian Puasa Muharram Dan Hikmahnya

Kisah Di Sunnahkannya Puasa Muharram

Kisah ini sudah sangat akrab di telinga kita bagi umat islam khususnya, denga kemenangan tersebut Nabi Muhammad SAW dengan tegas memerintahkan kepada kita umat muslim untuk berpuasa di hari kesepuluh muharram dan hari sebelumnya yaitu hari Tasu’a.

Tidak hanya kisah Nabi Musa As saja di bulan tersebut ada banyak sekali kejadian besar yang terjadi pada bulan tersebut salah satunya yaitu Bertobatnya Nabi Adam bapak seluruh umat manusia dan kejadian ini menepati hari kesepuluh muharram.

Contoh kejadian lainnya yaitu Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi setelah kejadian tenggelamnya bumi yang di terjang banjir sangat dahsyat sekali karena durhakanya umat Nabi Nuh di kala itu.

Pada 10 Muharram juga Nabi Ibrahim AS selamat dari siksaan yang sangat pedih yang di lakukan oleh Raja Namrud dengan membakar Nabi Ibrahim hidup-hidup di lapangan.

Di bebaskannya Nabi Yusuf dari penjara raja mesir yang sangat kejam, kala itu beliu di fitnah melakukan tindakan yang tidak senonoh kepada Zulaikha namun kenyataannya zulaikha lah yang menggoda Yusuf karena ketampanannya, selamat bagi kamu yang tampan jangan sia-siakan ketampananmu dan banyak bersyukurlah.

Keluarnya Nabi Yunus dari perut ikan paus yang menelannya selama 40 hari 40 malam setelah meninggalkan kaumnya yang tidak bisa di atur, kejadian ini bermula saat di tengah badai dan awak kapal akan mengurangi beban kapalnya dan di lakukanlah undian dan ternyata Nabi Yunus AS lah yang selalu keluar dan terjunlah nabi kita ke dalam lautan yang sangat dalam sekali.

Di angkatnya penyakit menahun yang di alami oleh Nabi Ayyub AS yaitu penyakit kulit yang sudah mengerogoti tubuh beliu hingga habis, kesembuhan yang di berikan Allah SWT kepada nabi ayyub juga bertepatan pada 10 muharram ini, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah mengetahui semua kisah di atas tentunya kita sebagai umat islam atau muslim seyogyanya mengikuti apa yang di sunnahkan untuk kita yaitu berpuasa sunnah pada bulan muharram tersebut untuk niatnya silahkan simak di bawah ini.

Niat Puasa Muharram Dan Artinya

Niat Puasa Tasu'a Dan Asyura
Niat Puasa Tasu’a Dan Asyura
Niat Puasa Sunnah 2 hari muharram
Niat Puasa Sunnah 2 hari muharram

Keutamaan Puasa Bulan Muharram Dan Waktu Di lakukannya

Berpuasa pada tanggal 10 muharram sangat di tekankan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam melalui sabda beliau yang artinya :

Dan berpuasalah pada hari asyura, saya berharap kepada Allah Ta’ala supaya dapat menghapuskan dosa setahun yang telah lalu

Dengan sabda di atas bisa kita pelajari bahwa dengan berpuasa pada hari asyura dan sehari sebelumnya dapat menghapuskan dosa kita setahun penuh yang telah berlalu, siapa yang tidak ingin dosanya di ampuni oleh Allah…? pasti semua umat islam menginginkannya.

Ada beberapa tingkatan dalam melaksanakan puasa di bulan muharram para ulama berpendapat seperti berikut :

  1. Tingkat satu: Berpuasa sunnah pada tanggal 9, 10 dan 11 Muharram
  2. Tingkat kedua: Berpuasa sunnah pada tanggal 9 dan 10 Muharram
  3. Tingkat ketiga: Berpuasa sunnah pada tanggal 10 dan 11 Muharram
  4. Tingkat keempat: Berpuasa sunnah hanya pada tanggal 10 Muharram

Dan beberapa ulama memakruhkan melakukan puasa sunnah pada tanggal sepuluh muharram, karena pada saat itu orang-orang yahudi juga melakukan puasa, kenapa di makruhkan…? agar tidak menyerupai atau mendekati apa yang di lakukan orang yahudi tersebut, ketentuan ini di ambil dari pendapat para ulama yaitu Ibnu Abbas, Abi Hanifah dan Imam Ahmad Wallahu A’lam.

Pendapat yang kuat berpendapat bahwa tidak masalah melaksanakan puasa muharram pada tanggal 10 karena mengikuti apa yang di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada saat selama beliau masih hidup.

Demikianlah postingan mengenai Pengertian Puasa Muharram, niat serta hikmahnya yang dapat admin bagikan semoga kita semua dapat melaksanakan apa yang menjadi sunnah rosul dan semoga dosa kita di hapuskan oleh Allah SWT Amin……

(Visited 25 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *