Pengertian Prakerin, Tujuan Dan Manfaat Prakerin

Posted on

Pengertian Prakerin, Tujuan Dan Manfaat Prakerin – Hay gays bagi kamu yang sekolah menengah kejuruan pastinya wajib mengikuti prakerin ya. Lalu apa sih pengertian prakerin dan kenapa harus diadakannya prakerin untuk siswa/siswi smk, dan apa manfaatnya prakerin untuk pelajar SMK. Simak penjelasannya berikut ini ya gays.

Pengertian Prakerin

Apa itu Prakerin? Prakerin (Praktek Kerja Industri) ialah suatu kegiatan pendidikan yang wajib di ikuti untuk siswa/siswi SMK, pelatihan dan pembelajaran yang di laksanakan di dunia industri atau dunia kerja dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi SMK dengan kompetensi/kemampuan siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak dan ketat dalam persaingannya.

Dalam pelaksanaanya di lakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang di suatu  tempat kerja baik di dunia usaha ataupun dunia industri setidaknya sudah mempunyai kemampuan dasar sesuai dengan bidang yang di gelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing di sekolah untuk mempunyai ilmu – ilmu dasar yang akan di terapkan dalam dunia usaha atau dunia industri.

Pengertian Prakerin

Alasan utama mengapa para siswa/ siswi SMK harus mempunyai bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan praktek kerja industri tidak mengalami kendala dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu – ilmu baru yang tidak di ajarkan oleh kejuruan terkait.

Dalam pelaksanaan prakerin ini di harapkan setiap siswa/siswi mampu mengikuti serta memahami kegiatan kerja yang di lakukan di dunia usaha atau pun di dunia industri agar siswa/ siswa tersebut dapat  mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa dan siswi tersebut mampu menunjukan kinerja nya secara maksimal apa yang telah di lakukan nya selama berada didunia usaha atau dunia industri.

Landasan Hukum Prakerin

KEPMEN Pendidikan Dan Kebudayaan No.323/u/1997, Tentang  UU No.20 tahun 2003 Tentang sistem pendidikan Nasional : pendidikan adalah usaha dasar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri nya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan diri nya, masyarakat Bangsa Dan Negara, dan penyelengaaraan Prakerin SMK

Baca Juga : Pengertian Pemasaran

Tujuan Di Adakannya Prakerin

Tujuan prakerin atau PKL yang paling utama ialah meningkatkan kompetensi siswa dalam melatih kemampuan dalam dunia kerja. Selain itu, tujuan lainnya ialah wadah untuk meningkatkan kualitas siswa SMK menurut jurusan masing-masing. Kegiatan ini di tujukkan untuk memantapkan kegiatan di dunia kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Berikut ini tujuan diadakan prakerin :

  • Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah.
  • Membentuk Pola pikir yang membangun siswa dan siswi prakerin
  • Melatih siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional di dalam dunia kerja yang sebenarnya
  • Membentuk semangat kerja yang baik bagi siswa/siswi praktek kerja industri
  • Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa dan siswi prakerin sesuai bidangnya masing masing.
  • Menambah jenis keterampilan yang di miliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri ataupun dunia usaha.

Manfaat Prakerin

Berikut ini merupakan beberapa manfaat prakerin :

  • Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semangat kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
  • Memperkuat hubungan sekolah dengan dunia industri dan dunia usaha
  • Memajukan Efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
  • Memberikan penghargaan dan Pengakuan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
  • Menyiapkan SDM yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era teknologi informasi dan komunikasi.

Demikianlah artikel pengertian prakerin, semoga bermanfaat untuk kamu ya gays.

“Pengertian Prakerin, Tujuan Dan Manfaat Prakerin”

(Visited 746 times, 5 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *