Pengertian Poster, Tujuan, Ciri, Jenis, Syarat Dan Cara Membuatnya

Posted on

Hello gaes, tahukah kalian apa yang di maksud dengan poster? Tentu sudah tak asing bagi kalian bukan? Tapi apakah kalian mengetahui secara jelas apa itu pengertian poster secara terperinci?. Oke gaes jika kalian belum mengetahui secara jelas serta gamblang, yuk simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Poster, Tujuan, Ciri, Jenis, Syarat Dan Cara Membuatnya
Pengertian Poster, Tujuan, Ciri, Jenis, Syarat Dan Cara Membuatnya

Poster adalah suatu karya seni yang memuat komposisi huruf dan gambar yang di buat diatas kertas yang berukuran besar dan biasanya di tempelkan pada tempat yang datar dan strategis supaya bisa di lihat oleh banyak orang.

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Menurut KBBI poster adalah plakat yang terpasang ditempat-tempat umum dan biasanya berupa iklan dan pengumuman.

Dan poster sendiri biasanya ditempelkan pada tempat yang ramai dan strategis misalnya di sekolah, pasar, objek wisata dan tempat lainnya. Pada umumnya poster berisi ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu.

Pengertian Poster Propaganda

poster propaganda adalah poster yang memiliki tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

Tujuan Poster

Umumnya poster di buat dengan tujuan sebagai media publikasi supaya masyarakat dapat membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Disamping itu, secara khusus poster di buat dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, misalnya untuk tujuan komersial, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Teks Iklan

Ciri Ciri Poster

  • Desain grafis dari poster harus memuat atau berisi komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
  • Menggunakan cara pengaplikasian dengan cara di tempel pada dinding, tempat umum atau permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal mungkin.
  • Pada umumnya poster di buat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
  • memakai bahasa yang singkat, jelas, dan tidak rancu supaya mudah dipahami.
  • Dan pesan yang ingin di sampaikan sebaiknya di sertai dengan gambar.
  • Poster bisa dibaca secara sambil lalu.

Jenis-Jenis Poster beserta contohnya

Poster Layanan Masyarakat

adalah poster dengan tujuan mensosialisasikan program layanan masyarakat yang digagas oleh pemerintah. Salah satu contohnya adalah layanan posyandu.

Poster Pendidikan

merupakan poster yang berisi berbagai informasi pendidikan seperti sosialisasi program pendidikan dari pemerintah. Dan salah satu contohnya adalah ketika pemerintah mensosialisasikan program wajib belajar 9 tahun. Maka selama periode sosialisasi tersebut, ada banyak poster yang disebar di berbagai tempat.

Poster Kegiatan

dalam upaya publikasi kegiatan, sebuah penyelenggara acara biasanya membuat poster yang berisi informasi acara. Dan informasi tersebut meliputi hal-hal umum seperti waktu dan tempat acara berlangsung, tema acara, beserta gambar-gambar yang dibuat untuk menarik minat pengunjung.

Poster Niaga

adalah poster yang paling banyak dipampang dan Isinya adalah kalimat serta gambar promosi produk. Dan di Indonesia, salah satu poster niaga yang sering kita lihat adalah poster produk rokok.

Syarat – Syarat Poster

berikut ini adalah syarat-syarat poster diantaranya :

  • Menggunakan bahasa dan juga kalimat yang mudah di pahami oleh banyak orang.
  • Harus menggunakan kalimat yang singkat, padat dan juga jelas.
  • Mengkombinasikan antara gambar yang menarik dengan tulisan.
  • Bentuk nya harus dibuat semenarik mungkin.
  • Penempatan poster harus pada tempat-tempat yang ramai.
  • Kualitas bahan pembuatan poster haruslah yang baik, agar poster tidak mudah rusak.

Cara Membuat Poster

Tentukan Topik & Tujuan

Yang pertama, Anda harus menentukan apa yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah membahas produk kecantikan, kegiatan sosial, atau sebuah film animasi.

Lalu, tentukan pula alasan Anda membuat poster tersebut. Apakah anda membuatnya untuk promosi? atau hanya sekedar sosialisasi. Sudah tentu, poster-poster promosi lebih membutuhkan riset serius dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan daripada sebuah poster sosialisasi program.

Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti

Biasanya poster di baca secara sekilas oleh pengunjung. Dan sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster.

Maka dari itu, buatlah kalimat yang singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Yang nantinya, melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang di tulis oleh para pembuat poster bisa tersampaikan dengan baik.

Namun, jangan sampai kata-kata itu malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Maka buatlah kalimat yang jelas serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu (terutama ketika Anda membuat poster promosi produk).

Gunakan Gambar

Sebuah gambar merupakan suatu alat penyampai pesan yang paling menarik. Dan inilah mengapa berbagai poster saat ini menggunakan gambar dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan.

Dengan gambar yang  berwarna mencolok adalah jenis yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak.

 Gunakan Media yang Tepat

Tempat di tempelnya poster atau media akan menentukan apakah poster Anda banyak di lihat atau tidak. Dan jika Anda menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster tersebut jauh lebih ‘laris’ ketimbang jika ditempel pada dinding-dinding perkampungan.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian poster secara lengkap, semoga dengan tulisan yang sederhana ini dapat menambah informasi juga wawasan kalian ya.

(Visited 6 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *