Pengertian Peta Minda, Metode Serta Manfaatnya

Posted on

Pembelajaran merupakan sebuah hal yang selalu membutuhkan hal-hal baru yang kreatif. Sebuah masalah tak hanya selalu dapat diselesaikan dengan metode ceramah saja, karena ada banyak metode kreatif yang dapat menunjang pembelajaran.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran berfungsi untuk membantu siswa untuk lebih mudah mempelajari materi pembelajaran. Sekakin kreatif metode yang digunakan tentunya akan semakin memudahkan individu untuk belajar.

Peta Minda Atau Metode Pembelajaran
Peta Minda Atau Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran tak harus monoton yakni dengan ceramah, karena hal itu tentunya membuat individu menjadi bosan. Untuk itu dibutuhkan sebuah metode yang unik dan menyenangkan serta efektif dalam sebuah pembelajaran untuk membangun minat belajar.

Salah satu metode pembelajaran yang cukup terbilang efektif dalam memudahkan idividu untuk memeplajari hal baru yaitu metode peta minda.

Peta mind atau lebih dikenal dengan sebutan mind maping petama kali dikembangkan oleh Tony Buzan, yaitu seorang psikolog dari Inggris.

Metode ini juga dikenal dengan peta pikiran yang dirancang khusus untuk memudahkan kamu dalam mempelajari dan menuangkan pikiran kamu terhadap sebuah persoalan, seperti halnya dalam memahami pengertian kewirausahaan sangat dibutuhkan metode ini.

Bagi kamu yang masih bingung dengan metode pembelajaran ini, mari simak penjelasan berikut.

Definisi Mind Maping (Peta Minda).

Pengertian peta minda atau peta konsep adalah sebuah proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalah tertentu dari cabang-cabang sel saraf.

Sehingga mampu terbentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman yang kemudian hasilnya dituangkan di atas kertas dengan menggunakan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya.

Dari hasil peta konsep tersebut akan dihasilkan sebuah tulisan yang merupakan gambaran langsung dari kerja koneksi-koneksi otak.

Peta minda atau mind maping atau dikenal juga dengan sebutan peta konsep adalah sebuah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah untuk menangkap berbagai pemikiran dari semua sudut.

Mind maping menggabungkan antara cara berpikir divergen dan cara berpikir kreatif dan emnjadi cara tepat serta paling mudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak untuk kemudian diambil kembali ketika dibutuhkan.

Manfaat Mind Maping Atau Peta Minda

Mind maping harus dipahami oleh seorang pendidik karena dapat membantu siswa dalam memperlajari pembelajaran. Beberapa manfaat penerapan peta konsep ini yaitu:

1. Membantu seorang untuk dapat merencanakan dan berkomunikasi

2. Membuat kamu lebih kreatif

3. Membantu kamu dalam menyelesaikan masalah

4. Membantu kamu untuk lebih fokus dalam menyelesaiakn sebuah masalah

5. Memudahkan kamu dalam menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran yang ada dalam pemikiran kamu

6. Membantu kamu untuk lebih mudah mengingat yang tenagh dipelajari

7. Dan membantu kamu untuk dapat belajar lebih cepat, efesien serta melatih gambar keseluruhan.

8. Mampu mengefesienkan waktu dalam mempelajari sebuah informasi

Dengan kata lain metode pembelajaran peta konsep ini mampu menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal dan mengubah pola pencatatan waktu menjadi lebih efektif dan membuat individu dapat memahami suatu hal dalam waktu yang singkat.

Cara Membuat Mind Mapping

Mind mapping juga memiliki pengertian sebagai alat berpikir yang mampu mencerminkan cara kerja alami dari otak manusia. Dengan penggunaan peta minda ini memungkinkan otak untuk dapat menggunakan semua gambar dan asosiasinya dalam sebuah pola radial dan jaringan sebagaimana sebuah otak dirancang. Cara membuat peta minda yaitu:

1. Menentukan bahan bacaan yaitu mencari tema yang tepat dengan yang tenagh dipelajari

2. Menentukan konsep-konsep yang relevan

3. Mengurutkan konsep mulai dari yang paling inklusif hingga ke yang tidak inklusif

4. Mulai menyusun konsep-konsep di atas kertas dengan menempatkan konsep yang paling inklusif di puncak kemudian terus kebawahnya dengan konsep-konsep lain.

5. Menghubungkan konsep-konsep yang berkaitan dengan garis dan kata penghubung

6. Mengembangkan peta minda .

Alternatif Solusi Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Peta Minda

Dalam metode peta konsep, solusi pemecahan masalah yang ditawarkan adalah melalui cara berpikir radial yaitu mirip sebatang pohon dengan cabang rantingnya.

Sebuah ide pokok atau masalah digambarkan sebagai batang, semencara cabang-cabangnya menggambarkan solusi alternatif yang dapat kamu gunakan untuk memecahkan masalah tersebut.

Itu dia sedikit penjabaran dari pengertian peta minda beserta langkah pembuatannya, semoga bermanfaat bagi kamu.

(Visited 97 times, 2 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *