Rofiana Fika Sari Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Pengertian Perubahan Sosial Budaya Dan Faktornya

2 min read

Hay sobat, kali ini saya akan mengulas tentang pengertian perubahan sosial budaya. Secara umum pengertian Perubahan Sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalam nilai-nilai sikap serta pola perilaku di antara kelompok dalam masyarakat. Yuk lebih jelasnya simak penjelasn berikut ini !

Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial adalah suatu fenomena sosial yang selalu ada dalam masyarakat. Banyak para ahli sosial yang berusaha mengkaji dan mempelajari perubahan sosial secara lebih mendalam sehingga melahirkan pengertian perubahan sosial yang berbeda–beda sesuai dengan pandangannya masing–masing. Perubahan sosial budaya ialah perubahan pada kebudayaan atau kebiasaan pada masyarakat.

Pengertian Perubahan Sosial Budaya Dan Faktornya

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Beberapa Ahli

Selain pengertian perubahan sosial di atas, para ahli dan pakar mempunyai pandangan dan pendapat yang berbeda-beda dalam mendefinisikan apa itu perubahan sosial. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan berikut ini !

Menurut Selo Sumardjan

Perubahan sosial ialah semua perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, dan mencakup di dalamnya nilai-nilai dan pola-pola perilaku di antara kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat.

Gillin

Perubahan sosial ialah cara-cara hidup yang sudah di terima baik karena kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun adanya penemuan baru dalam masyarakat itu.

Kingsley Davis

Perubahan sosial ialah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat

Mac Iver

Perubahan sosial ialah perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial

William Oqburn

Perubahan sosial ialah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

Unsur-unsur perubahan sosial

Berikut ini ada beberapa unsur-unsur dari perubahan sosial :

Interaksi sosial

Yaitu hubungan timbal balik antara individu-individu, kelompok-kelompok, individu-kelompok dalam kehidupan masyarakat.

Lembaga-lembaga sosial

Yaitu lembaga yang memuat aturan-aturan pada kebutuhan pokok manusia dari segala tingkatannya.

Kelompok sosial

Yaitu pengelempokan manusia berdasarkan kepentingan tertentu.

Pelapisan (sartifikasi) sosial

Yaitu pengelompokan penduduk/masyarakat berdasarkan tingkat sosialnya.

Baca Juga : Pengertian Hubungan Sosial, Jenis Dan Contoh Hubungan Sosial

Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya

Berikut ini adalah beberapa faktor pendorong perubahan sosial budaya diantaranya adalah :

Timbunan Kebudayaan dan Penemuan Baru

Kebudayaan dalam masyarakat selalu mengalami penimbunan atau penumpukan, yaitu budaya masyarakat semakin beragam dan bertambah. Bertambah serta beragamannya budaya ini umumnya di sebabkan oleh adanya penemuan baru dalam masyarakat.

Perubahan Jumlah Penduduk

Bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk suatu daerah akan mengakibatkan perubahan struktur masyarakat terutama lembaga kemasyarakatannya.

Pertentangan atau Konflik

Pertentangan atau konflik yang terjadi dalam masyarakat karena kemajemukan menyebabkan perubahan sosial. Dalam masyarakat yang heterogen, sifat individualitas masih lekat sehingga satu sama lainnya tidak mempunyai hubungan yang dekat. Padahal sumber kebutuhan semakin terbatas. Persaingan untuk memperebutkan sumber kebutuhan akan mendorong masyarakat untuk berkreasi menciptakan alternatif pemenuhan sumber kebutuhan.

Terjadinya Pemberontakan atau Revolusi

Perubahan Sosial Budaya bisa bersumber dari luar masyarakat itu sendiri di antaranya sebab yang berasal dari lingkungan alam fisik di sekitar manusia, seperti Bencana alam dan peperangan.

Sistem Terbuka Lapisan Masyarakat

Masyarakat dengan sistem lapisan yang terbuka akan cenderung lebih mudah mengalami perubahan daripada dengan sistem lapisan tertutup. Masyarakat akan cenderung memberikan kesempatan berkarya untuk manusia-manusia yang potensial

Sikap Menghargai Hasil Karya Seseorang Serta Keinginan Untuk Maju

Sikap masyarakat yang mau menghargai hasil karya orang lain akan membuat orang terdorong untuk melakukan penelitian. Dengan demikian akan menghasilkan sebuah karya yang berguna untuk masyarakat.

Sistem Pendidikan Formal yang maju

Kualitas pendidikan yang tinggi mampu mengubah pola pikir. Masyarakat yang mempunyai pendidikan tinggi akan lebih rasional dalam berpikir dan bertindak

Orientasi ke Masa Depan

Dengan keinginan untuk memperoleh masa depan yang lebih baik akan mendorong perubahan sosial budaya masyarakat.

Akulurasi

Alkulturasi adalah pertemuan dua kebudayaan dari bangsa yang berbeda dan saling memengaruhi. Proses akulturasi berlangsung lama dan terus menerus. Proses ini berakibat pada perpaduan kebudayaan dan pola budaya semua akan berubah

Asimilasi

Asimilasi ialah perpaduan dua kebudayaan yang berbeda secara berangsur angsur berkembang sehingga memunculkan budaya baru

Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya

  • Kurangnya hubungan dengan masyarakat-masyarakat lain
  • Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat
  • Sikap masyarakat yang sangat tradisional
  • Adanya kepentingan-kepentingan yang sudah tertanam sangat kuat
  • Rasa takut terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan
  • Prasangka terhadap hal-hal yang baru, asing dan sikap yang tertutup
  • Hambatan-hambatan yang bersifat ideologis
  • Adat atau kebiasaan
  • Nilai bahwa hidup ini pada hakikatnya buruk dan tak mungkin/sulit diperbaiki.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian perubahan sosial budaya dan faktornya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua dan dapat menambah wawasan kamu tentunya..

(Visited 3.549 times, 2 visits today)
Loading...
Rofiana Fika Sari Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *