Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri, Faktor Serta Contohnya

Posted on

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri, Faktor Serta Contohnya – Apa yang di maksud dengan pertumbuhan ekonomi??? sudahkah kamu mengetahuinya..? apabila kamu belum faham dengan penjelasan pertumbuhan ekonomi maka pas sekali jika kalian berkunjung di website ini.

Pada kesempatan yang baik ini saya ingin berbagi kepasa pembaca mengenai pentingnya pengertian pertumbuhan ekonomi secara lokal maupun menyeluruh, ciri-ciri pertumbuhan ekonomi serta apa saja faktor yang mempengaruhi bahkan menentukan pertumbuhan ekonomi tersebut secara lengkap.

Untuk lebih jelasnya simak semua ulasan di bawah ini.

Pertumbuhan Ekonomi
Simulasi Pertumbuhan Ekonomi

Pengetian Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah : Kemampuan meningkatkan nilai jual yang di lakukan oleh sebuah negara untuk menyediakan barang-barang ekonomi yang di perlukan oleh masyarakat, pengembangan ini dapat di pengaruhi dengan adanya ideologi serta kemajuan teknologi di negara tersebut.

Tiga Aspek Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

1. Meningkatnya persediaan barang yang di kelola oleh suatu negara, baik itu barang untuk masyarakat atau untuk kepentingan ekspor

2. Teknologi menjadi salah satu acuan dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara, dengan teknologi yang maju maka negara tersebut akan lebih cepat mengadakan barang-barang yang di butuhkan masyarakatnya.

3. Ideologi menjadi akar dari semua pengembangan pertumbuhan teknologi tersebut, dengan memanfaatkan ideologi yang tepat maka penggunaan teknologi untuk meningkatkan persediaan barang akan lebih bermanfaat dan tepat sasaran.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

Harrord Domar

Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut Harrord Domar adalah : Modal menjadi aspek utama untuk menentukan pertumbuhan ekonomi jika di gunakan secara efektif, selain modal pendapatan dan kesempatan kerja menjadi penopang pertumbuhan ekonomi.

David Ricardo

Menurut Dafid Ricardo pengertian pertumbuhan ekonomi yaitu : Pertumbuhan penduduk yang besar akan mengakibatkan banyaknya tenaga kerja, dengan banyaknya tenaga kerja maka akan menurunkan upah secara minimum yang hanya mampu untuk membiayai taraf hidup dan perekonomian akan mandeg (statonary state)

Robert Solow

Sedangkan pengertian pertumbuhan ekonomi menurut Robert adalah : rangkaian kegiatan yang di timbulkan dari sumberdaya manusia, modal, teknologi, import dan eksport, kelebihan pertumbuhan penduduk dapat berakibat positif dan negatif namun apa bila kelebihan tersebut di manfaatkan sebagai sumberdaya yang positif maka akan menunjang pertumbuhan ekonomi yang baik.

Adam Smith

Adam smith mengutarakan pengertian pertumbuhan ekonomi berasal dari pertumbuhan penduduk, dengan pertambahan penduduk ini akan menghasilkan sumberdaya serta pertambahan output.

Ciri – Ciri Serta Contoh Pertumbuhan Ekonomi

Untuk melihat apa saja ciri-ciri yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi ada banyak sekali mulai dari berkembangnya penduduk, produsen, konsumen dan lain sebagainya, untuk lebih rincinya bisa dilihat pada daftar di bawah ini.

1. Meningkatnya kegiatan penduduk untuk memenuhi kebutahan sendiri maupun keluarga
2. Menjadikan individu sebagai konsumen sekaligus produsen
3. Naiknya nilai kebutuhan manusia
4. Terorganisirnya pembagian tugas dengan keahlian masing-masing
5. Terjadinya pertukaran barang dan jasa secara bebas
6. Semakin banyaknya pekerja untuk memenuhi kebutuhan sendiri
7. Usaha yang bertujuan untuk mencari keuntungan semata
8. Banyak munculnya masyarakat yang mempunyai alat produksi sendiri
9. Produksi semakin banyak dengan adanya alat yang lebih modern
10. Munculnya kelompok majikan dan buruh
11. Munculnya pembangunan pabrik-pabrik seperti pembangkit listrik
12. Menjalin kerjasama ekonomi dengan negara tetangga
13. Melakukan eksport ke berbagai begara
14. Bergabung dengan organisasi perekonomian dunia
15. Produk negara tersebut menjadi produk unggulan di negara tetangga

Dengan melihat lima belas rincian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi tersebut sedang berjalan, sedang naik atau malah turun dengan mudah, jika sudah memenuhi 15 kriteria di atas maka sudah bisa di pastikan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut sedang dalam masa berkembang.

Selain ciri-ciri di atas kita juga dapat melihat perkembangan dan pertumbuhan ekonomi dengan melihat faktor-faktor lainnya seperti penjelasan di bawah ini.

Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Faktor bertumbuhnya ekonomi ini dapat kita kategorikan menjadi 5 faktor utama untuk melihat hasil serta memetakan peluang usaha yang akan meningkatkan penghasilan, lima faktor tersebut yaitu :

1. Faktor Modal

Modal adalah salah satu faktor yang dapat menunjang perekonomian menjadi sangat maju karena modal sangat di butuhkan sekali untuk mengelola sumber daya alam serta menguatkan kualitas IPTEK.

Sumberdaya Modal dapat berupa dana atau barang-barang yang menunjang berjalannya pembangunan ekonomi dalam sebuah kelompok maupun perusahaan.

2. Faktor Budaya

Budaya sangat erat hubungannya dengan meningkatnya perkembangan ekonomi dalam masyarakat, dampak yang ditimbulkannyapun berfariasi dari penghambatan pembangunan serta kelancaran pembangunan.

Namun jika budaya tersebut mempunyai sikap pekerja keras, kerja serdas, jujur, ulet, telaten dan semangat dalam membangun maka akan menjadi tumpuan kelancaran pembangunan

Apabila budaya tersebut mempunyai sikap yang anarkis, boros, egois, korup maka yakinlah pertumbuhan ekonomi tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

3. Faktor Sumber Daya Alam

Sumberdaya alam yang melimpah di sebagian negara menjadi tumpuan utama untuk melancarkan proses pembangunan di negara tersebut seperti Indonesia menjadikan hasil alam untuk memeratakan pembangunan sebagai contoh waduk untuk pengairan persawahan dan lain sebagainya.

Namun sumber daya alam saja tidak akan mampu menjamin keberhasilan proses pembangunan apabila sumber daya manusianya masih belum dapat mengolah, dukungan sumber daya manusia sangat penting untuk mengolah sumber daya alam seperti kesuburan tanah, hasil hutan, pertambagan dan lain sebagainya.

4. Faktor Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Laju pertumbuhan ekonomi dalam negara akan sangat pesat jika mengikuti pedoman ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan adanya teknologi yang menggantikan pekerjaan manusia dengan mesin-mesin canggih akan menghasilkan kecepatan dalam produksi maupun kualitas dan kuantitas.

Sedangkan ilmu pengetahuan juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi dengan kemampuan yang dimiliki manusia untuk menjalankan teknologi modern, mengelola, serta mendistribusikannya.

5. Faktor Sumber Daya Manusia

Dalam menjalankan serta menumbuhkan perekonomian yang baik dan benar di butuhkan sumber daya manusia yang sangat banyak sekali, seperti halnya pembangunan tidak mungkin akan dapat di lakukan hanya dengan satu SDM saja.

Faktor utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat adalah sejauh mana kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki, lambat dan lancarnya pembangunan serta keberhasilan pengembangan perekonomian tergantung pada SDM tersebut.

(Visited 61 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *