Pengertian Persekusi, Contoh Kasus Serta Cara Menghindarinya

Selamat malam sobat pembaca IdPengertian.com kembali lagi kami hadir pada kesempatan yang indah ini untuk membagikan salah satu kata yang banyak sekali belum mengerti akan artinya yaitu pengertian persekusi serta penjelasannya, untuk lebih detailnya silahkan simak penjelasan berikut.

Pengertian Persekusi

Persekusi adalah suatu perlakuan buruk ataupun penganiayaan secara sistematis yang dilakukan oleh perseorangan individu maupun kelompok kepada kelompok atau perseorangan lainnya, yang sering terjadi yaitu karena suku, politik serta agama.

Stop Perlakuan Tindak Persekusi

Berhenti Melakukan Tindak Persekusi Yang Merugikan Banyak Pihak

Terjadinya pelecehan, penahanan, penderitaan serta ketakutan yang sangat berat bisa menjadi salah satu faktor terjadinya persekusi, namun hanya pelanggaran yang berat saja atau perlakuan yang sangat berat saja yang dapat masuk kedalam arti kata persekusi ini.

Jika kita lihat pengertian persekusi menurut kamus besar bahasa Indonesia yaitu perlakuan atau pemburuan terhadap seseorang secara sewenang-wenang atau juga kelompok dengan tindakan menyakiti, di rusak atau juga di tumpas.

Contoh Kasus Persekusi Yang Lagi Heboh Di Media Sosial

Belum lama ini terjadi penggerebekan yang dilakukan oleh sekelompok ormas kepada seseorang yang telah menghina pemimpin mereka di media sosial, dengan alasan pelurusan permasalahan, korban mengalami persekusi dari pihak atau kelompok ormas tersebut, ada beberapa video yang di unggah pada saat ormas tersebut mengerumuni pemuda yang mengunggah kata-kata yang dirasa kurang pantas di ucapkan.

Baca Juga : Pengertian Tentang Norma Kesopanan

Ada 2 korban yang mendapatkan perlakuan persekusi tersebut yaitu pemuda dan seorang wanita yang telah mempunyai anak satu, pada saat ibu anak satu tersebut mengendarai mobil tiba-tiba dia di cegat oleh beberapa orang yang berasal dari ormas yang kami sebutkan di atas, mereka menanyakan banyak hal dari mulai apa maksud ibu tersebut mengunggah statusnya di media sosial.

Ada banyak sekali contoh persekusi yang ada di lingkungan kita salah satunya yang kami jelaskan di atas, dengan demikian anda pasti akan sedikit tercerahkan dengan ulasan di atas, nah sekarang pasti akan timbul bagaimana agar kita terhindar dari perbuatan persekusi tersebut..? berikut kami jelaskan secara lengkap di bawah ini.

Cara Mencegah Perlakuan Persekusi

Untuk menghindari perlakuan persekusi tersebut admin bagi menjadi 3 bagian, jika anda menginginkan keamanan dalam bermasyarakat di media sosial maka silahkan ikuti penjelasan yang kami berikan.

1. Pikirkan Jika Mengucapkan Secara Langsung

Dalam bermedia sosial kita harus punya etika serta sopan santun agar tidak terjadi kasus yang sering sekali terjadi di negara kita tercinta ini, sebelum melakukan update status silahkan pikirkan dulu seperti pernyataan, berkomentar dan berita apapun itu, saring dulu kebenarannya, apakah menyakiti sesama atau mengumbar kejelekan orang lain, bayangkan jika kamu mengucapkan langsung kepada seseorang yang kalian tuju apakah itu sudah benar atau belum?

2. Pikirkan Akibatnya (Konsekuensinya)

Sebelum mengunggah pernyataan atau berkomentar pikirkan akibatnya pula, jika di rasa ucapan kalian tidak menyakiti, menyinggung atau menghina orang lain maka silahkan di lanjutkan, jika dirasa menyinggung serta menghina orang lain dalam kata-kata kalian maka pikirkan akibatnya nanti jangan sampai terlanjur mengatakan sesuatu namun kalian tidak dapat bertanggung jawab atas ucapan kalian.

3. Cek Informasi Yang Akurat Serta Pahami

Yang terakhir yaitu memahami suatu berita atau arti kata yang ingin diucapkan di status kalian, teliti kembali dari sumber yang benar-benar baik sumber beritanya, jangan sampai apa yang kamu publikasikan ternyata sebuah berita yang tidak benar atau Hoax (Berita Bohong)

Artikel Lainnya : Penjelasan Pulverisation Beserta Contohnya

Pola Terjadinya Persekusi

Setelah membaca semua ulasan di atas pasti kalian sudah memahami bagaimana persekusi tersebut bisa terjadi dan bagaimana menghindarinya, penjelasan berikut kami rangkum untuk melihat pola persekusi yang sering terjadi di lakukan.

1. Mentrackdown identitas orang-orang yang menghina ulama/Agama.

2. Menginstruksikan massa agar memburu target yang sudah disebarkan identitas, foto alamat kantor/rumahnya.

3. Aksi gruduk ke kantor/rumahnya oleh para massa.

4. Dibawa ke polisi dengan dikenakan Pasal 28 Ayat 2 UU ITE atau pasal 156a KUHP.

Melakukan tindakan persekusi ini sangat tidak kami sarankan karena bisa membuat nama baik kalian akan rusak, karena menurut kami tindakan ini merupakan tindakan main hakim sendiri sedangkan negara kita adalah negara hukum, dan kalian juga bisa terkena pelanggaran ham berat.

Jika kalian mendapat perlakuan persekusi berupa ucapan atau perlakuan yang tidak baik di dalam bersosial maka kalian dapat melaporkannya kepihak yang berwenang sesuai dengan UU ITE pasal 368 tentang pengancaman dan pasal 351 tentang penganiayaan dan satu lagi pencemaran nama baik dengan pasal 27 ayat 3 UU ITE.

Demikian penjelasan tentang pengertian persekusi yang dapat admin berikan, semoga dengan sedikit ulasan di atas bisa memberikan pencerahan serta pencegahan terhadap perlakuan yang tidak di inginkan di dunia media sosial, terimakasih banyak sudah mampir dan semoga bisa bermanfaat.

(Visited 35 times, 1 visits today)
Pengertian Persekusi, Contoh Kasus Serta Cara Menghindarinya | Admin | 4.5

Leave a Reply