Pengertian Pergaulan Bebas, Jenis, Ciri, Dampak Serta Contohnya

Posted on

Hello sobat Idpengertian.com sekalian, kalian udah pada tahu belum apa itu pergaulan bebas? Pastinya sudah pernah mendengar kata-kata itu bukan. Mimin yakin salah satu di antara kalian pasti sudah ada yang mengetahuinya tetapi belum tahu secara detailnya. Tapi tenang aja, kali ini mimin akan kasih tahu kalian dari pengertian sampai contohnya lengkap buat kalian semua kok. Oke deh tanpa panjang lebar lagi langsung saja simak pembahasannya di bawah ya.

Pengertian Pergaulan Bebas, Jenis, Ciri, Dampak Serta Contohnya
Pengertian Pergaulan Bebas, Jenis, Ciri, Dampak Serta Contohnya

Pergaulan bebas secara umum adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas dari kewajiban, tuntutan, aturan, syarat, dan perasaan malu. Kata bebas dalam hal ini memiliki makna perilaku yang menyimpang dari norma agama dan norma kesusilaan.

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli

Menurut KBBI

Pengertian pergaulan berarti kehidupan berteman atau bermasyarakat. Dan sedangkan bebas adalah lepas dan tidak terhalang, sehingga dapat berbicara, bergerak, dan berbuat sesuatu dengan leluasa, tanpa terikat oleh aturan. Jadi dapat di simpulkan bahwa arti pergaulan bebas adalah sebuah perilaku pertemanan yang tidak terikat oleh aturan dan norma-norma sosial yang berlaku di masyarakat, dalam hal ini adalah adat ketimuran yang menjunjung tinggi norma kesusilaan.

Jenis Jenis Pergaulan Bebas

  • Berhubungan seks bebas, melakukan perbuatan zina di luar nikah, tanpa pengaman, serta bertukar-tukar pasangan
  • Melakukan tawuran sesama pelajar baik itu dengan adu pukul atau menggunakan senjata tajam
  • Merokok dan penyalahgunaan narkoba
  • Berada di luar rumah menjadi gelandangan, hidup di jalanan dan putus sekolah
  • Dunia gemerlap (Dugem) atau clubbing, yaitu berkunjung ke diskotik atau klub malam, di mana merupakan gerbang menuju bentuk pergaulan bebas lainnya. Pengertian dugem adalah hiburan malam yang umumnya tidak di batasi dengan norma-norma sosial masyarakat penganut budaya timur.

Ciri Ciri Pergaulan Bebas

  • Sering menghamburkan harta untuk memenuhi keinginan sex bebasnya
  • Memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar
  • Timbulnya perubahan-perubahan emosi, pikiran, lingkungan pergaulan dan tanggung jawab yang di hadapi.
  • Terjerumus dalam pesta hura-hura dengan menggunakan obat-obat terlarang seperti ganja, putau, ekstasi, dan pil-pil setan lainnya.
  • Memperlihatkan perilaku munafik dalam masyarakat
  • Mempunyai perilaku yang tidak baik
  • Memakai pakaian yang terbuka
  • Gampang mengalami kegelisahan, tidak sabar, emosional, selalu ingin melawan, rasa malas, perubahan dalam keinginan, selalu menunjukkan eksistensi dan kebanggan diri serta selalu ingin mencoba banyak hal.
  • Sangat sering mengalami tekanan mental dan emosi
  • Bernafsu untuk mendapatkan harta dan uang dengan menghalalkan segala cara termasuk dengan jalan yang salah, keji dan haram.

Baca Juga : Pengertian Narkotika

Dampak Pergaulan Bebas

Bahaya Seks Bebas

Seks bebas adalah dua orang yang berhubungan suami istri tanpa ikatan pernikahan sampai dengan kehamilan di luar nikah yang tentu saja memalukan diri sendiri, orang tua, masyarakat, dan Indonesia dengan adat ketimuran.

Ketergantungan Obat

Dapat terjadi karena pengaruh dari ajakan teman karena pikiran yang masih labil menggiringnya mengkonsumsi obat terlarang. Hingga membuat ketagihan dengan ketergantungan obat-obat terlarang hingga berlebihan dan berdampak overdosis yang di akhiri dengan kematian.

Menurunnya Tingkat Kesehatan

Dengan adanya pergaulan bebas dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti HIV AIDS dan banyaknya yang menggugurkan kandungan. Dan tentu saja membahayakan kesehatannya serta mengkonsumsi obat-obat terlarang yang semua hal tersebut dapat menurunkan kesehatan.

Meningkatkan Kriminalitas

Dampak bahaya pergaulan bebas yang satu ini dapat terjadi karena jika pencadu narkoba tidak lagi memiliki uang untuk membeli maka jalan keluar yang cepat adalah dengan melakukan tindakan kriminalitas.

Meregangkan Hubungan Keluarga

Sebuah pergaulan bebas juga dapat meregangkan hubungan antara keluarga karena beberapa penyebab yang biasanya karena emosi meledak-ledak dan bahkan sampai rasa hormat kepada orang tua akan dapat hilang.

Menyebarkan Penyakit

Dan pergaulan bebas yang akrap dengan seks bebas, juga narkoba membuat berbagai penyakit dapat menyerang orang-orang sekitar yang tidak bersalah.

Menurunnya Prestasi

Tentu seseorang dengan pergaulan bebas lebih cenderung bersenang-senang dan dapat menghilangkan konsentrasi belajar akibat dari minuman keras dan narkoba.

Berdosa

Dan pergaulan bebas sudah tentu akan mendapat dosa yang belum rasakan selagi masih hidup, namun saat kematian menjemput yang di hantarkan kepada balasan atas doa-dosa yang pernah di perbuat yaitu ke neraka.

Contoh Pergaulan Bebas

Seks bebas

Ini merupakan salah satu contoh tindak pergaulan bebas yang sering di lakukan oleh remaja-remaja masa kini. Cuma demi kenikmatan sementara, mereka melakukannya dengan teman sepergaulan mereka.

Narkoba

Contoh pergaulan bebas ini dapat menjadi ancaman terberat bagi semua kalangan remaja di Indonesia. Karena mengkonsumsi Narkoba sering di jadikan sebagai pelarian terbaik mereka untuk menyelesaikan masalah dan beban hidup yang mereka jalani.

Alkohol

Dengan mengkonsumsi alkohol atau miras seakan menjadi kebiasaan bagi anak-anak remaja saat ini yang sudah masuk dalam pergaulan bebas. Dan mereka berpikir dengan mabok-mabokan, hidup mereka akan lebih enjoy dan bahagia.

Demikianlah uraian singkat mengenai Pengertian Pergaulan Bebas, Jenis, Ciri, Dampak Serta Contohnya. Semoga dapat menambah wawasan serta informasi kalian ya, terima kasih.

(Visited 45 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *