Pengertian Penyerbukan Sendiri Ciri Ciri Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Penyerbukan Sendiri Ciri Ciri Dan Contohnya Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari  ke permukaan kepala putik. Penyerbukan bisa disebut juga persarian. Penyerbukan ini merupakan proses produksi yang sangat penting untuk tumbuhan yang berbiji.

Fungsi dari penyerbukan yaitu memudahkan sabuk sari melekat kepada kepala putik. Apabila suatu penyerbukan berhasil maka akan diikuti oleh pertumbuhan buluh serbuk yang memasukkan saluran putik menuju bakal biji, dan pada bakal biji akan terjadi proses pembuahan.

Penyerbukan Sendiri

Pengertian Penyerbukan Sendiri (Autogami)

Pengertian penyerbukan sendiri (Autogami) adalah proses menempelnya serbuk sari dari suatu bunga ke kepala putik yang secara khusus terjadi pada bunga yang sama atau bunga yang berbeda tetapi dalam satu tanaman atau diantara bunga pada klon tanaman yang sama.

Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri

Ciri-ciri bunga yang melakukan penyerbukan sendiri atau bersifat autogami adalah sebagai berikut:

  1. Jatuhnya serbuk sari di stigma kepala bunga 

Ciri-ciri  penyerbukan sendiri ditandai dengan jatuhnya serbuk sari dari bunga itu sendiri. Penyerbukan bisa terjadi dengan bantuan angin (anemogami), manusia (anthropogami), dengan bantuan air (hydrogami), atau dengan bantuan hewan (zoidiogami).

  1. Terjadi hanya pada bunga hermaprodit

Karena pistil dibuahi oleh serbuk sari yang berasal dari bunga itu sendiri, penyerbukan sendiri hanya terjadi pada tanaman dengan bunga hermaprodit. Bunga hermaprodit adalah bunga yang memiliki dua alat kelamin penuh, jantan dan betina dalam satu bunga duduk. Contoh bunga hermaprodit adalah bunga kembang sepatu, bunga buah naga, bunga padi dan lain-lain.

  1. Tidak menghasilkan variasi keturunan

Hasil penyerbukan tidak akan menghasilkan variasi keturunan. Jenis kelamin laki-laki dan perempuan berasar dari satu tanaman saja karena itu tidak ada warisan dari sifat-sifat yang berbeda seperti penyerbukan silang atau penyerbukan bastar.

Jenis- Jenis Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri biasanya disebut dengan istilah self-pollination. Penyerbukan sendiri atau self-pollination dibedakan menjadi dua bagianyaitu penyerbukan sendiri alami dan penyerbukan sendiri buatan.

Penyerbukan sendiri alami

Penyerbukan sendiri secara alami dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri dengan syarat adanya kelengkapan alat kelamin pada bunga yaitu putik dan benang sari.

Penyerbukan sendiri buatan

Yaitu penyerbukan yang dibantu dengan rekayasa manusia. Proses dari penyerbukan sendiri dengan cara buatan yaitu dengan mengumpulkan serbuk sari dari kepala sari suatu tanaman dan mengoleskan atau meletakkannya pada putik bunga yang sama atau bunga pada tanaman yang sama sebelum diserbuki.

Contoh Penyerbukan Sendiri

Banyak sekali tanaman yang melakukan penyerbukan sendiri, diantaranya adalah:

  • Gandum
  • Buncis
  • Kacang tanah
  • Kacang panjang
  • Kentang
  • Tomat
  • Wijen
  • Buah naga
  • Kembang sepatu
  • Padi
  • Tembakau

Demikian pengertian penyerbukan sendiri ciri ciri dan contohnya, semoga bermanfaat buat kamu yang membaca.

(Visited 553 times, 4 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *