Pengertian Penelitian Ilmiah Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

Sahabat Idpengertian yang budiman, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Pengertian Penelitian Ilmiah menurut Para Ahli. Seperti biasa langsung cus kita masuk ke pembahasannya.

Pengertian penelitian ilmiah secara umum merupakan suatu sarana pokok dalam pengembangan ilmu pengetahuan maupun teknologi. Hal ini di sebabkan karena penelitian di tujukan untuk mengungkapkan kebenaran secara sistematis, metodologis, dan konsisten.

Melalui proses penelitian tersebut di adakan analisa dan kontruksi terhadap data yang telah di kumpulkan dan di olah. Oleh karena penelitian ilmiah merupakan sarana pengembangan bagi ilmu pengetahuan, maka metode penelitian ilmiah yang di terapkan senantiasa di sesuaikan dengan ilmu pengetahuan yang menjadi induknya.

18 Pengertian Penelitian Ilmiah menurut Para Ahli
18 Pengertian Penelitian Ilmiah menurut Para Ahli

Inilah 18 Pengertian Penelitian Ilmiah Menurut Para Ahli

Setiap ilmuwan baik eksakta maupun sosial, dalam melakukan penelitian harus didasari dengan adanya rasa keingintahuan. Rasa ingin tahu dapat menimbulkan keinginan mereka dalam melakukan penelitian untuk memperdalam dan memperluas ilmu yang di tekuni.

Beberapa pengertian tentang konsep penelitian secara teroritis menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:

 Soerjono Soekanto

Penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang di dasarkan pada analisis dan kontruksi yang di lakukan secara sistematis, metodologis dan konsisten. Bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai slah satu manifestasi keinginan manusia untuk mengetahui apa yang sedang di hadapinya.

Sanapaiah Faisal

Mengemukakan bahwa penelitian merupakan suatu aktifitas dalam menelaah suatu problem dengan menggunakan metode ilmiah secara tertata dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang dapat di andalkan kebenarannya mengenai dunia lam dan dunia sosial.

Soetrisno Hadi

Menurutnya, penelitian ialah usaha dalam menemukan segala sesuatu untuk mengisi kekosongan atau kekurangan yang ada, menggali lebih dalm apa yang telah ada, mengembangkan dan memperluas, serta menguji kebenaran dari apa yang telah ada namun kebenaranya masih di ragukan.

Donald Ary

Penelitian merupakan penerapan dari pendekatan ilmiah pada suatu pengkajian masalah dalam memperoleh informasi yang berguna dan hasil yang dapat di pertanggung jawabkan.

John

Penelitian adalah pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas dalam menemukan hubungan antara fakta dan menghasilkan hukum tertentu.

Woody

Mengungkapkan bahwa penelitian adalah suatu metode untuk menemukan ksebuah pemikiran yang kritis. Penelitian ini meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, membuat formulasi hipotesis atau menentukan apakah kesimpulan tersebut sesuai dengan hipotesis.

Hill Way

Di ungkapkan dalam bukunya Introduction to Research yang mendefnisikan bahwa penelitian merupakan metode studi yang sifatnya mendalam dan penuh kehati-hatian dari segala bentuk fakta yang bisa di percaya atas suatu masalah tertentu guna untuk membuat pemecahan masalah tersebut.

 Person

Mengungkapkan bahwa penelitian ialah suatupencarian atas segala sesuatu yang di lakukan secara sistematis, dengan penekanan bahwa pencarianya di lakukan pada masalah-maslah yang dapat di pecahkan dengan penelitian.

Hadi Sutrisno

Mengungkapkan bahwa penelitian sebagai usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah.

Sukmadinata

Menjelaskan bahwa penelitian sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis atau pengolahan data yang di lakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

Mohamad Ali

Menurutnya, penelitian ialah suatu cara untuk memahami sesuatu melalui proses penyelidikan atau usaha dengan mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah tersebut, dan di lakukan secara hati-hati sehingga di peroleh pemecahanya.

Supadmoko

Penelitian merupakan suatu usaha yang di lakukan secara sadar dan di arahkan untuk mengetahui atau mempelajari fakta-fakta baru dan juga sebagai penyaluran hasrat keingin tahuan manusia.

Sukardi

Penelitian adalah proses yang mempunyai kerekteristik sistematis, terkontrol, empiris, dan mendasarkan pada teori dan hipotesis atau jawaban sementara.

Hasan

Penelitian adalah penyaluran rasa ingin tahu manusia terhadap sesuatu atau masalah dengan perlakuan tertentu (seperti memaksa, mengusut, menelaah, dan mempelajari secara cermat dan sungguh-sungguh) sehingga di peroleh sesuatu (seperti mendapatkan kebenaran, mendapat jawaban atas masalah, pengembangan ilmu pengetahuan, dan sebagainya).

Cooper dan Emory

Penelitian merupakan proses atau kegiatan dalam penyelidikan sistematis yang bertujuan untuk memberikan informasi untuk memecahkan masalah.

Winarno Surachmand

Penelitian adalah suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang dapat di percaya atas masalah tertentu guna membuat pemecahan masalah tersebut.

Sugiyono (2006, p.1)

Penelitian adalah suatu cara ilmiah guna mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

Nur Indrianto dan Supomo

Dalam buku “Metode Penelitian Bisnis” (2002, p.16). Penelitian ialah refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam.

Berdasarkan baerbagai definisi tersebut, maka dapat di simpulkan bahwa penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang di lakukan untuk menemukan dan mengembangan serta menguji kebenaran suatu masalah atau pengetahuan guna mencari solusi atau pemecahan masalah tersebut.

Nah, jadi begitu kawan. Semoga penjelasan tentang pengertian penelitian ilmiah tadi dapat bermanfaat buat kalian semua ya, dan sampai ketemu lagi di artikel selajutnya, terima kasih.

(Visited 1.276 times, 2 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *