Pengertian Pendidikan Dan Fungsinya Lengkap

Posted on

Hello sobat jumpa lagi dengan admin cantik di Idpengertian.com, kali ini mimin akan mengulas materi mengenai Pengertian Pendidikan secara lengkap. Oke, langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Pendidikan Dan Fungsinya Lengkap
Pengertian Pendidikan Dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Secara umum atau Etimologi, kata pendidikan dalam bahasa inggris di sebut dengan education, dalam bahasa latin pendidikan di sebut dengan educatum yang tersusun dari dua kata yaitu E dan Duco dimana kata E berarti sebuah perkembangan dari dalam ke luar atau dari sedikit banyak, sedangkan Duco berarti perkembangan atau sedang berkembang. Maka, pengertian pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Menurut Ki Hajar Dewantara

Bapak Pendidikan Nasional Indonesia mengemukakan bahwa pengertian pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Jadi pengertian pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Menurut Ahmad D. Marimba

Pengertian pendidikan adalah suatu bimbingan secara sadar oleh pendidik terdapat perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya keperibadian yang utama.

Menurut Martinus Jan Langeveld

Mendefinisikan pendidikan adalah upaya menolong anak untuk dapat melakukan tugas hidupnya secara mandiri supaya dapat bertanggung jawab secara susila. Dan pendidikan merupakan usaha manusia dewasa dalam membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan.

Menurut Gunning Dan Kohnstamm

Pengertian pendidikan adalah suatu proses pembentukan hati nurani. Dan sebuah pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.

Baca Juga : Pengertian Sarana Dan Prasarana

Menurut Stella Van Petten Henderson

Mengemukakan bahwa pendidikan adalah suatu kombinasi pertumbuhan, perkembangan diri dan warisan sosial.

Menurut Carter V. Good

Pengertian pendidikan adalah suatu proses perkembangan kecakapan individu dalam sikap dan perilaku bermasyarakat. Dan proses sosial di mana seseorang di pengaruhi oleh suatu lingkungan yang terorganisir, seperti rumah atau sekolah, sehingga dapat mencapai perkembangan diri dan kecakapan sosial.

Menurut Prof. Herman H. Horn

Beliau memiliki pendapat bahwa pendidikan yaitu satu sistem dari penyesuaian lebih tinggi untuk makhluk yang sudah berkembang secara fisik serta mental yang bebas dan sadar pada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional serta tekad dari manusia.

Menurut Driyarkara

Pengertian pendidikan dapat di simpulkan sebagai satu usaha dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke skala yang insani.

Pengertian Pendidikan Menurut UU

Pendidikan menurut UU No.20 Tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pesertadidik secara aktif mengembangkan potensi. Untuk mempunyai kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Pengertian Pendidikan Menurut KBBI

Pendidikan merupakan satu sistem evaluasi untuk tiap-tiap individu untuk meraih pengetahuan serta pemahaman yang lebih tinggi tentang object spesifik serta khusus. Dan pengetahuan yang didapat secara resmi itu menyebabkan pada tiap-tiap individu yakni mempunyai pola fikir, tingkah laku serta akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.

Fungsi Pendidikan

4 fungsi pendidikan menurut Horton dan Hunt yaitu :

  • Membantu melestarikan kebudayaan yang ada di masyarakat.
  • Untuk menanamkan keterampilan yang di butuhkan dalam keikutsertaan dalam demokrasi.
  • Guna mempersiapkan setiap anggota masyarakat agar dapat mencari nafkah sendiri.
  • Untuk membangun mengembangkan minat dan bakat seseorang demi kepuasan pribadi dan kepentingan masyarakat umum.

5 fungsi pendidikan menurut David Popenoe adalah :

  • Memastikan terjadinya integrasi sosial di masyarakat.
  • Lembaga pendidikan mengajarkan corak kepribadian.
  • Menjadi sumber-sumber inovasi sosial di masyarakat.
  • Guna mentransfer atau pemindahan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
  • Memilih dan mendidik manusia tentang peranan sosial.

Demikianlah ulasan materi mengenai pengertian pendidikan. Semoga dapat menambah informasi dan bermanfaat ya sobat, terima kasih and see you.

(Visited 8 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *