Pengertian Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi

Posted on
Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi
Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah suatu usaha untuk menaikan pendapatan total dan pendapatan perkapital dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan di sertai perubahan mendasar dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduknya.

Sebelum lebih dalam lagi dalam mengetahui apa saja faktor serta indikator yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi ada baiknya anda membaca artikel sebelumnya yaitu pengertian ilmu ekonomi itu sendiri, agar nanti lebih mudah dalam mengambil sikap untuk pengembangan ekonomi tersebut.

Pembangunan Ekonomi Menurut Para Ahli

  1. Adam smith pembangunan ekonomi merupakan suatu proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dengan dan kemajuan teknologi.
  2. Meier pembangunan ekonomi adalah sebagai proses kenaikan pendapatan riil perkapita dalam suatu jangkawaktu yang panjang.
  3. Sadono Sukirno (1996) pembangunan ekonomi adalah upaya meningkatkan pendapatan perkapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi real dengan melakukan penanaman modal, penggunaan teknolog, penambahan pengetahuan, peningkatan keterampilan, penambahan kemampuan berorganisasi dan manajement.
  4. Schumpeter (Suryana, 2000:5) Pembangunan ekonomi adalah perubahan dalam lapangan industri dan perdagangan yang berkaitan dengan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional dimana proses tersebut terjadi secara spontan dan tidak terputus- putus.
  5. Michael Todaro pembangunan ekonomi memiliki arti sebagai sebuah proses dimensional yang melibatkan berbagai perubahan besar di dalam struktur sosial, sikap-sikap mental,yang terbiasa dan juga lembaga nasional termasuk pula akselerasi atau percepatan pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan.

Indikator Pembangunan Ekonomi

Di dalam menentukan berhasil atau tidak nya pembangunan ekonomi dalam suatu negara, kita memerlukan sebuah indikator di dalam nya. Indikator diperlukan untuk acuan kita dalam menilai.

Indikator berfungsi untuk menentukan taraf mana negara di anggap berhasil, mulai dari mengukur, menganalisis sampai mengevaluasi sebuah perencanaan sampai pelaksanaan agar terbentuk suatu kebijakan. Berikut adalah beberapa penjabaran poin Indikator pembangunan ekonomi:

  1. Urbanisasi merupakan salah satu idikator, karena apabila di perkotaan banyak penduduk desa yang banyak melakukan urbanisasi menandakan bahwa di perkotaan, segala sesuatunya menjamin kesejahteraan dan kemakmuran, dan biasanya konsep yang di terapkan adalah konsep ekonomi makro.
  2. Struktur ekonomi, alasan struktur ekonomi sebagai salah salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah dengan berkembangnya pembangunan ekonomi maka akan berkembang pula srtuktur ekonominya. Struktur di artikan sebagai suatu pola perubahan yang menjunu ke peningkatan.
  3. Angka tabungan, merupakan salah satu indikator keberhasisan pembangunan ekonomi dan bemula dari perubahan struktur ekonomi. Perubahan yang dimaksudkan ialah saat sector pertanian beralih ke sector perindustrian maka tingkat produktifitas akan meningkat dan output yang di hasilkan juga akan naik pula.
  4. Indeks pembangunan nasional, sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi. Karena indeks inilah yang nantinya akan membandingkan indeks kualitas hidup dari suatu negara. dengan adanya indeks pembangunan nasional ini kita akan mengetahui perkembangan pembangunan ekonomi kita berada di mana. Indeks pembangunan nasional ini dapat menjadi tolak ukur bagi negara kita.
  5. Pendidikan, merupakan salah satu indikator pembangunan ekonomi karena kita dapat melihat suatu negara mempunyai pembangunan ekonomi yang maju jika memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.

Faktor-Faktor Pembangunan Ekonomi

  • Sumber daya alam(SDA), Merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu negara. Sumber daya alam mencakup segala sesuatu yang di sediakan oleh alam sekitar dan dapat di manfaatkan untuk kepentingan penyediaan bahan baku guna produksi. Sumber daya alam meliputi tanah, air dan udara beserta segala hal yang terkandung.
  • Sumber daya manusia(SDM), Merupakan faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi dalam suatu negara. Faktor ini adalah sebuah kunci dari proses pembangunan itu sendiri. Negara yang miskin sumber daya alam tetapi kaya akan sumber daya manusia yang baik bisa menjadi negara maju di bandingkan negara yang kaya akan sumber daya alam akan tetapi miskin sumber daya manusia.
  • Ilmu pengetahuan dan tegnologi (IPTEK), Adalah alat yang manusia gunakan untuk mengolah sumber daya alam yang dimilikinya secara produktif, efektif dan efisien. Tanpa kemajuan IPTEK, pembangunan ekonomi akan terhambat karena proses produksi dalam menghasilkan barang dan jasa menjadi boros.
  • Sumber daya modal, Memegang peranan penting bagi pertumbuhan laju ekonomi suatu negara. Dengan modal yang cukup, maka akan terjadi pertumbuhan kegiatan-kegiatan ekonomi baru di negara tersebut. Jika suber daya modal kurang, biasanya suatu negara akan membuat peraturan untuk penanaman modal asing. dalam bentuk investasi.
  • Insfrastruktur, merupakan pendorong efektivitas dan efisiensi kegiatan produksi yang di lakukan suatu negara. Dengan insfrastruktur yang baik maka setiap pelaku ekonomi bisa mencapai kemudahan dalam menjalankan ekonominya.

Sebuah negara yang maju pasti tak luput dari peran ekonomi di dalam nya, dan perkembangan ekonomi  pun tak luput dari peran manusia di dalam nya. Maka kita sebagai warga negara yang baik  harus membantu atau mengambil andil dalam pembangunan ekonomi negara agar menjadi negara yang maju dan sejahtera bagi masyarakat.

Demikian artikel pada kesempatan kali ini semoga apa yang telah kami rangkum di atas bisa memberikan tambahan informasi serta ilmu untuk melengkapi pengetahuan anda dan semoga bermanfaat.

(Visited 34 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *