Pengertian Pemasaran Serta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Pengertian pemasaran – pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Pengertian Pemasaran Serta Penjelasannya Lengkap

Pengertian Pemasaran

pemasaran merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi inilah yang menjadi penentu harga barang dan jasa. Selain pemasaran terdapat pula faktor penting penentu nilai ekonomi tersebut, seperti produksi serta komsumsi.

Baca Juga : Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Adapun pengertian pemasaran menurut para ahli :

a. Philip Kotler (marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

b. Kotler dan Keller (2010) pemasaran adalah serangkaian kegiatan, dari proses membuat, mengomunikasikan, menyampaikan, dan menawarkan transaksi yang mempunyai nilai bagi konsumen, klien, partner, dan masyarakat pada umumnya.

c. Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suaatu proses soaial dan managenerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

d. William J. Stanton pemasaran merupakan bagian dari sistem dalam kegiatan pemasaran baik itu barang atau jasa yang didalamnya ada perencanaan baik dari sisi penentuan harga, strategi promosi maupun pendistribusian barang dan jasa yang bertujuan untuk membuat para konsumen puas akan pelayanan.

e. Firdaus pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang seperti halnya pengusaha guna mempertahankan kelangsungan hidup serta memenuhi kebutuhan dan juga mendapatkan laba (keuntungan).

f. Lamb, Hair, dan Mc. Daniel pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi ide barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memiliki tujuan individu dan organisasi..

g. Basu dan Bani (2004:4) pemasaran merupakan proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga diri barang dan jasa tersebut hingga proses promosi maupun pendistribusiannya yang keseluruhannya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuan maupun memperoleh keuntungan dari proses pemasaran tersebut.

h. Swasta (1996) pemasaran merupakan sebuah aktivitas pemenuhan kebutuhan (pemuas kebutuhan) baik dari penjual dan pembeli yang keduanya melakukan serankaian proses baik tawar menawar maupun tukar munukar dengan maksud mengadakan hubungan untuk mendapatkan keuntungan demi memenuhi kebutuhan.

i. Assauri (1999) merujuk pada pengertian manajemen pemasaran yang bisa dikatakan memiliki proses yang baik komplek karena tentunya terdapat perencanaan dan evaluasi, sebuah pemasaran juga dapat dikatakan demikian karena juga mencangkup hal perencanaan, pelaksanaan, serta distribusi bik dalam hal pertukaran maupun hubungan yang cenderung kearah keuntungan demi dapat memenuhi kebutuhan.

j. Philip dan Duncan pemasaran merupakan sesuatu yang terdiri dari segala langkah yang digunakan untuk menempatkan barang yang dijual belikan ke tangan pembeli atau konsumen.

k. Keegan (Buchory, 2010)marketing is the process of focusing the resourches and objective of an organizations and environmental opportunities and needs.

l. W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupaun pembeli potensial.

m. Hasan (2013:4) pemasaran adalah proses mengidentifikasikan, menciptakan dan mengkomunukasikan nilai, serta memelihara hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.

n. Wikipedia pemasaran adalah suatu proses penyusunan komunikasi yang terpadu & tujuannya untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang diperjual belikan yang kaitannya untuk memuaskan keinginan & kebutuhan masyarakat.

o. KKBI (Th.2008) pemasaran ialah proses, cara, perbuatan dalam memasarkan barang dagangan, perihal menyebarluaskan di tengah-tengah masyarakat pada umumnya.

Secara sederhana, arti pemasaran lebih diidentikkan dengan proses pengenalan produk atau servis kepada konsumen yang potensial. Aspek-aspek untuk pemasaran ini meliputi periklanan, public relation, promosi dan penjualan. Dan pada dasarnya pemasaran tidak boleh terlepas dari 4P. Apa itu 4p ? berikut adalah penjelasannya:

4P DALAM PEMASARAN (MARKETING)

Dalam menjalankan suatu rencana atau strategi, dibutuhkan hal-hal mendasar yang mendukung ketercapaian rencana atau strategi tersebut. Demikian juga dengan halnya pemasaran. Hal-hal yang mendasar dalam pemasaran yaitu 4p (product, price, place, promotion).

Product (Produk)

Produk adalah setiap apa saja yang bisa dipasarkan dipasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan masyarakat. produk tak hanya selalu barang namun juga bisa berupa jasa atau keduanya (barang & jasa).

Price (Harga)

Setelah produk dan jasa yang kita ingin pasarkan telah ada, barulah kita menentukan harga jual produk/jasa kita tersebut. Harga adalah sesuatu yang mengacu pada jumlah yang harus dibayarkan pelanggan untuk suatu produk yang mereka inginkan.

Place (Tempat)

Tempat adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bagaimana konsumen bisa mengakses atau memperoleh produk/jasa dengan mudah. Tempat juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran. Tempat yang strategis akan banyak mengundang pelanggan baru, dari pada tempat yang sulit dijangkau pelanggan. Yang perlu diperhatikan dalam menentukan tempat yaitu lokasi yang mudah dijangkau, strategis, dan jangkauan dukungan seperti wabsite, telfon dll.

Promotion (Promosi)

Promosi adalah hal yang paling penting dalam proses pemasaran. Kunci keberhasilan dalam marketing ditentukan oleh promosi ini. Karna promosilah yang pada dasarnya menawarkan produk/jasa kita yang akan dipilih atau dibeli oleh pelanggan.

Demikian penjelasan Pengertian Pemasaran dari blog sederhana ini. semoga bermanfaat buat anda semua. baca juga pengertian-pengertian lainnya. thank’s

(Visited 98 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *