Pengertian Pemanasan Global, 8 Penyebab dan Solusinya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Pemanasan Global, Dampak, Penyebab, Proses, Solusinya_ Hello sahabat Idpengertian yang baik, bagaimana kabar kalian hari ini? semoga tetap sehat dan semangat ya. Pada kali ini kita akan sedikit belajar mengenai pemanasan global. Apa si pemanasan global? Hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan pemanasan global? Dan masih banyak lagi materi lain yang akan kita pelajari mengenai pemanasan global. Baik, untuk mempersingkat waktu, langsung aja kita beranjak ke pembahasan.

Pemanasan global merupakan sebuah fenomena meningkatnya suhu di permukaan bumi akibat meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca. Femomena pemanasan global tidak bisa terlepas dari rusaknya ekosistem di bumi ini.

Salah satu penyebab utama fenomena ini adalah pencemaran lingkungan yang sangat berlebihan. Selain itu penebangan hutan dan polusi udara juga tidak kalah berperan penting dalam fenomena ini.

Pengertian Pemanasan Global
Pengertian Pemanasan Global

Pengertian Pemanasan Global (Global Warming)

Pengertian pemanasan global adalah kondisi dimana suhu udara bumi meningkat dari suhu rata-rata yang bisa di tolerir oleh mahluk hidup dan lingkungan. Pemanasan global mengakibatkan suhu mencapai titik panas waspada. Isu terkait pemanasan global mulai tercuat ketika manusia merasakan dan menyadari bahwa ada keganjilan mengenai pola lingkungan yang tidak biasa.

Pengertian pemanasan global ialah suatu proses peningkatan suhu rata-rata di bumi, baik itu pada lapisan atmosfer, daratan, dan lautan.

Jika fenomena ini tidak kita tanggapi dengan segera, fenomena ini akan berdampak buruk bagi bumi yang kita tempati ini. Dampak yang paling sering kita dengar adalah meningkatnya suhu permukaan bumi yang mengakibatkan gunung-gunung es di kutub mencair, yang berpotensi menenggelamkan bumi ini.

Baca Juga : Pengertian Simbiosis

Faktor Penyebab Pemanasan Global

Pemanasan Global terjadi karena gaya hidup manusia, teknologi yang ada di berbagai negara maju dan pola konsumsi. Beberapa negara maju penyumbang terbesar global warming ini adalah Amerika Serikat, China, Rusia, Inggris, dan beberapa negara lainnya.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan global warming:

1. Meningkatnya Gas Karbon Monoksida

Meningkatnya gas karbon monoksida yang diakibatkan oleh polusi dari pembakaran kendaraan bermotor juga dapat menyebabkan pemanasan global lo. Akibat tersebut memang dari ketidak pedulian manusia terhadap lingkungan sekitar, maka seringkali pemanasan global akibat polusi udara semakin meningkat.

2. Karena Efek Rumah Kaca

Gedung bertingkat tinggi dan rumah dengan konsep bangunan kaca tidak bisa menyerap panas matahari dan akan memantulkan cahaya matahari ke atmosfir. Sayangnya, panas tersebut tertahan atau terperangkap di atmosfir oleh polusi udara dari karbon dioksida, sulfur dioksida, metana, dan uap air.

Sehingga panas yang tidak terserap tersebut kembali ke permukaan bumi dan tersimpan di sana. Proses ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dan yang mengakibatkan suhu rata-rata di permukaan bumi terus meningkat.

Pemakaian rumah kaca pada rumah-rumah elit ini pun sebenarnya menjadi faktor utama terjadinya suatu pemanasan global. Karena kaca yang mendapatkan pantulan panas akan mengakibatkan suatu reaksi berbahaya pada atmosfer bumi yaitu pemanasan global.

3. Hutan Semakin Sempit

Dengan sering menggunduli hutan akan berdampak sangat berbahaya bagi setiap penghuni bumi. Kurangnya jumlah oksigen dalam bumi pun akan berdampak sangat fatal. Karena hal ini dapat mengakibatkan sebuah pemanasan global yang besar.

4. Gas Buang atau Limbah Industri

Limbah industri dari suatu pabrik yang terjadi secara terus menerus akan mencemari lingkungan udara sekitar. Bila hal ini di biarkan saja maka yang akan terjadi adalah sebuah pemanasan global yang dahsyat akibat gas buang industri.

5. Pemakaian Listrik Berlebihan

Mungkin anda tidak pernah menyadari bahwa pemakaian listrik yang berlebihan akan mengakibatkan dampak besar terhadap pemanasan global. Maka dari itu, gunakanlah daya listrik sebaik mungkin dan sesuai dengan kebutuhan anda dalam kehidupan sehari-hari.

6. Polusi Karbon Dioksida

Karbon dioksida ini berasal dari berbagai proses aktivitas manusia, mulai dari proses pembakaran pada mesin kendaraan, pembangkit listrik berbahan bakar fosil, mesin pabrik dan industri dan lain-lain.

Polusi karbon dioksida merupakan penyumbang terbesar penyebab global warming yang terjadi saat ini. Hal ini akan semakin memburuk karena semakin tingginya pengguna kendaraan bermotor di berbagai belahan dunia.

7. Penggunaan Bahan Kimia

Ada banyak produk dan kebutuhan manusia yang menggunakan bahan kimia, salah satunya adalah pupuk tanaman. Walaupun di anggap berbahaya, namun penggunaan pupuk kimia tetap di lakukan sampai saat ini.

Pupuk kimia mengandung gas nitrogen oksida yang kapasitasnya 300 kali lebih panas di bandingkan dengan karbon dioksida. Nah, bisa di bayangkan bagaimana dampaknya terhadap pemanasan global jika pupuk kimia digunakan secara berlebihan.

8. Penebangan dan Pembakaran Hutan

Aktivitas penebangan dan pembakaran hutan secara liar dan tak terkendali juga menjadi penyebab terjadinya global warming. Seperti kita tahu, pohon-pohon di hutan di butuhkan untuk menyumbang oksigen untuk mahluk hidup di bumi.

Penebangan dan pembakaran pohon-pohon tersebut selain akan menyebabkan polusi udara, juga mengakibatkan hilangnya sebagian ‘paru-paru’ dunia untuk mendaur ulang karbon dioksida.

Dampak Pemanasan Global

Global Warming
Global Warming

Semakin hari bumi yang kita tempat ini akan menjadi semakin tua. Sehingga bumi kita ini akan renta dengan penyakit-penyakit yang berpotensi merusaknya. Salah satu penyakit yang memungkinkan merusak bumi ini ialah pemanasan global.

Pemanasan global bukanlah sebuah fenomena yang bisa dianggap enteng. Akan tetapi sebaliknya, fenomena ini sangat memungkinkan menjadi sebuah fenomena yang menjadi awal kerusakan bumi ini jika tidak segera kita benahi.

Untuk itu, agar kita menjadi lebih sadar dengan fenomena ini. Di bawah ini ada beberapa dampak yang akan kita rasakan jika fenomena ini terus menerus terjad dalam jangka panjang maupun dalam jangka pendek.

Berikut ini adalah dampak yang terjadi akibat terjadinya pemanasan global diantaranya:

  • Akan banyak gunung es mencair, terutama dataran es yang terletak di kutub utara dan kutub selatan. Jika dibiarkan mencair begitu saja maka akan menjadi sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup di bumi ini.
  • Curah hujan yang sangat tinggi dan badai menjadi sering terjadi daripada biasanya.
  • Angin yang bertiup menjadi lebih kencang namun dengan pola yang tidak menentu yang menyebabkan terjadinya angin puting beliung.
  • Cuaca akan menjadi sangat sulit untuk diprediksi bahkan bisa dikatakan waktunya menjadi tidak senormal biasanya.
  • Bencana seperti tsunami, banjir dan pulau tenggelam akan menjadi sering terjadi dikarenakan debit air meningkat akibat mencairnya es di gunung es dan daerah kutub.
  • Sedangkan pada daerah yang jauh dari perairan, keadaanya mengalami kekeringan yang luar biasa karena efek rumah kaca yang sangat parah.
  • Iklim yang tidak beraturan dan banijir yang tidak menentu juga akan membuat seringnya para petani gagal panen.
  • Hama pangan juga akan meningkat karena perubahan iklim yang drastis.
  • Populasi hewan dan tumbuhan menjadi turun.
  • Meluasnya penyakit berbahaya seperti DBD dan Malaria akibat melemahnya pertahanan kita terhadap penyakit yangt di sebabkan kurangnya asupan oksigen dalam tubuh.

Jadi, itulah beberapa dampak yang akan terjadi jika kita terlalu lama membiarkan pemanasan global terjadi di lingkungan kita. Dan dampak tersebut akan terus menerus meningkat dan berpengaruh dengan rusaknya kehidupan di bumi.

1. Perubahan Cuaca dan Iklin di Dunia

Dampak pertama yang akan kita rasakan dari fenomena global warming adalah perubahan iklim dan cuaca di muka bumi. Dalam satu abad terakhir ini banyak perubahan iklim dan cuaca di seluruh bagian yang di sebabkan oleh meningkatnya suhu bumi. Berikut ini beberapa pengaruh pemanasan global bagi cuaca dan iklim di muka bumi :

  • Melelehnya gunung-gunung es dibenua Antartika yang disebabkan meningkatnya suhu bumi
  • Berkurangnya es yang terapung di laut benua Antartika
  • Es yang ada pada Gunung-gunung di daerah subtropis akan semakin berkurang, dan sekaligus menyebabkan proses melelehnya salju semakin cepat
  • Melelehnya es pada Puncak Gunung Jayawijaya yang berada di Indonesia. Yang menjadi sebuah sinyal bahwa fenomena ini sudah menimpa negara kita ini
  • Proses penguapan air tanah akan menjadi lebih cepat yang menyebabkan beberapa daerah di bumi ini akan mengalami kekeringan
  • Perubahan cuaca atau iklim menjadi tidak terkendali, tidak bisa di prediksi dan juga sangat ekstrem. Yang memungkinkan terjadinya hujan ekstrem atau kekeringan yang sangat ekstrem
  • Pola angin akan berubah, yang menyebabkan angin betiup semakin kencang yang bisa memicu terjadinya bencara angin puting beliung
  • Meningkatnya curah hujan juga akan berpotensi mendatangkan badai yang akan sering terjadi.

2. Kenaikan Air Permukaan Laut

Naiknya suhu bumi akan menyebabkan melelehnya gunung-gunung es dibenua Antartika sehingga membuat air permukaan laut akan semakin tinggi. Tentunya hal ini mempunyai dampak yang kurang baik untuk kelangsungan hidup kita. Berikut ini ada beberapa dampak yang akan kita rasakan akibat naiknya air permukaan laut.

  • Jika kenaikan air pada permukaan laut mencapai angka 100 cm maka hal ini akan menyebabkan negara belanda harus kehilangan 6% wilayahnya, 17,5% wilayah banglade akan tenggelam serta hilangnya pulau-pulau kecil.
  • Indonesia akan kehilangan daratan sekitar 405 hektar yang berada pada 81.000 di garis pantai
  • Jika hal ini sampai wilayah muara pantai akan menyebabkan terjadinya banjir bandang karena air pasang
  • Akan menyebabkan rawa-rawa di daerah sekitar pantai menjadi lebih luas, karena kiriman air dari laut pada saat air pasang

3. Pengaruh Terhadap Tanaman dan Hasil Pertanian

Salah satu pihak yang dirugikan atas peristiwa pamanasan global ialah para petani. Karena fenomena ini berpengaruh terhadap tanaman dan hasil pertanian. Hal ini banyak merugikan negara-negara yang berkembang, khususnya yang mengandalkan hasil pertaniannya. Karena perubahan iklim dan cuaca yang terjadi karena pemanasan global.

Berikut ini ada beberapa kerusakan/kerugian dari sektor pertanian sekaligus dampak bagi hewan dan tumbuhan :

  • Meningkatnya suhu bumi bisa menyebabkan kekeringan, yang mengakibatkan banyak tumbuhan mati karena kekurangan air
  • Akan menyebabkan banjir karena cuaca yang tidak menentu, sehingga tanaman akan terendam air dan akan menyebabkan petani gagal panen
  • Hama dan berbagai penyakit akan bersamaan menyerang tanaman dan tanaman yang ada di hutan
  • Populasi pinguin akan berkurang mencapai angka 25-30% karena habitatnya yang akan semakin berkurang
  • Punahnya populasi burung kutub di akibat sulitnya mencari makanan akibat menurunya lapisan es
  • Akan menyebabkan keasaman air laut meningkat yang akan menyebabkan populasi koral terancam punah.

4. Dampak Terhadap Manusia

Selain berdampak pada alam, ternyata pemanasan global juga berbahaya untuk internal manusia. Hal ini di karenakan perubahan iklim yang membuat daya tahan tubuh manusia semakin berkurang. Dan di sisi lain perubahan iklim juga akan mendatangkan berbagai penyakit.

Berikut ini ada beberapa dampak pemanasan global bagi kesehatan manusia :

  • Perubahan iklim akan menyebabkan udara menjadi lebih hangat, yang mengakibatkan meningkatnya berbagai penyakit seperti alergi dan penyakit pernafasan
  • Seseorang akan mudah terserang berbagai penyakit seperti DBM, malaria dan lain sebagainya
  • Penyakit infeksi yang awalnya hanya menimpa hewan, kemungkinan besar juga akan menimpa para manusia
  • Banyaknya korban yang berjatuhan akibat penyakit yang di picu oleh cuaca yang panas. Seperti Stress, dehidrasi, serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal.

Proses Terjadinya Pemanasan Global

Pemanasan global yang terjadi pada permukaan bumi ini ditandai dengan sebuah pemantulan cahaya matahari yang terang, yang semakin lama akan memberikan efek panas pada suhu bumi.

Suhu panas yang semakin meningkat ini terjadi akibat adanya suatu radiasi pada matahari terhadap bumi. Akibatnya, lapisan ozon pada bumi akan semakin menipis akibat radiasi dari matahari semakin lama semakin meningkat.

Proses terjadinya suatu pemanasan global ini dimulai dari pantulan cahaya matahari kebumi lalu memantul lagi ke angkasa dan kembali ke bumi lagi. Proses radiasi matahari ini merupkan sebuah pemantulan sinar matahari yang terlalu berlebihan ke bumi.

Pemanasan global atau yang biasa disebut dengan global warming ialah sebuah fenomena meningkatnya suhu di seluruh permukaan bumi. Menurut beberapa penelitian yang di lakukan oleh para ahli, dalam 100 tahun terakhir peningkatan suhu di bumi mencapai angka 0,18°C.

Meningkatnya suhu bumi ini sudah terjadi sejak 20 abad yang lalu, dengan faktor utama meningkatnya efek rumah kaca yang di sebabkan oleh aktivitas manusia sehari-hari.

Peningkatan suhu di bumi akan mengakibatkan naiknya air permukaan laut yang di sebabkan melelehnya gunung-gunung es di kutub. Dalam jangka panjang hal ini akan berpotensi menenggelakan bumi kita ini.

Selain itu, meningkatnya suhu di permukaan bumi juga mempunyai dampak lainnya untuk bumi ini. Seperti halnya perubahan cuaca yang ekstrim, punahnya spesies hewan dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

1. Kurangilah Pemakaian Kendaraan Bermotor

Dengan cara mengurangi pemakaian kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak akan sangat baik dalam pemulihan kembali suatu pemanasan global.

2. Mengubah Prilaku Pribadi

Untuk memulai suatu langkah mengatasi masalah pemanasan global, maka yang perlu anda lakukan adalah merubah segala prilaku pribadi yang tidak baik bagi lingkungan sekitar.

Sebagai contohnya ialah menghemat pemakaian listrik, melakukan reboisasi, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor atau mobil, dan mengurangi pemakaian rumah kaca.

3. Mengurangi Gas Karbon Dioksida

Gas karbon dioksida merupakan suatu zat yang sangat berbahaya jika terus dihirup oleh mahluk hidup terutama manusia.

Oleh karena itu, untuk mengurangi peningkatan gas karbon dioksida pada bumi, lakukanlah sebuah langkah penanaman hutan kembali atau penghijauan lingkungan.

4. Membuat Saluran Ventilasi Rumah

Ventilasi yang cukup dalam rumah akan membantu enda mendapatkan pasokan udara atau oksigen yang banyak. Dengan demikian maka rumah anda akan lebih sejuk dan anda pun akan merasa nyaman karena terhindar dari efek pemanasan global.

Jadi demikianlah pengertian pemanasan global dan penjelasan secara lengkap dan detailnya. Setelah membaca ulasan ini, semoga kalian akan lebih tanggap dalam melakukan suatu hal yang berpengaruh pada bumi ini. Hindarilah hal-hal yang sekiranya dapat merusak bumi kita, mari sayangi dan cintai bumi ini agar terhindar dari pemanasan global.

“Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Dampak, Proses, dan Solusinya”

(Visited 1.034 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *