Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Posted on

Banyak sekali orang yang mengerti bisnis, usaha, dan wirausaha, namun tidak semua orang paham tentang pengertian peluang usaha. Sebagian orang menganggap remeh hal ini karena prakteknya lebih penting daripada teorinya. Padahal pada kenyataannya, teori lah yang sangat diperlukan sebelum seseorang terjun ke dalam dunia bisnis. Karena bertujuan untuk mengurangi resiko yang bisa saja menimbulkan kerugian pada pemiliki usaha.

Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli
Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Penjelasan Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Berikut ini ada beberapa pengertian peluang usaha menurut para ahli yang bisa dijadikan referensi untuk kamu memulai suatu bisnis, karena memulai sesuatu merupakan hal yang paling sulit, namun menjalaninya sendiri juga merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi kamu.

Arif F. Hadiparanata

Peluang usaha ialah sebuah resiko yang harus diambil dan dihadapi untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan finansial.

Thomas W. Zimmerer

Peluang usaha ialah sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari

Robbin and Coulter

Pengertian peluang usaha ialah sebuah proses yang melibatkan individu atau kelompok yang menggunakan usaha dan sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai tumbuh guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan.

Peluang Usaha Menurut Umum

Peluang usaha ialah sebuah kemungkinan yang di pengaruhi oleh gagal atau suksesnya sebuah usaha yang akan terjadi di masa yang akan datang. Bisa diartikan juga sebagai ukuran prospek dari sebuah usaha yang di jalankannya. Prospek di sini maksudnya adalah sebuah prediksi kuantitaif dari usaha yang dijalankan bisa dari segi jumlah produk dan juga hasil penjualan dari usaha yang dijalankan.

Jadi pengertian peluang usaha dalam kewirausahaan ialah sebuah kesempatan yang harus dan dapat di manfaatkan oleh seorang pemilik bisnis atau wirausaha demi mendapatkan suatu tujuan tertentu yang diinginkan.

Tujuan yang umumnya di inginkan oleh seorang pemilik usaha adalah mencari laba atau keuntungan guna perkembangan usaha itu sendiri dan sebagai hasil jerih payah untuk meneruskan hidup. Untuk dapat terjun ke dunia bisnis yang terbilang cukup berat, diperlukan adanya pemetaan peluang.

Pengertian pemetaan peluang usaha ialah sebuah analisa yang komprehensif yang digunakan untuk menemukan peluang dari suatu bisnis. Sebuah analisa sangat di perlukan guna mengetahui seberapa besar bisnis ini akan berkembang dan seberapa lama kira-kira suatu bisnis akan bertahan. Hal tersebut yang merupakan tugas seorang wirausaha untuk mengembangkannya.

Baca Juga : Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Contoh Peluang Usaha

Contoh yang ada saat ini misalnya seperti Berbisnis Online, memang bisnis online di jaman serba digital ini sangat menjanjikan asalkan terus berusaha, selalu berinovasi dan mampu bersaing dengan banyak penjual di pasaran. Bisnis online yang bisa di tekuni misalnya jual Telepon Genggam atau Ponsel, Jual Kamera dan yang sampai kapanpun akan tren yaitu Jual Pakaian atau Fashion serta Aksesoris.

Lalu contoh usaha lainnya yang bisa dilakukan di dunia nyata misalnya seperti membuka usaha budidaya hewan. Contohnya budidaya ikan gurame dan ikan lele, budidaya tanaman pertanian dan perkebunan dll. yang hasilnya bisa dijual.

Bisa juga di dukung dengan pemasaran secara online untuk mempromosikan dan menjualnya hasilnya kepada para calon konsumen, karena sekarang ini banyak calon konsumen-konsumen mencari barang atau produk yang diinginkannya melalui internet.

Atau peluang usaha yang membutuhkan modal besar, contohnya usaha pada bidang properti. Jenis usaha properti saat ini sangat di gemari oleh para pembisnis/usahawan, karena berpotensi mendatangkan keuntungan yang sangat besar, tapi tentunya membutuhkan modal yang besar untuk menjalankannya.

Manfaat Peluang Usaha

Memanfaatkan peluang usaha tentu tidak harus menunggu umur kamu mencapai angka berapa ya,  sebab bisa dijalankan saat ini juga. Menekuni sebuah usaha memang akan membantu memanfaatkan waktu luang supaya bisa lebih menghasilkan.

Menariknya untuk menjadi seorang pengusaha tidak harus membuat kamu memiliki tabungan tebal. Minimnya modal dan pengalaman tidak akan menjadi kendala berarti mendukung kamu dan siapa saja menjadi seorang pengusaha. Selagi masih muda dan badan masih fit pertimbangkan untuk memulai menekuni usaha sendiri.

Jikalau memutuskan untuk membangun usaha sejak usia masih muda dijamin tidak akan menyesal malah sebaliknya. karena dengan keputusan tersebut maka bisa menikmati manfaat berikut ini:

  • Bisa mandiri sejak dini
  • Mempunyai waktu yang lebih panjang
  • Waktu lebih banyak untuk menikmati kesuksesan.

Cara Memetakan Peluang Usaha

Cara sukses dengan memanfaatkan peluang menjadi sebuah usaha adalah dengan mengetahui hubungan antara Aku, Bisnis, dan pasar.

ada empat langkah untuk menemukan inspirasi usaha, yaitu sebagai berikut.

  1. Tentukan dari mana kamu mulai menemukan sebuah sumber peluang.

Sumber peluang yang paling potensial adalah diri kamu, dan salah satu minat adalah minat kamu. Setelah mengetahui pijakan awal kamu, mulailah melakukan riset dan percobaan untuk menemukan kekuatan peluang kamu di segmen/sektor yang tepat.

  1. Temukan sektor yang tepat untuk kamu masuki.

Kekuatan peluang bertumpu pada kekuatan sektor bisnis yang tepat sehingga kamu harus benar-benar memilih yang paling sesuai dengan minat. Kekuatan sebuah bisnis yang tepat adalah kekosongan pasarnya sehingga kamu bisa mengisi kekosongan pasar itu.

  1. Berdayakan kekuatan produk kamu agar memiliki nilai jual.

Memiliki peluang bagus dan mampu mengisi kekosongan pasar namun tidak mempunyai nilai jual yang tinggi akan membuat peluang itu hanya sekedar impian karena produk tidak akan laku di pasaran (tidak memenuhi kebutuhan dan tren pasar). Ini adalah sebuah proses yang sangat penting dari tahapan di atas

  1. Evaluasi dan berdayakan peluang kamu menjadi sebuah produk (suatu bisnis).

Langkah terakhir untuk memanfaatkan peluang adalah dengan mengevaluasi dan menganalisa faktor keberhasilan dan faktor kegagalan peluang usaha kamu, kemudian kembangkan menjadi sebuah produk sebelum kamu memulai bisnis.

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian peluang usaha menurut para ahli. Semoga bermanfaat.

(Visited 19 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *