Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Secara umum, organisasi ialah tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang,material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain-lain yang di gunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli
Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Organisasi terbentuk dikarenakan salah satu adanya penyatuan visi dan misi serta sebuah tujuan yang sama oleh sebuah kelompok orang. Orang-orang yang terdapat dalam sebuah organisasi mempunyai keterkaitan yang terus menerus, namun keterkaitan ini bukan berarti keanggotaan seumur hidup dalam organisasi tersebut.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Selain penjelasan di atas, para ahli dan pakar mempunyai pandangan yang berbeda-beda dalam mendefinisikan apa itu organisasi. Untuk lebih detailnya, berikut ini kumpulan pengertian organisasi menurut para ahli secara lengkap.

Stephen P. Robbins

Pengertian organisasi ialah kesatuan (entity)sosial yang di koordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

W. J. S.Poerwadarminta

Organisasi yaitu susunan serta ketentuan dari berbagai macam sisi (orang atau grup) hingga menjadi satu kesatuan yang teratur.

Janu Murdiyatmoko

Organisasi ialah satu sistem sosial yang memiliki jati diri kolektif dengan cara yang tegas, progja yang pasti, prosedur juga langkah-langkah dalam bekerja .

Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan

Menurutnya Organisasi adalah sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Max Weber

Definisi organisasi ialah suatu kerangka hubungan terstruktur yang didalamnya terdapat wewenang, dan tanggung jawab serta pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.

Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang / lebih yang saling bekerja sama serta terikat secara formal dalam rangka melakukan pencapaian tujuan yang sudah ditentukan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberapa orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan

Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Organisasi merupakan suatu kumpulan orang yang telah disusun dalam sebuah kelompok-kelompok yang saling bekerjasama dalam mencapai tujuan secara bersama.

Victor A Thompson

Pengertian organisasi ialah suatu integrasi dari sejumlah spesialis-spesialis yang bekerja sama dengan sangat rasional danimpersonal untuk mencapai beberapa tujuan spesifik yang telah diumumkan sebelumnya.

Richard Scott

Organisasi ialah suatu kelompok yang sengaja di bentuk untuk mencapai suatu tujuan khusus, yang sedikit banyak didasarkan pada asas kelangsungan.

Baca Juga : Penjelasan Asas Legalitas Dalam Hukum Pidana

Philip Slznic

Organisasi ialah suatu peraturan personil berguna dalam mempermudah dalam melakukan pencapaian dari beberapa tujuan yang sudah ditetapkan lewat alokasi tanggung jawab dan fungsi atau Through the allocationof functionss and responsibilites.

Mistiani, S.sos

Organisasi adalah bentuk formal dari perkumpulan, kelompok,serta sekumpulan individu yang mempunyai tujuan yang bersifat pribadi. Kemudian dari adanya tujuan serta organisasi akan berusaha dalam meraih tujuan yang sebelumnya sudah disepakati bersama.

Thompson

Menurut Thompson organisasi adalah suatu perpaduan antara anggota-anggota spesial yang sangat impersonal dan rasional yang saling bekerjasama (koperasi) dalam mencapai tujuan-tujuan yang spesifik yang sudah diumumkan.

Schein

Organisasi ialah suatu koordinasi yang di jalankan secara rasional di setiap kegiatan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan secara umum dengan mempunyai pembagian, fungsi dan pekerjaan melalui hirarki yang mempunyai otoritas dan tanggung jawab. Karakterisitik dari organisasi menurut Schein yaitu : mempunyai tujuan organisasi, struktur organisasi, saling berhubungan untuk mengkoordinasikan aktivitas yang terjadi di dalamnya.

Kochler

Organisasi ialah suatu sistem yang mempunyai hubungan secara tersistematis, terkoordinasi lewat usaha pada suatu kelompok orang yang sedang bergerak dengan memiliki tujuan tertentu.

M. dahlan Al Barry

Organisasi adalah suatu pengaturan dan penyusunan pada bagian-bagian hingga menjadi satu kesatuan, aturan dan susunan yang berasal pada bagian hingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan bergabung untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

James G. March & Herbert A. Simon (1957)

Organisasi ialah himpunan-himpunan saling pengaruh manusia dan mereka merupakan himpunan-himpunan paling luas di dalam masyarakat kita yang mempunyai sesuatu yang sama sistem koordinansi pusat.

Pfiffner dan Sherwood

Organisasi ialah sebagai pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berinteraksi, bertatap muka, secara intim dan terikat dalam suatu tugas yang bersifat rumit, berinteraksi satu sama yang lainnya secara sengaja, memutuskan untuk mencapai tujuan yang sudah di putuskan semula secara teratur.

J. William Schulze (1949)

Menurutnya Organisasi merupakan penggabungan dari orang-orang, benda-benda,alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya,yang dikumpulkan dalam hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Harleigh Trecker (1950)

Pengertian organisasi ialah perbuatan atau proses mengumpulkan atau mengatur kelompok-kelompok yang saling berinterkasi dari instansi menjadi suatu keseluruhan yang bekerja.

John M. Pfiffner dan S. Owen Lane (1951)

Pengertian Organisasi adalah proses menghimpun pekerjaan yang orang-orang atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan kekuasaan yang di perlukan untuk pelaksanaannya, sehingga kewajiban-kewajiban yang dilakukan demikian itu memberikan saluran-saluran terbaik bagi penyelenggara usaha yang efisien,teratur, positif, dan terkoordinasikan.

Ernest Dale (1952)

Menurutnya Organisasi adalah sebuah proses perencanaan. Organisasi ini berkaitan dengan hal menyusun,mengembangkan dan memelihara suatu struktur atau motif hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha.

John Price Jones (1955)

Organisasi sudah di gambarkan sebagai sistem. Organisasi ialah struktur dan peralatan yang tersusun dari orang-orang dan benda-benda dimana suatu usaha berencana yang teratur dijalankan.

Dwight Waldo (1956)

Definisi organisasi yaitu struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang yang berdasarkan wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.

Luther Gulick (1957)

Organisasi ialah alat saling hubungan satuan-satuan kerja yang memberikan mereka kepada orang-orang yang ditempatkan dalam struktur wewenang, sehingga pekerjaan dapat di koordinasikan oleh perintah para atasan kepada para bawahan, yang menjangkau dari puncak sampai ke bawah dari semua badan usaha.

Herbert A. Simon, Donald W. Smithburg and Victor A. Thompson (1956)

Organisasi ialah suatu sistem terencana tentang usaha kerjasama dalam setiap peserta mempunyai peranan yang diakui untuk di jalankan dan kewajiban-kewajiban atau tugas-tugas untuk dilaksanakan.

Demikianlah pengertian organisasi menurut para ahli, semoga bermanfaat untuk kamu.

(Visited 73 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *