Pengertian Organisasi, Macam, Tujuan, Fungsi Dan Manfaatnya

Posted on

Hello sobat Idpengertian.com kali ini saya akan mengulas materi mengenai Pengertian Organisasi secara lengkap, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Organisasi, Macam, Tujuan, Fungsi Dan Manfaatnya
Pengertian Organisasi, Macam, Tujuan, Fungsi Dan Manfaatnya

Pengertian Organisasi Secara Umum

Organisasi adalah tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya uang, material, mesin, metode, lingkungan, sarana-parasarana, data. Dan yang di gunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Menurut Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan

Mengemukakan bahwa pengertian organisasi adalah sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang di perlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Max Weber

Ia mengatakan bahwa organisasi adalah suatu kerangka hubungan terstruktur yang di dalamnya terdapat wewenang, dan tanggung jawab serta pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.

Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Mendefinisikan bahwa organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang / lebih yang saling bekerjasama serta terikat secara formal dalam rangka melakukan pencapaian tujuan yang sudah ditentukan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberap orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan.

Menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Mengemukakan bahwa organisasi adalah suatu kumpulan orang yang telah di susun dalam sebuah kelompok-kelompok yang saling bekerja sama dalam mencapai tujuan secara bersama.

Menurut Philip Slznic

Pengertian organisasi adalah suatu peraturan personil berguna dalam mempermudah dalam melakukan pencapaian dari beberapa tujuan yang sudah di tetapkan lewat alokasi tanggung jawab dan fungsi atau Through the allocation of functionss and responsibilites.

Baca Juga : Pengertian Organisasi Unicef

Menurur Thompson

Mengatakan bahwa pengertian organisasi adalah suatu perpaduan antara beberapa anggota khusus yang sangat impersonal dan rasional yang saling bekerjasama (koperasi) dalam mencapai berbagai tujuan yang spesifik yang sudah diumumkan.

Menurut Stoner

Mendefinisikan bahwa pengertian organisasi adalah sebuah pola hubungan-hubungan melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan untuk mencapai tujuan bersama

Menurut Stephen P. Robbins

Keduanya berpendapat bahwa pengertian organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang di koordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat di identifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Menurut James D. Mooney

Ia mengatakan bahwa pengertian organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama.

Menurut Chester I. Bernard

Suatu definisi dari organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang di lakukan oleh dua orang atau lebih.

Macam-Macam Organisasi

Berikut ini adalah beberapa macam atau bentuk dari organisasi yaitu :

Organisasi Politik

Adalah organisasi yang bergerak di bidang politik dengan tujuan yang berhubungan dengan politik sebuah daerah atau negara. Salah satu contohnya adalah partai politik di Indonesia.

Organisasi Sosial

Merupakan suatu organisasi yang fokus mengurus soal kemanusiaan, misalnya kesehatan, bencana alam, ekonomi sosial, dan lain-lain. Contoh organisasi sosial adalah TIM SAR.

Organisasi Olah Raga

Organisasi ini adalah perserikatan cabang olah raga, baik secara umum maupun spesifik di bidang olah raga tertentu. Salah satu contohnya adalah PSSI.

Organisasi Agama

Merupakan suatu organisasi yang fokus mengurus hal yang berhubungan dengan agama. Dan tugas utamanya adalah untuk menyebarkan kebaikan, keharmonisan, dan penyeimbang norma sosial di dalam masyarakat bernegara. Di samping itu, salah satu contoh organisasi agama adalah NU atau Nahdlatul Ulama.

Organisasi Pemuda

Adalah perkumpulan para pemuda untuk menciptakan pergerakan suatu daerah atau negara. Dan salah satu contohnya adalah pergerakan yang dilakukan Budi Utomo dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Organisasi Mahasiswa

Mirip dengan organisasi pemuda, namun sifatnya lebih ilmiah. Salah satu contohnya adalah BEM.

Tujuan Organisasi

Berikut ini adalah tujuan-tujuan dari organisasi sebagai berikut :

  • Pertama, tujuan organisasi adalah untuk merealisasikan keinginan atau harapan dan cita cita bersama para anggota organisasi atau kelompok. Contohnya adalah ada sebuah organisasi kesosialan yang di bentuk dengan tujuan supaya bisa menjalin silaturahim dan berbagi satu sama lain.
  • Tujuan kedua adalah hasil akhir yang di inginkan di masa yang akan datang. Misalkan saja ada sebuah organisasi bisnis yang memiliki tujuan akhir seperti menjadi organisasi yang besar dan terkenal sehingga banyak yang berminat untuk bergabung.

Fungsi Organisasi

Suatu organisasi mempunyai tujuan yang sesuai dengan tujuannya, dan berikut ini adalah fungsi dari suatu organisasi yaitu :

  • Yang pertama adalah suatu organisasi memberikan arahan dan pemusatan kegiatan organisasi, mengenai apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh organisasi.
  • Kemudian fungsi kedua adalah meningkatkan kemampuan atau skill individu anggota organisasi dalam mendapat sumber daya dan dukungan dari lingkungan sekitar atau masyarakat.
  • Dan fungsi ketiga adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada anggotanya, supaya berwawasan supaya siap untuk terjun ke organisasi yang lebih besar.

Manfaat Organisasi

  • Mencapai sebuah tujuan
  • Melatih mental
  • Memecahkan masalah
  • Melatih kepemimpinan
  • Memperluas relasi dan pergaulan
  • Belajar menghadapi tekanan
  • Mengembangkan Etos dan Disiplin
  • Menambah wawasan dan pengetahuan
  • Membentuk karakteristik dengan seseorang
  • Mampu dalam mengatur waktu dengan baik
  • Membentuk Emotional Intelegent

Demikianlah uraian materi mengenai Pengertian Organisasi, Macam, Tujuan, Fungsi Dan Manfaatnya. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat ya sobat, terima kasih.

(Visited 28 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *