Pengertian Olahraga Renang, Teknik Dan Gaya Lengkap

Diposting pada

Renang ialah sebuah gerakan yang di lakukan di dalam air baik oleh manusia atau hewan. Melakukan renang merupakan suatu jenis olahraga, dapat juga dijadikan hoby atau rekreasi.

Olahraga Renang merupakan salah satu olah raga air yang sering di perlombakan baik pada tingkat daerah, nasional bahkan internasional. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mengulas lebih dalam mengenai renang. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Renang

Renang adalah salah satu cabang olahraga aquatik. Olahraga renang adalah upaya untuk menggerakkan (mengapungkan atau mengangkat) semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Olahraga renang umumnya di lakukan tanpa perlengkapan bantuan. Renang adalah cabang olahraga yang menggunakan anggota tubuh terutama pada bagian tangan dan kaki untuk bergerak di dalam air.

Pengertian Olahraga Renang, Teknik Dan Gaya Lengkap
Pengertian Olahraga Renang, Teknik Dan Gaya Lengkap

Berikut ini pengertian olahraga renang dari beberapa sumber:

Menurut Muhajir (2004:166) Renang ialah olahraga yang menyehatkan, karena hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat.

Menurut Budiningsih (2010:2) Olahraga renang ialah salah satu olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan badan di air, seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga badan terapung di permukaan air.

Menurut Abdoelah (1981:270) Renang merupakan suatu jenis olahraga yang dilakukan di air, baik di air tawar maupun di air asin atau laut.

Menurut Erlangga (2010:75) Olahraga renang merupakan olahraga air yang sangat menyenangkan dan sangat bermanfaat bagi kekuatan otot tubuh, jantung, paru-paru dan membangkitkan perasaan berani.

Jenis Gaya Renang

Dalam renang untuk rekreasi, umumnya orang berenang dengan gaya dada, gaya punggung, gaya bebas dan gaya kupu-kupu. Sedangkan gaya renang yang di lombakan dalam perlombaan renang adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, dan gaya bebas. Dalam lomba renang nomor gaya bebas, perenang bisa menggunakan berbagai macam gaya renang, kecuali gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

Tidak seperti halnya gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu, Federasi Renang Internasional tidak mengatur teknik yang di gunakan dalam nomor renang gaya bebas. Walaupun demikian, hampir semua perenang berenang dengan gaya krol, sehingga gaya krol (front crawl) di gunakan hampir secara universal oleh perenang dalam nomor renang gaya bebas.

Baca Juga : Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen, Teknik Dan Contohnya

Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas adalah gerakan yang di lakukan dengan cara menelungkupkan badan, di mana tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan air. Pada gaya bebas tubuh harus berada pada posisi datar di atas air dan bahu agak ke belakang. Sementara kaki berada beberapa inci di bawah permukaan air. Selain itu, hal yang perlu di perhatikan ialah mempertahankan wajah dan pandangan mata ke depan.

Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung ialah gaya berenang dengan posisi punggung menghadap ke air atau posisi tubuh telentang. Gerakan gaya punggung sama dengan gerakan gaya bebas. Pada gaya punggung wajah perenang berada di atas permukaan air, karena mudah untuk bernafas dan lebih mudah membuka mata. Akan tetapi, pada gaya punggung, akan sulit menentukan arah gerak karena mata yang menghadap ke atas. Pada gaya punggung kaki lebih aktif bergerak ke atas, dan pergelangan kaki harus diusahakan tetap lemas.

Renang Gaya Dada

Renang gaya dada di sebut juga dengan renang gaya katak, karena gerakannya mirip katak saat berenang di air. Gaya dada ialah gaya renang dengan posisi tubuh seperti merangkak di permukaan air dikombinasikan dengan gerakan kaki dan tangan. Tangan dan kaki berada di dalam air dan kepala bergerak naik turun dari dalam air ke permukaan air. Perenang dapat melihat ke depan ketika berenang.

Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya kupu-kupu merupakan pengembangan dari gaya dada. Gaya kupu-kupu adalah gaya berenang yang dilakukan dengan kedua lengan secara bersamaan mengayuh bergerak ke depan. Kedua tangan membentang lalu mengepak untuk mengayuh maju ke depan. Gerakan dua tangan tersebut seperti gerakan sayap kupu-kupu. Untuk melakukan gaya ini di butuhkan tenaga yang sangat besar, irama dan koordinasi gerak yang baik. Gaya ini paling sulit dipelajari dibandingkan gaya lainnya.

Teknik Dasar Gaya Renang

Jika kamu ingin  berlatih gaya dalam sebuah teknik renang, ada beberapa teknik dasar yang perlu kita kuasai. Ada 3 teknik dasar yang perlu kamu ketahui yaitu  Pernafasan, Meluncur dan Mengambang.

Pernafasan

Salah satu keberhasilan dalam berenang kita yaitu dapat mengatur nafas dengan baik. Pertama-tama berdirilah dipinggir kolam dengan rendah dan wajah anda tetap dipermukaan air. Tarik nafas melalui mulut tahan beberapa saat kemudian masukkan kepala kamu ke dalam air dan hembuskan nafas anda melalui hidung. Lakukan latihan ini secara perlahan sebanyak 10 sampai 15 kali setiap kamu selesai melakukan gerakan atau latihan. Ulangi latihan tersebut hingga menemukan irama kamu sendiri.

Meluncur

Meluncur merupakan gerakan tubuh secara horizontal di bawah permukaan air.  Pertama-tama turunlah ke kolam yang dangkal dan membelakangi dinding kolam. Tempelkan salah satu telapak kaki kamu (kanan atau kiri) di dinding kolam dengan jari-jari kaki menghadap ke bawah sebagai tolakan untuk meluncur. Dorong badan melalui tolakan kaki tersebut dan meluncurlah sejauh mungkin dengan tangan yang sejajar di depan. Kepala usahakan masuk kedalam air sehingga kuping sejajar dengan lengan tangan. Lakungan gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali untuk menemukan keseimbangan tubuh anda.

Mengambang/Mengapung

Mengambang Terlentang

Mengambang terlentang dilakukan dengan cara tarik ke belakang sampai dngan kuping terendam dalam air. Renggangkan kedua tangan bentuk siku-siku.pergelangan tangan tetap lurus dan rileks

Mengambang Tegak Lurus Secara Vertikal

Mengambang tegak lurus secara vertical paling lazim yang digunakan yaitu gerakan tubuh dengan posisi tubuh tegak lurus dibawah permukaan air dan kepala tetap diatas permukaan air sebatas dagu, sedangkan untuk gerakan tangan dan kaki digerakan untuk keseimbangan agar tubuh tetap melayang dipermukaan air.

Demikianlah Pengertian olahraga renang, teknik dan gaya lengkap. Semoga bermanfaat buat kamu ya gays, dan bisa menambah wawasan kamu mengenai tentang renang pastinya.

(Visited 2.748 times, 18 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *