Pengertian Norma Kesopanan Beserta Contohnya

Pengertian Norma Kesopanan Beserta Contohnya – Sopan Santun adalah salah satu peraturan hidup yang harus kita miliki dan kita terapkan, dengan kesopanan kita bisa mendapatkan banyak sekali pelajaran hidup yang penuh makna, jika kalian tidak mempunyai sopan santun maka orang akan menganggap kalian sebagai manusia yang kurang beradab.

Pengertian Norma Kesopanan Beserta Contohnya

Norma Sopan Santun Dalam Bermasyarakat

Kenapa setiap kita belajar harus menghormati guru…? karena dengan cara itu kita akan cepat mendapatkan ilmu yang di berikan oleh sang guru dan bisa menerapkan ilmu yang telah kita dapatkan di lingkungan kalian.

Menghormati guru merupakan salah satu adab atau tatakrama kita sebagai murid kepada pengajar, kalau kita tidak menghormatinya bagaimana mungkin kita bisa menjadi anak yang mempunyai norma kesopanan tersebut..?

Baca Juga : Pengertian Dan Makna Qosidah Secara Umum

Penerapan norma kesopanan di dalam lingkup masyarakat bisa menjadi pemicu lingkungan tersebut menjadi lebih baik dan lebih nyaman, bagaimana tidak kalau kita sopan di dalam pembicaraan di dalam kelakuan dan lain sebagainya maka kita akan di hormati juga oleh orang lain, kalian bisa mencobanya dan saya yakin itu.

Adapaun salah satu Pengertian Norma Kesopanan Beserta Contohnya bisa di kategorikan menjadi 5 bagian dan juga Contohnya

  1. Menghormati orang yang lebih tua terutama kepada kedua orang tua kita terlebih khusus kepada Ibu, saya teringat sebuah cerita yang menjelaskan bahwa mengjormati Ibu lebih banyak 3 kali lipat daripada Ayah, namun jangan salah arti ya karena Ayah juga wajib untuk di hormati.
  2. Menerima sesuatu selalu dengan tangan kanan dan sudah menjadi sebagai tradisi kita bangsa Indonesia bahwasannya dengan menggunakan tangan kanan kita lebih baik daripada tangan kiri, pada hakekatnya tangan kanan lebih mulia dari tangan kiri.
  3. Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur, poin ketiga ini yang sangat sering saya dengar di lingkungan apa lagi anak-anak zaman sekarang bahasa yang kurang baik menjadi kebiasaan mungkin juga keran lingkungan, namun siapapun orangnya yang mampu menerapkan tidak berkata kotor maupun kasar maka berbahagialah anda termasuk orang yang mempunyai Norma Kesopanan.
  4. Tidak meludah di sembarang tempat apalagi di depan seseorang walaupun itu teman sendiri, meludah di depan orang merupakan hinaan yang sangat mendalam jadi jangan dibiasakan melakukan hal tersebut.
  5. Tidak menyela pembicaraan juga merupakan salah satu adabiah di dalam kehidupan, jangan melakukan hal tersebut agar orang yang sedang berbincang tidak tersinggung, silahkan posisikan anda yang sedang menerangkan sesuatu dengan serius lalu ada yang menyelanya bagaimana perasaan anda…?

Sebenarnya masih banyak sekali poin-poin penting dalam kehidupan sehari-hari salah satunya berkata jujur, menepati janji dan lain sebagainya yang harus kita lakukan namun 5 poin di atas yang saya berikan sudah bisa dikatakan mencakup semua aspek, Sourche wiki

Beberapa syarat Norma Kesopanan di atas sangat penting sekali di perhatikan dan juga di terapkan apa lagi di lingkungan masyarakat, sekali anda melanggar syarat kesopanan di atas maka anda akan di cap sebagai manusia yang tidak mempunyai budi pekerti. Makanya banyak sekali di sembarang tempat ada kata “Anda Sopan Kamipun Segan”

Demikian sedikit ulasan mengenai Pengertian Norma Kesopanan Beserta Contohnya yang dapat saya berikan kepada pembaca, semoga dengan sedikit ilmu di atas bisa memberikan anda pelajaran yang berharga, jangan lupa di share apa bila menurut anda artikel ini sangat bermanfaat.

Pengertian Norma Kesopanan Beserta Contohnya | Admin | 4.5

Related Posts

Leave a Reply